Suatu Tinjauan Tentang Peranan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Guru

Asnawati Matondang

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk menarik beberapa kesimpulan yaitu : (1) Kepala sekolah selaku pemimpin di lembaga sekolah mempunyai tanggung jawab untuk membina dan mengarahkan guru-guru, (2) Tanggung jawab kepala sekolah pada hakekatnya mencakup dua hal yakni : tanggung jawab selama hidup didunia dan tanggung jawab diakherat kelak, (3) Bahwa kepala sekolah khususnya sebagai pemimpin mempunyai pengaruh yang sangat besar untuk menegakkan atau meningkatkan disiplin terhadap bawahanya, (4) Kepala sekolah berusaha untuk meningkatkan kedisiplinan kepada bawahan, kepada guru-guru yang bertugas disekolahnya, dan (5) Adanya usaha yang dilakukan oleh Kepala Sekolah untuk meningkatkan kedisiplinan bertugas disekolahnya. Dalam suatu organisasi sangat dibutuhkan bawahan yang memiliki disiplin tinggi. Untuk membentuk dan membina disiplin tersebut, ada beberapa faktor yang harus diperhatikan dan merupakan hal yang sangat penting yaitu : (1) motivasi, (2) Pendidikan dan Latihan, (3) Kesejahteraan. Beberapa tipe kepemimpinan yang teridentifikasi antara lain : (1) Tipe Maternalistis, (2) Tipe Paternalistis, (3) Tipe Militaristis, (4) Tipe Otokratis, (5) Tipe Liasser Faire (Biarkan Saja), (6) Tipe populastis, (7) Tipe Administrasi, (8) Tipe Demokratis. Dan Fungsi-fungsi kepemimpinan antara lain adalah : (a) Memandu atau memberikan panduan kepada organisasi, (b) Menuntun, (c) Membimbing, (d) Memotivasi bawahan atau organisasi (e) mengemukakan organsasi (f) Menjalin jaringan-jaringan komunikasi (g) Memimpin pengikut pada sarana yang ingin dicapai sesuai dengan ketentuan waktu dan perencanaan, (h) Pengawasan yang efisien.

Full Text:

PDF

References


A. Munir, 2002. Kepemimpinan Kerja. Jakarta : Bina Aksara

Djamarah, Syaiful Bahri, 2000. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta

Effendi, 2002. Psykologi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Indra Fahrudi, 2006. Bagaimana Memimpin Sekolah yang Efektif. Malang Ghalia Indonesia

Kartini Kartono, 2004. Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta : Rajawali Pers.

Lazarwi, Soewardi, 2001. Kepala Sekolah dan Tanggung Jawabnya. Jakarta : Yayasan Kanisius.

Maxwel John, 2004. Mengembangkan Kepemimpinan. Bandung : Mitra Media

Purwanto, Ngalim, 2007. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Syafaria Tramono, 2003. Kepemimpinan. Yogyakarta: Cahaya Ilmu

Siagian, Sondang P.,2003. Teori dan Praktek Kepemimpinan. Jakarta : Gunung Agung.

Sabri Akhmad, 2005. Strategi Belajar Mengajar dan MicroTeaching. Jakarta : Quantum Teaching.

Suhartini, Piet, 2003. Prinsip dan Teknik Supervisi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Wahjo Sumidjo, 2005. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta : PT. Raja Gramedia Persada




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v1i2.773

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License