Hubungan Pengawasan Kepala Ruangan Terhadap Tindakan Mencuci Tangan Di Rumah Sakit Umum Nurul Hasanah Kutacane

Puti Puspita Yean

Abstract


Mencuci tangan merupakan tindakan yang sering kali dianggap sepele oleh perawat, namun merupakan hal yang sangat penting dalam upaya mencegah terjadinya infeksi nosokomial di rumah sakit. Pengawasan kepala ruangan diduga berhubungan dengan tindakan yang dilakukan oleh perawat pelaksana dalam mencuci tangan. Penelitian ini adalah penelitian analitik dengan desain cross sectional (potong lintang). Penelitian dilakukan di Rumah Sakit Umum Nurul Hasanah Kutacane. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 77 orang dan seluruhnya dijadikan sampel. Data dianalisis secara univariat dan bivariat menggunakan uji chi-square dengan tingkat kepercayaan 95% ( = 0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengawasan yang dilakukan oleh kepala ruangan menurut perawat dalam kategori baik (71,4%), minoritas perawat menyatakan kurang baik (28,6%). Tindakan perawat dalam mencuci tangan kategori baik (66,2%), sedangkan minoritas kurang baik (33,8%). Pengawasan kepala ruangan berhubungan signifikan dengan tindakan mencuci tangan di Rumah Sakit Umum Nurul  Hasanah  Kutacane, p = 0,000 < 0,05. Semakin baik pengawasan yang dilakukan kepala ruangan maka semakin baik pula tindakan perawat dalam mencuci tangan. Disarankan kepada perawat di Rumah Sakit Umum Nurul  Hasanah  Kutacane untuk melakukan cuci tangan sesuai SOP untuk meminimalisir terjadinya infeksi nosokomial. Tindakan mencuci tangan yang harus diperhatikan yaitu mencuci tangan sebelum dan sesudah kontak dengan pasien, melepaskan semua perhiasan yang ada (jam/cincin).

Keywords


Pengawasan Kepala Ruangan, Tindakan Mencuci Tangan

Full Text:

PDF

References


Arwani. 2012. Pendidikan Keperawatan. Cetakan kedua. Jakarta: EGC.

Darmadi. 2012. Infeksi Nosokomial : Problematika dan Pengendaliannya. Jakarta: Penerbit Salemba Medika.

Hidayat AA. 2013. Pengantar Konsep Dasar Keperawatan. Cetakan Pertama. Jakarta: Salemba Medika.

Kamaruddin S. 2012. Hubungan mencuci tangan dengan infeksi nosokomial RSUD Purwerejo. Medical Journal of Indonesia, 16(3), pp 195-200

Keliat, B.A. 2012. Modul Model Praktek Keperawatan Profesional Jiwa. Jakarta: Fakultas Keperawatan Universitas Indonesia dan WHO Indonesia.

Perdalin. 2013. Handout Pengendalian Infeksi Nasokomial. Cetakan Pertama. Jakarta: Gramedia.

Robbins, 2012. Perilaku Organisasi. Jakarta: Gramedia Grup.

Ruci JC. 2013. Gambaran tingkat kepatuhan perawat akan cuci tangan terapi oksigen dan tingkat kejadian pneumonia periode tahun 2012 dan tahun 2013 di RSUD dr. Rubini Mempawah. Mempawah: RSUD dr. Rubini.

Saputra. 2011. Kepatuhan Perawat terhadap Pelaksanaan Kewaspadaan Universal di Ruang Seruni RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu. Skripsi.

Saragih, S.G.N. 2014. Hubungan Efektivitas Fungsi Pengawasan Kepala Ruangan Dengan Kepatuhan Perawat Dalam Penerapan Pengendalian Infeksi Nosokomial Di Rumah Sakit Santo Yusup Bandung.

Septiari, B.B. 2012. Infeksi Nosokomial. Jakarta: Nuha Medika.

Sighjoy. 2010. Kepatuhan Perawat dalam Kebersihan Cuci Tangan di rumah Sakit.

Sitohang, R.R. 2016. Hubungan Pengawasan Kepala Ruangan Dengan Tindakan Cuci Tangan Perawat di Rumah Sakit Mitra Sejati Medan. Medan: Fakultas Keperawatan Universitas Sumatera Utara.

Suarli & Bachtiar. 2013. Manajemen Keperawatan dengan Pendekatan Praktik. Jakarta : Erlanggga.

Sumiarty, S. 2014. Pengendalian Infeksi Nosokomial. Cetakan Pertama. Jakarta: Gramedia.

Suryoputri, A.D. 2011. Perbedaan Kepatuhan Cuci Tangan Petugas Kesehatan di RSUP dr. Kariadi. Skripsi. Fakultas Kedokteran. Universitas Diponegoro.

Swansburg RC. 2010. Pengantar Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan. Jakarta: EGC.

Umar, T. 2012. Pencegahan dan pengendalian infeksi di rumah sakit dan fasilitas kesehatan. Jakarta: Citra Medika.

WHO. 2013. Guidelines on Hand Hygiene in Health Care.

Wikansari, N. 2014. Pemeriksaan Total Kuman Udara Dan Staphylococcus Aureus Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit X Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat. Volume 1, Nomor 2, Tahun 2012 : 384 – 392.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v3i1.8203

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License