Pengaruh Pemberian Produk Kombinasi Glycine Maz Dan Sauropus androgynous Dalam Peningkatan Produksi ASI

Yohana Putri Apryanti, Ayu Jani Puspita Sari

Abstract


Pemberian air susu ibu sangat penting bagi tumbuh kembang yang optimal baik fisik maupun mental dan kecerdasan bayi. Oleh karena itu, pemberian ASI perlu mendapat perhatian para ibu dan tenaga kesehatan agar proses menyusui dapat terlaksana dengan benar. Beberapa cara untuk meningkatkan produksi ASI salah satunya yaitu dengan mengkonsumsi susu kedelai, dan daun katuk dimana  bahan pangan ini mengandung lagtagogum yang dikenal dengan sebutan edamame (Glycine max L.Merill) yang dapat menstimulasi hormone oksitosin dan prolactin seperti alkaloid, polifenol, steroid, flavonoid dan subtansi lainnya yang efektif dalam meningkatkan dan melancarkan produksi ASI. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang rancangannya menggunakan the one group pretest-posttest design, dengan tujuan untuk membandingkan hasil pretest kelompok intervensi dan posttest intervensi, sehingga dapat menjelaskan Pengaruh Pemberian Produk Kombinasi Susu Kedelai Dan Daun Katuk Siap Saji Dalam Peningkatan Produksi ASI di Wilayah Kerja Puskesmas Tuntungan Tahun 2023. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu menyusui di wilayah kerja Puskesmas Tuntungan Kecamatan Tuntungan, yaitu sebanyak 15 orang ibu menyusui. Hasil penelitian menunjukkan produksi ASI ibu menyusui di Wilayah Kerja Puskesmas Tuntungan Kecamatan Medan Tuntungan sebelum pelaksanaan intervensi rata-rata produksi ASI Ibu adalah 44,67 ml dan setelah pemberian kombinasi susu kedelai dan daun katuk siap saji adalah 68,33 ml, artinya terdapat pengaruh Pemberian Produk Kombinasi Susu Kedelai dan Daun Katuk Siap Saji dalam Peningkatan Produksi ASI di Wilayah Kerja Puskesmas Tuntungan Kecamatan Medan Tuntungan. Kedepannya diharapkan agar ibu menyusui mendapatkan pendampingan dan edukasi terkait beberapa metode nonfarmakologis sebagai upaya peningkatan Produksi ASI yang dapat dilakukan dengan aman dan mudah

Keywords


Produksi ASI, Susu Glycine Max, Sauropus Androgynus

Full Text:

PDF

References


Erlanda, C., Evrianasari, N., Susilawati, S., & Lathifah, N. S. (2021). EKSTRAK DAUN KATUK MEMPENGARUHI PRODUKSI ASI PADA IBU MENYUSUI. Jurnal Kebidanan Malahayati, 7(4), 647–651.

Fety, Y., & Fahriar, E. (2022). PENGARUH PEMBERIAN SUSU KEDELAI TERHADAP PENINGKATAN PRODUKSI ASI PADA IBU MENYUSUI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KATOBU KABUPATEN MUNA. Ners Community, 13, 1–23.

Girsang, D. M., Manurung, J., Ginting, W. M., & Husna, N. (2021). PELATIHAN PENGOLAHAN SUSU KEDELAI DALAM MENINGKATKAN PRODUKSI ASI DI DESA TANJUNG BERINGIN. JURNAL PENGMAS KESTRA (JPK), 1(1), 205–207.

Handayani, H., Pratamaningtyas, S., Ramadhian, A. A. N., & Nugrahaeni, I. K. (2022). KONSUMSI KEDELAI, KURMA, DAN DAUN KATUK UNTUK MENINGKATKAN PRODUKSI ASI PADA IBU MENYUSUI. Midwifery Care Journal, 3(2), 66–72.

Hayati, N. (2022). HUBUNGAN INISIASI MENYUSUI DINI (IMD) DENGAN KELANCARAN PRODUKSI ASI PADA IBU POST PARTUM DI POSYANDU DESA BANGUN SARI BARU TANJUNG MORAWA TAHUN 2021. JIDAN (JURNAL ILMIAH KEBIDANAN), 2(1), 43–49.

Juliastuti, J. (2019). EFEKTIVITAS DAUN KATUK (SAUROPUS ANDROGYNUS) TERHADAP KECUKUPAN ASI PADA IBU MENYUSUI DI PUSKESMAS KUTA BARO ACEH BESAR. Indonesian Journal for Health Sciences, 3(1), 1.

Lestari, E. F., & Dwihestie, L. K. (2020). Asi Eksklusif Berhubungan Dengan Kejadian Stunting. Jurnal Ilmiah Permas, 10(2), 1–8.

Martiana, A., Rilyani, R., & Elliya, R. (2021). Kecemasan Pada Ibu Post Partum Primipara Dengan Produksi Asi. Malahayati Nursing Journal, 3(3), 459–465.

Pramitasari, R. (2022). Edukasi Pemberian Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) melalui Whatsapp Group bagi Ibu-ibu di Sangatta, Kalimantan Timur. ABDIKAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains Dan Teknologi, 1(2), 248–253. Rauda, R., & Harahap, L. D. S. (2023). PEMBERIAN SUSU SARI KACANG KEDELAI KEPADA IBU NIFAS TERHADAP PENINGKATAN PRODUKSI ASI. Jurnal Keperawatan Priority, 6(1), 12–18.

Rosdianah, R., & S, I. (2021). PEMBERIAN EKSTRAK DAUN KATUK TERHADAP KELANCARAN ASI PADA IBU MENYUSUI. Jurnal Kebidanan Malahayati, 7(2), 265–273.

Sari, L. P., & Marbun, U. (2021). Pengaruh Pemberian Susu Kedelai pada Ibu Nifas terhadap Kelancaran Produksi ASI di Puskesmas Bowong Cindea Kabupaten Pangkep. UMI Medical Journal, 6(2), 123–128.

Silaban, V. F., Bidaya, I. F., & Loi, S. Y. (2023). Pengaruh Pemberian Susu Kedelai terhadap Peningkatan Produksi ASI pada Ibu Post Partum di Klinik Pratama Mariana Medan. MAHESA : Malahayati Health Student Journal, 3(4), 1073–1082.

Triananinsi, N., Andryani, YunI, Z., & Basri, F. (2020). Hubungan Pemberian Sayur Daun Katuk Terhadap Kelancaran ASI Pada Ibu Multipara Di Puskesmas Caile. Journal of Healthcare Technology and Medicine, 6(1), 12–20.

Umi Kalsum, & Dwi Ghita. (2022). Manfaat ASI Eksklusif pada Ibu & Bayi 0-24 Bulan Di Posyandu Flamboyan VI Puskesmas Kapasa. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia Sejahtera, 1(4), 117–123.

Winarni, L. M. A. Y. . W. S. V. (2020). Pemberian Jus Kacang Kedelai Dan Melon Terhadap Peningkatan Produksi ASI Dan Berat Badan Bayi Di Puskesmas Tigaraksa. Jurnal Menara Medika, 3(1), 40–45.

Yolanda, P., Indah Purnama Eka Sari, W., & Kurniyati, K. (2022). PENGARUH EKSTRAK DAUN KATUK TERHADAP KECUKUPAN PRODUKSI ASI PADA IBU POSTPARTUM. Journal of Midwifery Science and Women’s Health, 2(2), 80–85




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v6i2.8014

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License