Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Stres Klien Pada Ulkus Diabetikum Di RSU Mitra Sejati Medan

Roslenni Sitepu

Abstract


 

Ulkus diabetikum merupakan kondisi serius yang muncul ketika banyak jaringan tubuh yang mengalami kematian jaringan atau nekrosis. Klien ulkus diabetikum dituntut melakukan perubahan pola hidup dalam mengotrol kadar gula dan melakukan perawatan. Kondisi ini dapat mengembangkan kecenderungan klien kepada dampak negatif dan gangguan psikologis yang berpengaruh kuat terhadap stres. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan stres klien pada ulkus diabetikum. Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Stres Klien Pada Ulkus Diabetikum di RSU Mitra Sejati Medan. Metode penelitian menggunakan deskriptif korelatif. Pengambilan sampel menggunakan Total Sampling sampai 30 responden. Data penelitian diperoleh dari kuesioner dukungan keluarga dan kuesioner tingkat stres yang dibagikan kepada responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan keluarga tidak mendukung sebanyak 10 responden frekuensi 33,3% stres berat, 5 responden frekuensi 16,7% stres sedang dan tidak ada yang mengalami stres ringan, dukungan keluarga kurang mendukung sebanyak 7 responden frekuensi 23,3% stres berat, 3 responden frekuensi 10% stres sedang dan tidak ada yang mengalami stres ringan. Sedangkan dukungan keluarga mendukung sebanyak 5 responden frekuensi 16,7% stres ringan dan tidak ada yang mengalami stres berat dan sedang. Hasil uji statistik menggunakan korelasi chi-squaer bahwa nilai p = 0,000 atau p=<0,05 yang menunjukkan bahwa ada hubungan dukungan keluarga dengan stres. Harapan kepada anggota keluarga agar dapat memotivasi dan lebih meluangkan waktu dalam memberikan dukungan kepada pasien ulkus diabetikum agar stres tidak meningkat dalam menghadapi sakit ulkus diabetikum

Keywords


Ulkus Diabetikum, Dukungan Keluarga, Tingkat Stres

Full Text:

PDF

References


Adabiah. 2014. Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Harga Diri Pada Pasien Ulkus Diabetikum Di Ruang Rawat Inap Bagian Penyakit Dalam RSUP.Dr.M.Djamil Padang..

Alimul Hidayat, A. Azis. 2017. Pengantar Kebutuhan Dasar Manusia : Aplikasi Konsep dan Proses Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika Batubara, Muhyi. 2005. Sosiologi Pendidikan. Jakarta : Ciputat Press

Bilous, R., & Donelly, R.2015. Buku Pegangan Diabetes. Edisi 4. Jakarta: Bumi Medika.

Ekaputra, E.2013. Evolusi Manajemen Luka Menguak 5 Keajaiban Moist Dressing. Jakarta:

Friedman M. 2013. Buku Ajar Keperawatan Keluarga, Riset, Teori & Praktik.Alih bahasa oleh Achir Yani S. Jakarta: EGC.

Hamilton, M. 2019 Tingkat Kecemasan-HARS(Anxiety Rating Scale). Journal Neurology, Neurosurgery, Psychiatry, 23, 56-61.

Hawari, D.2011. Manajemen Stres, Cemas dan Depresi. Jakarta: FKUI

Hidayat, A.A.2010. Riset Keperawatan Dan Teknik Penulisan Ilmiah. Edisi I.Jakarta: Salemba Medika.

Hidayat, F.2013. Hubungan Koping Individu Dengan Tingkat Kepatuhan Penyandang Diabetes Mellitus Sebagai Anggota Persadia Cabang RSMM Bogor.

IDF (International of Diabetic Federation).2015. IDF Diabetes Atlas Sixth Edition Update, Internasional Diabetes Federation 2014.

Kohort. 2010. Depression and Incident Diabetic Foot Ulcers: A Prospective Cohort Study. The American Journal of Medicine.

Notoatmodjo, S.2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta. Nursalam.2008. Konsep Dan Penerapan Metodologi Penelitian Keperawatan. Jakarta: Info Media.

RisKesDas 2013. Riset Kesehatan Dasar Laporan Nasional 2013. Badan Penelitian & Pengembangan kesehatan DepKes RI.

RSU Mitra Sejati Medan. 2015. Profil dan Informasi Layanan RSU Mitra Sejati Medan. Unpublish. Medan: Data Rekam Medik




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v6i1.7900

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License