Perbandingan Hasil Belajar Biologi Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Tipe Make A Match Pada Materi Pokok Ekosistem di MAN Dolok Masihul

Puspita Sari, Husnarika Febriani, Khairuna Khairuna

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar biologi siswa ketika diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Make a Match di kelas X MAN Dolok Masihul. Populasi siswa kelas X MAN Dolok Masihul. Ada dua kelompok sampel yaitu siswa kelas X MIPA1 (eksperimen) dan kelas X MIPA2 (kontrol). Teknik atau cara yang di pakai untuk menarik serta menyatukan data yaitu pengamatan dan ujian (tes) tertulis. Teknik analisis memakai uji hipotesis. Penelitian merangkum hasil diantaranya adanya perbandingan hasil nilai belajar biologi murid yang memakai model STAD dan MAM pada topik utama ekosistem di MAN Serdang Bedagai dilihat dari hasil belajar menggunakan tipe STAD diperoleh sebesar 75 dengan persentase 13%, sedangkan untuk Make A Match hasil yang diperoleh sebesar 68,83 dengan persentase 5,83%. Terdapat perbandingan hasil belajar biologi siswa yang menggunakan model STAD dan model MAM pada pokok bahasan ekosistem di MAN Serdang Bedagai dilihat dari hasil uji hipotesis thitung = 1,867 dan ttabel = 1,672 yang artinya thitung  >  ttabel sehingga Ho nya ditolak sedangkan untuk Ha diterima.

 

This research aims to determine students' biology learning outcomes when the Student Teams Achievement Division (STAD) and Make a Match type cooperative learning models are applied in class X MAN Dolok Masihul. Population of class X MAN Dolok Stillul students. There are two sample groups, namely students of class X MIPA1 (experiment) and class X MIPA2 (control). The techniques or methods used to collect and combine data are observation and written tests. The analysis technique uses hypothesis testing. The research summarizes the results, including a comparison of the results of students' biology learning scores using the STAD and MAM models on the main topic of ecosystems at MAN Serdang Bedagai, seen from the results of learning using the STAD type which was obtained at 75 with a percentage of 13%, while for Make A Match the results obtained were 68 .83 with a percentage of 5.83%. There is a comparison of the biology learning outcomes of students who use the STAD model and the MAM model on the subject of ecosystems at MAN Serdang Bedagai seen from the results of the hypothesis test tcount = 1.867 and ttable = 1.672, which means tcount > ttable so that Ho is rejected while Ha is accepted.


Keywords


Hasil belajar; Model STAD dan MAM, Ekosistem Keywords : Learning outcomes; Model STAD and MAM; Ecosystem.

Full Text:

PDF

References


Ahmad S. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Rawamangun: Kencana Prenada Media Group.

Al-Qur’an dan Terjemahannya, Surah Al-Alaq/ 96: 1-5

Anderson, L.W., & Krathwohl, D.R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educatioanl Objectives. New York: Addison Wesley Longman, Inc.

Ardat & Indra, J. (2013). Penerapan Statistika Untuk Pendidikan. Bandung: Citapustaka Media Perintis.

Arikunto, S. (2002). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Asrul dkk. (2012). Inovasi Pembelajaran. Bandung: Citapustaka Media, Cet. 2.

Huda, M. (2014). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Huda, M. (2012). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Istarani & Ridwan. (2014). 50 Tipe Pembelajaran Kooperatif. Medan: Media Persada.

Kunandar. (2014). Penilaian Autentik. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Nurhikah, S. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Koopertif Tipe Make A MatchTerhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi di SMP Negeri 10 Palembang: UIN Raden Fatah.

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Salim & Syahrum. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Citapustaka Media.

Sani. (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Rawamangun: Kencana Prenada Media Group.

Tanjung, Indayana Febriani. (2018). Strategi Pembelajaran Biologi. Medan: CV. Widya Puspita.

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Trianto. (2011). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA dan anak Usia Kelas Awal SD/MI. Jakarta: Predana Media Group.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v7i1.8048

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License