Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Guided Terhadap Pemahaman Sains Kesehatan Di SMA Negeri 1 Deli Tua

Monika Nina Kurniawaty Ginting, Suratno Suratno

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar belajar siswa pada materi Peredaran Darah di SMA Negeri 1 Deli Tua. Metode penelitian menggunakan Quasi- Eksperimen dengan sampel penelitian sebanyak 3 kelas yang ditentukan secara acak dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Pada kelas X-2 dibelajarkan dengan model pembelajaran Inquiry Guided, kelas X-5 dibelajarkan dengan model pembelajaran Modified Free Inquiry, dan kelas X-3 dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian  ini tes kemampuan berpikir kritis dalam bentuk tes tertulis. Teknik analisis data menggunakan Analysis Covariat dengan bantuan program SPSS, Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran terhadap Pemahaman sains siswa yang dibelajarkan dengan modelguided inquiry (60,14±13,82) secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan modelmodified free inquiry (55,30 ± 14,78) dan yang dibelajarkan dengan Pembelajaran Konvensional (57,19 ± 13,94). Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat model pembelajaran  yang signifikan guided inquiry antara peserta didik yang diajar dengan model modified free inquiry dan peserta didik yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada taraf nyataα = 0,05.

Keywords


Inquiry Guided, Sains Kesehatan, Model Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Anam, K. 2015. Pembelajaran Berbasis Inkuiri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Amining Rahmasiswa, Slamet Santosari, Dewi puspita Sari. 2015. Peningkatan Proses Sains Siswa Dalam Pembelajaran Biologi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Di Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Karanganyar Pendidikan Biologi FKIP UNS Surakarta: Indonesia

Arikunto, S. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara. Arikunto, S. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta: Jakarta.

Djamarah, Saiful BahridanAzwanZein. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta: Jakarta.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hakim, T. 2008, Belajar Secara Efektif, Puspa Swara, Jakarta

Hamalik, O. 2008.Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Bumi Aksara: Jakarta.

Haryono. 2006. Model Pembelajaran Berbasis Peningkatan Pemahaman Sains. Jurnal Pendidikan Dasar. 7(1): 1-13.

Insar Damopolii , Aksamina M. Yohanita , N. Nurhidaya , M. Murtijani . 2018. Meningkatkan Pemahaman sains dan hasil belajar siswa melalui pembelajaran berbasis inkuiri.Jurnal Bioedukatika Vol. 6 No. 1 Tahun 2018 | 22 – 30

Kuhlthau, C.C. 2010. Guided Inquiry: School Libraries in the 21st Century. School Libraries Worldwide. 16 (1): 17-28.

Lufri. 2007. Strategi Pembelajaran Biologi: Teori, Praktik, dan Penelitian. Padang: UNP Press.

Nurmayani J.Said, A.J. Patandean, Muhammad Aqil Rusli, 2017. Peranan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Pemahaman Sains Pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 2 POLEWALI, Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) Jilid 13, Nomor 1. ISSN Cetak: 1858-330X dan ISSN Online: 2548-6373.

Kuhlthau, C.C. 2010. Guided Inquiry: School Libraries in the 21st Century. School Libraries Worldwide. 16 (1): 17-28.

Lufri. 2007. Strategi Pembelajaran Biologi: Teori, Praktik, dan Penelitian. Padang: UNP Press.

Nurmayani J.Said, A.J. Patandean, Muhammad Aqil Rusli, 2017. Peranan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Pemahaman Sains Pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 2 POLEWALI, Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) Jilid 13, Nomor 1. ISSN Cetak: 1858-330X dan ISSN Online: 2548-6373.

Muhidin, S. A. dan M. Abdurrahman. 2009. Analisis Korelasi Regresi dan Jalur Dalam Penelitian (Dilengkapi Aplikasi Program SPSS). Bandung: Pustaka Setia

Lufri. 2007. Strategi Pembelajaran Biologi: Teori, Praktik, dan Penelitian. Padang: UNP Press.

Ozgelen, S. 2012. Students Science Process Skills within a Cognitive Domain Framework.Journal of Mathematics Science and Technology Education 8(4): 283-292.

Paidi. 2007. Peningkatan Scientific Skill Siswa Melalui Implementasi Metode Guided Inquiry Pada Pembelajaran Biologi di SMAN 1 Sleman. Yogyakarta: FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.

Rahmatsyah dan Simamora, H. 2011. Pengaruh Pemahaman Sainsmelalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil BelajarSiswa pada Materi Pokok Gerak di Kelas VII SMP. Jurnal Penelitian Inovasi Pendidikan Fisika, 3(2): 15-16..

Riska Fitriyani, Sri Haryani dan Eko Budi Susatyo, 2017. Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Pemahaman Sains Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali KelarutanJurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol. 11, No. 2, 2017, halaman 1957 – 1970

Rostika, Nurfine Dwi, 2012. Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Pemahaman Sains Pada Konsep Ekosistem Di Smp Negeri 2 Ciledug, Skripsi: Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v6i2.7759

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License