Perancangan Prototype SIMRS Rawat Jalan Menggunakan Metode FAST (Framework For The Application Of System Thinking) Guna Simulasi E-RM di RSU Deli Medan Tahun 2023

Bachtiyar Wahab, Miduk Jhon M Hutagalung

Abstract


Sistem Informasi Manajemen Rawat Jalan Rumah Sakit adalah suatu sistem informasi dengan rangkaian proses pelayanan yang terorganisir, mengintegrasikan seluruh alur proses untuk menghasilkan informasi atau data secara tepat dan akurat untuk pelayanan rawat jalan. RSUD Deli Medan sudah memiliki Sistem Informasi Manajemen Rawat Jalan Rumah Sakit, namun belum terintegrasi antara satu unit dengan unit lainnya dan unit poliklinik masih menggunakan sistem manual atau Rekam Medis berbasis kertas. Penelitian ini bertujuan untuk merancang Sistem Informasi Manajemen Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah Deli Medan yang memberikan gambaran integrasi data mulai dari unit pendaftaran, unit poliklinik, hingga unit apoteker. Pengembangan sistem ini menggunakan metode FAST (Framework For The Application Of System Thinking) dengan proses tahapan desain sistem. Pengumpulan data berupa kualitatif atau wawancara, pengujian sistem menggunakan Black Box Testing, dan bahasa program PHP dengan framework gabungan dan sebagai database MySQL. Hasil dari penelitian ini adalah Sistem Informasi Manajemen Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Deli Medan yang dirancang sesuai dengan kebutuhan rumah sakit, pengujian sistem yang dilakukan menunjukkan bahwa semua menu dan alat pada sistem tersebut berjalan dengan baik. Data yang tersimpan telah terhubung atau terintegrasi dengan unit lain, sehingga memudahkan petugas dalam mengelola data terkait pelayanan kepada pasien dan menghasilkan data yang akurat dan berkesinambungan. Dengan kesimpulan dapat diterapkan baik di rumah sakit khususnya untuk peningkatan mutu pelayanan rawat jalan, maupun sebagai bahan masukan referensi pembelajaran dalam perancangan sistem informasi manajemen rawat jalan di rumah sakit

Keywords


Sistem Informasi, Metode FAST, Rekam Medis

Full Text:

PDF

References


Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bara, B. (2017). perkembangan remaja. jurnal keperawatan, 12-15.

Hajar, S. (2021). Pengaruh pemberian intervensi pelvic rocking exercise dan cat streach exercise terhadap penurunan nyeri hain pada remaja putri. Jurnal keperawatan, 5-7.

Handayani, Trisna dan Dewi Rokhanawati. (2011). Hubungan Dismenorea Terhadap Aktivitas Belajar Siswi SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta. Jurnal Kebidanan.

Hidayat. (2007). Metode Penelitian Keperawatan Dan Teknik Analisis. Jakarta: Salemba Medika.Informasi Rekam Medis Pasien Rawat Jalan Berbasis Web Di Rsud Pasaman Barat. Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika.

Kori Puspita Ningsih, Farid Agushybana, E. S. (2019). The Planning Of Technology-Based Emergency Minimum Service Standard Reporting System. The International Journal of Health, Education and Social.

Shofari, Bambang, (2005). Pengelolaan Sistem Rekam medis. Perhimpunan Organisasi Profesional Perekammedisan, Informatika Kesehatan Indonesia. Semarang.

Thompson, Wishbow, (1992). Prototyping: tools and techniques: improving software and documentation quality through rapid prototyping. Michael Thompson and Nina Wishbow. Proceedings of the 10th annual international conference on Systems documentation. October 13 –16, Ottawa Canada.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v6i2.7757

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License