Pengaruh Pemberian Jus Nanas (Ananas Comosus) Terhadap Proses Penyembuhan Luka Perineum Ibu Postpartum Di Klinik Sulastri Kab. Deli Serdang

Ratnawati Bancin, Ceria Dwi Pratiwi, Erlia Rosita

Abstract


Pada proses persalinan pervaginam hampir 90% wanita mengalami robekan perineum, baik dengan atau tanpa episiotomi. Nanas (Ananas comosus) diketahui mempunyai kandungan fitokimia berupa bromelin yang berfungsi sebagai anti peradangan dan berkhasiat untuk mengurangi rasa sakit dan memperlancar peredaran darah dan berkhasiat untuk proses penyembuhan luka serta juga mengandung pektin, vitamin C. Tujuan penelitian ini adalah untuk menilai lamanya penyembuhan luka perineum ibu postpartum antar kelompok konterol dan kelompok intervensi yang diberikan perlakuan pemberian jus nanas di klinik sulastri kabupaten deli serdang. Metode penelitian ini yaitu menggunakan desain Quasi eksperiment. Populasi dalam penelitian ini ibu postpartum dengan luka perineum, sampel kelompok eksperimen diberikan jus nanas sebanyak 300 gram, yang diminum 2 kali sehari setiap pagi dan sore selama 7 hari 10 orang dan kelopmpok kontrol 10 orang. Sampel diambil secara consecutive sampling dengan kriteria inklusi yang dilaksanakan di klinik sulastri kabupaten deli serdang. Hasil penelitian ini didapatkan rata-rata pada kelompok kontrol 13,85±SD 0,98809 dengan Min-Max (12-15) dan kelompok intervensi 3,75±SD 3.24240 dengan Min-Max (1-9) hari. Ditemukan perbedaan yang bermakna lama hari penyembuhan antara kelompok kontrol dan intervensi dengan (p-value = 0,000). Kesimpulan dari penelian ini ada pengaruh pemberian jus nanas (Ananas comosus) terhadap penyembuhan luka perineum pada ibu postpartum.

Keywords


Perawatan perineum, Postpartum, Jus nanas

Full Text:

PDF

References


Boyle, (2015). Pemulihan Luka. Jakarta: EGC.

Cahyaningrum, S. E., Herdyastuti, N., & Qomariah, N. (2015). Synthesis and characterization of chitosan-alginate for controlled release of isoniazid drug. Indonesian Journal of Chemistry.

Gozelar, S. (2016). Ananas Comosus Effect on Perineal Pain and Wound Healing After Episiotomy: A Randomized Double-Blind Placebo Controlled Clinical Trial. Iran Red Crescent Med, 18: e21019.

Jamila, F., & Anwar, Y. Y. (2017). Pengaruh Pemberian Jus Nanas Dan Madu Terhadap Penyumbuhan Luka Perinum Pada Ibu Post Partum di BPM Ny. Arifin S, SST. Infokes, 7(02), 5-12.

Manuaba, (2016). Ilmu Kebidanan Penyakit Kandungan. Jakarta : EGC.

Prawirohardjo, (2015). Buku Acuan Nasional Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal. Jakarta : PT Bina Pustaka Prawirohardjo.

R. D Rahayu. (2015). Pengaruh Jus NanasTerhadap Percepatan Penurunan TFU dan Penyembuhan Luka Perineum PadaIbu Post Partum di BPM Wilayah KlatenTengah. Surakarta : Kementrian Kesehatan Politeknik Kesehatan Surakarta Jurusan Kebidanan.Jurnal Ilmu Kesehatan, 2015

Riyanti imron, R., & Risneni, R. (2018) ‘Perbedaan Efektifitas Povidone Iodine Dengan Air Rebusan Daun Binahong Terhadap Penyembuhan Luka Perineum Pada Ibu Postpartum Di Bpm Wilayah Kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan Tahun 2017’. Sakai Sambayan Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).

Rukiyah dkk, (2015). Asuhan Kebidanan III (Nifas). Jakarta. CV.Trans Info Media.

Smeltzer, (2015). Buku Ajar Keperawatan Medikal-Bedah. Jakarta: EGC.

Swastika, A. (2014) ‘Kitab Khasiat Buah Dan sayur Tumpas Segala Penyakit’. Yogyakarta: Shira Media.

Widati Diana, (2019). Penerapan Pemijatan Supercrowning Untuk Mengurangi Rupture Perineum Di PBM Hj.Maunah Klirong Kabumen”. Stikes Muhammadiyah Gombong. Email:dianawidati7@gmail.com.

Yuliaswati, (2015). Gambaran Respondenn Dengan Robekan Perineum Di RB Panjawi Sukoharjo. Gaster J Ilmu Kesehatan, 2015;12(2): 33-34.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v6i2.7823

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License