Bimbingan Teknis Kelompok Tani Pembuatan Mikroorganisme Lokal (MOL) Dan Pupuk Organik Cair (POC) Di Kota Padangsidimpuan

Rasmita Adelina, Sriwinaty Harahap, Rizky Amnah, Yusriani Nasution

Abstract


Pelaksanaan bimbingan teknis pembuatan mikroorganisme lokal dan pupuk organik cair dengan kelompok tani se-kota Padangsidimpuan merupakan salah satu kegiatan bersifat edukasi dan teknis dalam rangka pengabdian masyarakat oleh pihak akademisi dari salah satu perguruan tinggi  swasta di kota padangsidimpuan Universitas Graha Nusantara Fakultas Pertanian Program studi Agroteknologi  dengan Dinas Pertanian Kota Padangsidimpuan.  Kegiatan ini bertujuan untuk membekali kembali para petani yang tergabung dalam kelompok -kelompok tani tentang pentingnya ilmu dan keterampilan pembuatan mikroorganisme lokal (MOL) dan pupuk organik cair (POC) di saat keberadaan pupuk anorganik sering sekali mengalami kelangkaan ataupun jika sudah ada, harganya semakin mahal. Kegiatan ini berlangsung selama lima hari, yang berlokasi di kantor- kantor BPP yang ada di kota Padangsidimpuan. Pembuatan MOL dan POC dengan bahan utama bahan-bahan atau sampah organik di sekitar kita dan sangat mudah mendapatkannya dipadukan dengan teknik pembuatan yang tidak rumit, maka akan sangat membantu para petani untuk memenuhi kebutuhan terhadap pupuk bahkan pestisida nabati yang dibutuhkan dalam kegiatan budidaya tanaman di sawah dan kebun mereka.  Prinsip utama  dalam pembuatan MOL dan POC adalah proses fermentasi. Maka bahan-bahan utama yang dipersiapkan harus mencakup sebagai sumber karbohidrat, glukosa dan sumber mikroorganisme. Selanjutnya MOL yang telah berhasil diperoleh, bisa digunakan sebagai POC, dekomposer (“starter)) dalam pembuatn kompos,  pupuk hayati dan pestisida nabati


Keywords


Bimbingan Teknis, Mikroorganisme lokal, MOL, Pupuk organik cair,POC

Full Text:

PDF

References


Adelina, R., Suliansyah, I., Syarif, A., Warnita. 2021. Sulfate Ammonium Fertilizer On The Off-Season Production Of Snake Fruit (Salacca sumatrana Becc.). Biotropia-The Southeast Asian Journal of Tropical Biology, 28(2).

Adelina, R. Suliansyah, I. Syarif, A., Warnita. 2020. Macronutrient Content of Leaves at Snake fruit : Effect of Ammonium Sulphate Fertilization. International Journal of Scientific & Technology Research Vol9, Issue 03, March.

Arum, A,Suhastyo, Fanny, T. R. (2019). Respon Pertumbuhan dan Hasil Sawi Pagoda (Brasssica narinosa) terhadap pemberian MOL daun kelor. Agrotech Research Journal. 3(1):56-60.

Darnah, Istik Haroh , Kiswanto. Edukasi Pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) dengan Metode Fermentasi Anaerob di Desa Gas alam. 2021.

Direktorat Pengelolaan Lahan. (2007). Pedoman Teknis Pengembangan Usahatani Padi Sawah Metode System of Rice Intencification (SRI). Jakarta: Direktorat Jenderal Pengelolaan Lahan dan Air Departemen Pertanian.

Mulyono. 2016. Membuat Mikroorganisme Lokal (MOL) dan Kompos dari Sampah Rumah Tangga. PT. AgroMedia Pustaka. Jakarta. 122h.

Panudju, I. (2011). Pedoman Teknis Pengembangan Rumah Kompos Tahun Anggaran 2011. Jakarta: Jenderal Prasarana Dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian.

Syarif, A., 2021. Sulfate Ammonium Fertilizer On The Off-Season Production Of Snake Fruit (Salacca sumatrana Becc.). Biotropia-The Southeast Asian Journal of Tropical Biology, 28(2).

Suliansyah, I., Syarif, A. and Adelina, R., 2019, November. Flowering induction and formation of salak (Salacca sumatrana Becc) fruit with potassium and boron fertilization. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (Vol. 347, No. 1, p. 012092). IOP Publishing.

Warjoto, R. E., Barus, T. 2021. Peningkatan Kesadaran Lingkungan Bagi Pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah : Pembuatan Pupuk Organik Cair Dari Limbah. Jurnal Bakti Masyarakat. Vol. 4(1): 39-47.

Wignyanto., Hidayat, Nur. 2017. Bioindustri. Malang: UB Press..




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v6i2.7753

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License