Perilaku Ibu Hamil Tentang Perawatan Kehamilan Di Rumah Sakit Nurul Hasanah Kutacane Tahun 2020

Purnama Sari Cane

Abstract


Kehamilan adalah suatu krisis yang dapat menimbulkan stress, tetapi memberikan makna karena keadaan tersebut wanita akan mempersiapkan diri untuk memberi perawatan dan mengemban tanggung jawab yang lebih besar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku ibu hamil (yang terdiri dari pengetahuan, sikap dan tindakan) tentang perawatan kehamilan di Rumah Sakit Nurul Hasanah Kutacane. Perilaku merupakan hasil hubungan antara perangsang (stimulus) dan tanggapan (respon), juga suatu tindakan atau perbuatan yang dapat diamati. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Sampel yang diambil berjumlah 3 orang dan instrument yang digunakan peneliti adalah kuesioner, analisa data disajikan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan ibu hamil tentang perawatan kehamilan (baik 60,6%, cukup 27,2%, kurang 12,1%), Sikap ibu hamil (positif 63,6%, negatif 36,4%) dan tindakan ibu hamil (baik 66,7%, buruk 33,3%). Kesimpulannya pengetahuan yang baik dan sikap positif akan menghasilkan tindakan yang baik. Diharapkan pihak institusi pelayanan seperti rumah sakit, puskesmas, tempat praktek dokter, klinik bahkan posyandu dapat membuat sistem pelayanan yang komprehensif meliputi upaya promotif, preventif seperti memberikan penyuluhan kepada ibu hamil tentang perawatan kehamilan, meningkatkan pelayanan kesehatan dengan membuat program edukasi untuk member dukungan atau informasi bagi ibu hamil.

Keywords


Pengetahuan, Sikap, Tindakan, Perawatan, Kehamilan

Full Text:

PDF

References


Asyirah, sitti, 2012 Faktor-faktor yang berhubungan dengan anemia pada ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas bajen kecamtan bajengkabupaten goa. Depok: Program studi kebidanan komunitas fakultas kesehatan masyarakat depok.

Edward dan Lipoeto, 211. Pengaruh perokok terhadap plasenta, berat badan lahir, apgar score bayi baru lahir pada ibu hamil di kabupaten padang pariaman. Padang.

Elisa dkk, 2014. Pengaruh perawatan payudara terhadap kelancaran ekskresiasi asi pada ibu post partum di rumah bersalin mardi rahayu. Semarang: Program studi ilmu biomedik.rogram S1 ilmu keperawatan STIKES telogorejo semarang.

Hidayat A. A. 2007. Metode Penelitian Kebidanan Teknik Analisis Data. Jakarta : Salemba Medika

Ikram dan Yunita, 2013. Hubungan Pengetahuan dan Sikap Ibu Hamil Terhadap Perilaku Kunjungan Pemeriksaan Kehamilan (Studi pada Puskesmas Segala Mider Kelurahan Segala Mider Kecamatan Tanjung Karang Barat. Jurnal Sociologie: Bandar Lampung.

Izzati. Ulul, 2014. Perawatan payudara pada ibu hamil. Politeknik kesehatan kemenkes : malang.

Nanur. FN, 2015. Kemitraan dukun dengan bidan dalam pertolongan persalinan di kecamatan borong kabupaten manggarai timur provensi nusatenggara timur.program pasca sarjana, universitas udaya: Denpasar.

Nenggolan, Erniwati. 2013. Perilaku ibu hamil dalam mengkomsumsi tablet zat besi (Fe) di Desa tanjung rejo Kec. Percut se tuan Kab. Deli serdang. Fakultas keperawatan . USU. Medan.

Notoatmodjo S. 2013. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Nurhayti dkk, 2014. Gizi pada ibu hamil dan menyusui, staf pengajar departemen gizi kesehatan masyarakat. Universitas sumatera utara. Medan,.

Nursalam, 2015. Konsep dan Penetapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan : Pedoman Skripsi, Tesis dan Instrumen Penelitian Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika

Oktalili. Eka , 2013. Tingkatan pengetahuan ibu hamil mengenaio bahaya asap rokok pada janinnya di RB kusmahadi pengkuk jetis jaten karangayer. Program studi diploma III kebidanan sekolah tinggi ilmu kesehatan, kusuma husada : karya tulis ilmiah.hubungan antara tingkat stres dengan kejadian hiperemensis gravidarum pada ibu hamil trismester I di BPS

Purwanti dkk, 2012. Hubungan antara tingkat stress dengan kejadian hiperemesis gravidarum pada ibu hamil tri-semester I di BPS Ny syaiyineh kendal. Program studi DIII kebudanan, Fakultas ilmu keperawatan dan kesehatan, Universitas muhammadyah Semarang.

Purboningsih,Titis, 2014. Hubungan Pengetahuan Ibu Hamil Tentang ANC (AntenatalCare) Terhadaf Perilaku Kunjungan ANC (Antenatal Care)Naskah Publikasi. Fakultas KedokteranUniversitas Muhamadiah: Surakarta.

Sedyaningsih, E.R, 2010. Rencana strategis kementrian kesehatan tahun 2010-2014. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia:Renstra. Jakarta.

Simanulang, Murni. S.D. 2010. Hubungan antara tingkat pengetahuan suami tentang perawatan kehamilan dengan partisipasi suami dalam perawatan kehamilan di kelinik bersalin mariani medan. Fakultas keperawatan . universitas sumatera utara: Medan.

Syamsianah dkk, 2014. Komposisi zat gizi tempe yang difortipikasi zat besi dan vitamin A pada tempe mentah dan matang. Semarang: program studi gizi, fakultas ilmu keperawatan dan kesehatan, universitas muhamaddiah semarang




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v3i1.7886

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License