Pengaruh Pemberian Teh Rosella Dan Ramuan Jahe Terhadap Perubahan Intensitas Nyeri Menstruasi Pada Siswi Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Deli Tua Tahun 2023.

Nurul Aini Siagian, Yunita Syahputri Damanik, Salsalina Br Tarigan

Abstract


Dismenore merupakan salah satu gejala kram perut bagian bawah atau dalam bahasa medsisnya yaitu nyeri panggul catmenial atau kondisi wanita mengalami nyeri saat haid yang disebabkan oleh reaksi Alpha Prostaglandin yang meningkatkan frekuensi kontraksi rahim saat haid, kondisi ini sangat mengganggu dengan kehidupan sehari-hari karena nyeri yang anda rasakan akan mengganggu aktivitas. Terdapat kejadian nyeri di dunia dengan rata-rata 50% remaja putri mengalami nyeri saat menstruasi di seluruh dunia, sedangkan rata-rata 65% remaja putri di Indonesia juga mengalami nyeri saat menstruasi. Ada beberapa cara nonfarmakologi yang dapat digunakan untuk mengurangi nyeri, salah satunya dengan mengolah tanaman herbal yang terbukti dapat menurunkan nyeri yaitu bunga rosella dan jahe. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penurunan tingkat nyeri pada kelompok perlakuan yang diberi seduhan Teh Rosella dan Ramuan Jahe pada remaja yang sedang menstruasi. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan pendekatan pretest – posttest. Sampelnya adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Deli Tua, Deli Serdang Sumatra Utara yang berjumlah 15 remaja putri. Hasil penelitian Ramuan Teh Rosella dan Jahe efektif untuk mengurangi intensitas nyeri haid. Signifikansi hasil penelitian diuji dengan Wilcoxon Ranks Test yaitu p value 0,001 < 0,05.


Keywords


Disminorea, Jahe, Rosella, Remaja Putri

Full Text:

PDF

References


Anas, Dewi, (2021). Kandungan Zat Gizi, Fitokimia, dan Aktivitas Farmakologis pada Jahe (Zingiber officinale Rosc.): Review. Tropical Bioscience: Journal of Biological Scienc, Vol. 1, No. 2.

Ade, Putri (2019).Review: tumbuhan berkhasiat untuk mengatasi dismenorea,Kartika: Jurnal Ilmiah Farmasi ,Volume 7(no 2),284.

Aisiyah, (2017). Pemanfaatan Bunga Rosella Sebagai Bahan Alami Untuk Upaya Preventif dan Promotif Kesehatan Bagi Masyarakat Nusukan Banjarsari Surakarta.jurnal Abdimas Unwahas, Vol. 2 No. 1, April 2017.

Aryati, dkk (2020). Aktivitas Antioksidan Ekstrak Kelopak Bunga Rosela (H. sabdariffa L.) Merah Pada Berbagai Suhu Pemanasan. Jurnal Pertanian : urusan Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Semarang,Indonesia.

Dewi, Nilda S(2012).Biologi Reproduksi.Yogyakarta : Pustaka Riham.

Fauziyah, Zuhrotun (2019). Review: tumbuhan berkhasiat untuk mengatasi dismenorea. Jurnal Ilmiah Farmasi: Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran

Jl. Raya Bandung Sumedang km 21 Jatinangor. DOI: 10.26874/kjif.v7i2.284

Hidayati , (2020). Penurunan Nyeri Haid (Dismenore) Primer Melalui Pemberian Minuman Jahe Emprit. Jurnal Amanah Kesehatan. Volume 2 No 1

Intiyaswati, (2017).Pengaruh Pemberian Jahe terhadap Penurunan Nyeri Mnestruasi Pada Remaja Putri. STIKes William Booth Surabaya

Intiyaswati (2018), Pengaruh Pemberian Jahe Merah Terhadap Penurunan Nyeri Menstruasi Pada Remaja Putri,Jurnal : STIKes William Booth Surabaya, Jl.Cimanuk no. 20 Surabaya.

Mufli, Erwanto,(2018). Upaya Pengurangan Nyeri Dismenore Pada Remaja Dengan Pemanfaatan Olahan Tanaman Herbal Rosella. Jurnal Keperawatan: NO. ISSN: 2615-2118

Malinda, Syakdani,(2020), potensi antioksidan dalam kelopak bunga rosella (hibiscus sabdariffa l.) sebagai anti-aging, Jurnal Teknik Kimia : Politeknik Negeri Sriwijaya, Jurnal Kinetika Vol. 11, No. 03 (November 2020) : 60-65

Putri, Nurlaili, (2017). Efektifitas Pemberian Ramuan Jahe (Zingibers officinale) Dan The Rosella(Hibiscus Sabdariffa) Terhadap Perubahan Intensitas Nyeri Haid. Jurnal AcTion: Aceh Nutrition Journal,7; 2(1): 61-66.

Putri, Muflih Muflih (2018), Upaya Pengurangan Nyeri Dismenore Pada Remaja Dengan Pemanfaatan Olahan Tanaman Herbal Rosella, Jurnal Pengabdian “Dharma Bakti” Volume.1,No.1.

Sari , Arum Puspita,(2017), Faktor – Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Dismenorea pada Siswi SMK Swasta Istiqlal Deli Tua Kabupaten Deli Serdang, :Skripsi Sarjana Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatra Utara.

Sari,Nasuha (2021),Kandungan Zat Gizi, Fitokimia, dan Aktivitas Farmakologis pada Jahe (Zingiber officinale Rosc.): Review,Jurnal Biologi : Tropical Bioscience: Journal of Biological Science, Vol. 1, No. 2 (Desember 2021).




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v6i2.7771

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License