Analisis Sanitasi Makanan Oleh Penjamah Makanan Serta Kandungan E.Coli Pada Air Di Kantin Universitas Islam Sumatera Utara

Ikhsan Ibrahim Pohan, Muhammad Rezebri, Putra Apriadi Siregar

Abstract


Air merupakan salah satu sumber penting bagi kebutuhan tubuh manusia untuk menunjang aktivitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui higiene sanitasi makanan, personal higiene penjamah, dan kandungan E.Coli pada air minum di kantin Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian survei deskriptif. Lokasi penelitian ini adalah kantin di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Sampel dalam penelitian ini adalah sepuluh kantin dan 300 siswa, dimana 30 siswa diwawancarai di setiap kantin. Analisis data penelitian ini adalah analisis deskriptif univariat dan uji laboratorium E.Coli. Hasil penelitian ini adalah dua kantin tidak memenuhi syarat sanitasi peralatan, sepuluh kantin tidak memenuhi syarat sanitasi makanan siap saji, dan empat kantin tidak memenuhi syarat sanitasi perumahan. Dari sepuluh penjamah makanan, 10 dari sepuluh kantin tidak memenuhi persyaratan higiene perorangan penjamah makanan. Hasil pengujian E.Coli ditemukan bahwa air minum di 10 kantin mengandung E.Coli dengan kadar terendah 4 CFU/100ml dan maksimal 28 CFU/100ml yang tidak memenuhi syarat kualitas air minum. Persepsi siswa tentang sanitasi dan penjamah makanan sudah baik dengan skor rata-rata 260,6%. Kesimpulan diharapkan pemerintah melakukan inspeksi kantin di sekolah atau perguruan tinggi dan perguruan tinggi untuk mengevaluasi kantin masing-masing untuk menciptakan kantin yang sehat dan baik

Keywords


Higienis, Sanitasi, Pengelolaan makanan; E.coli

Full Text:

PDF

References


Arifin, M. H. (2019). Gambaran Higiene dan Sanitasi Makanan Jajanan di Kantin Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Universitas Negeri Semarang, 1–24.

Caesar, D. L., & Rohmah, U. (2021). Analisis Bakteri E. Coli Minuman Es Dawet di Kabupaten Kudus. J-KESMAS: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 7(1), 59.

Christian, I. (2018). Analisis Perilaku Higiene Sanitasi Penjamah Makanan dan Kandungan Escherichia Coli pada Minuman Cepat Saji (Mango Thai) di Kota Medan Tahun 2018.

Dewi, V. I. (2021). Hygiene Sanitasi Makanan Jajanan Kantin Sebuah Perguruan Tinggi Di Bandung Untuk Meningkatkan Kesehatan Lingkungan. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 375.

Djukic, D., Moracanin, S. V., Milijasevic, M., Babic, J., Memisi, N., & Mandic, L. (2016). Food safety and food sanitation. Journal of Hygienic Engineering and Design, 14, 25–31.

ECDC. (2021). European Centre for Disease Prevention and Control. Shiga toxin-producing Escherichia coli (STEC) infection. In: ECDC. Annual epidemiological report for 2019. May.

Gitawama, M. R. B., Suharti, N., & Harminarti, N. (2021). Identifikasi Bakteri Escherichia coli dalam Air Minum Galon pada Kantin yang ada di Universitas Andalas Padang. Jurnal Kesehatan Andalas, 10(1), 23.

Haryanti, D. Y., & Suryaningsih, Y. (2021). Food Safety Knowledge of Food Sanitation Hygiene Practices in the Era of Pandemic COVID-19. The Indonesian Journal of Health Science, 13(1), 25–34.

INSYIROH, D. (2018). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kandungan Bakteri Eschericia Coli Pada Sumur Gali di Desa Tirak, Kwadungan, Ngawi. Stikes Bhakti Husada Mulia Madiun, 1–224.

Irianto, J., Kes, M., Anwar, D. A., Si, M., Yunianto, A., Laelasari, E., Si, S., Marina, R., & Si, S. (n.d.). STUDI KUALITAS AIR MINUM RUMAH TANGGA DI INDONESIA.

Murdani, I. (2017). HUBUNGAN PRINSIP HIGIENE SANITASI MAKANAN DENGAN ANGKA KUMAN PADA MAKANAN BASAH DI KANTIN SEKITAR PASIR PANJANG KOTA SINGKAWANG.

Ramadani ER, Nirmala F, M. A. (2016). Higiene dan Sanitasi Makanan Jajanan di Kantin Desekolah dasar di Kecamatan Buke Kabupaten Konawe Selatan. J Ilm Mhs Kesehat Masy., 2(6), 2(6):1-12.

Rambe, N. (2021). ANALISIS PERSONAL HYGIENE DAN HYGIENE SANITASI MAKANAN PADA PEDAGANG DI PASAR TRADISIONAL KECAMATAN MEDAN AREA DAN KECAMATAN MEDAN PERJUANGAN.

Rulen, B. N., & Intarsih, I. (2021). Analisis Keberadaan Bakteri dan Higiene Sanitasi Peralatan Makan di Rumah Makan Wilayah Kerja Puskesmas Simpang Tiga Pekanbaru. Ensiklopedia of Journal, 3(2), 179–189.

Sinurat, D. (2018). UNIVERSITAS SUMATERA UTARA Poliklinik UNIVERSITAS SUMATERA UTARA. Jurnal Pembangunan Wilayah & Kota, 1(3), 82–91.

Wahyuningsih, R. (2019). Identifikasi Adanya Bakteri Escherichia Coli Pada Minuman Es Teh Yang Dijual Disekitar Stikes Bcm Pangkalan Bun Wilayah Kotawaringin Barat. Jurnal Borneo Cendekia, 3(1), 93–106.

WHO & UNICEF. (2017). Safely Managed Drinking Water. World Health Organization, 1–56




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v6i1.8070

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License