Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Pendekatan Modelling Terhadap Pengeathuan Ibu Dalam Menstimulusi Perkembangan Motorik Anak 1-3 Tahun Wilayah Kerja Puskesmas Kota Kutacane Aceh Tenggara

Mutiara Hikmah

Abstract


Praktek pengasuhan batita kurang kaya akan upaya stimulasi, untuk itu diperlukan pendidikan kesehatan yang dapat merubah perilaku dalam merawat batita khususnya dalam menstimulasi tumbuh kembangnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  pengaruh pendidikan kesehatan dengan pendekatan modelling terhadap pengetahuan ibu dalam menstimulusi perkembangan motorik batita Di Wilayah Kerja  Puskesmas Kota Kutacane Aceh Tenggara. Jenis penelitian ini adalah pra-eksperimen (pre–experimental designs) dengan rancangan one group pretest-posttest. Populasi pada penelitian ini sebanyak 121 orang dan sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 55 orang yang diperoleh dengan teknik accident sampling.  Pada penelitian ini dilakukan analisis univariat dan bivariat dengan menggunakan Paired Sample t-test dengan taraf signifikansi 95% (α=0,05).  Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa ada Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Pendekatan Modelling Terhadap Pengetahuan Ibu Dalam Menstimulusi Perkembangan Motorik anak 1-3 tahun Di Wilayah Kerja  Puskesmas Kota Kutacane Aceh Tenggara dengan rata-rata pengetahuan ibu pertama 2,3273  dengan standar deviasi (SD) 0,79476,  pada pengukuran kedua didapatkan rata-rata pengetahuan ibu 1,1818 dengan standar deviasi (SD) 0,47496.  terlihat nilai mean antara pengukuran pertama dan kedua 0,12287 dengan standar deviasi (SD) 0,91121. Hasil Uji statistik  dengan uji T-Test menunjukkan bahwa nilai p = 0,00 atau p = < 0,05. Penyuluhan pendidikan kesehatan bagi ibu sangat penting dalam menstimulasi perkembangan motorik batita

Keywords


Praktek pengasuhan batita kurang kaya akan upaya stimulasi, untuk itu diperlukan pendidikan kesehatan yang dapat merubah perilaku dalam merawat batita khususnya dalam menstimulasi tumbuh kembangnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pend

Full Text:

PDF

References


Almatsier, S. 2013. Prinsip dasar ilmu gizi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Azwar, S. 2015. Sikap manusia teori dan pengukurannya. Edisi ke-2. Cet. IV.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bandura, A. 2014. Social foundations of thought and action. Englewood Cliffs NJ: Prentice-Hall.

Bandura, A. 2014. Self-efficacy: The exercise of control. W.H.Freeman: New York.

Notoadmojo. 2012. Perawat sebagai pendidik: Prinsip-prinsip pengajaran dan pembelajaran. Terjemahan oleh Wulandari, G. dan Widyanto, G. Jakarta: EGC.

Bhandari, N., Mazumder, S., Bahl, R., Martines, J., Black, R.E., Bahn, M. K. 2005. An educational intervention to promote appropriate complementary feeding practices and physical growth in infants and young children in rural Haryana India. The Journal of Nutrition, 134: 2342-2348.

Depkes RI. 2010. Survei kesehatan rumah tangga (SKRT). Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. Departemen Kesehatan.

Depkes RI. 2014. Pedoman pelaksanaan stimulasi, deteksi dan intervensi dini tumbuh kembang anak di tingkat pelayanan kesehatan dasar. Jakarta. Direktorat Gizi Masyarakat. Departemen Kesehatan.

Dinas Kesehatan Sumut. 2010. Laporan tahunan cakupan pelayanan minimal bidang kesehatan. Sumatera Utara

Evawany, A. 2015. Pengaruh Pemberian Mie Instan Fortifikasi Pada Ibu Menyusui terhadap Kadar Zink dan Besi Asi serta Pertumbuhan Linier Bayi. Bogor: Pascasarjana Institut Pertanian Bogor.

Hall, C.S. & Lindzey, G. 1993. Teori-teori sifat dan behavioristik. Yogyakarta: Kanisius.

Harisawati, Rr. H. 2015. Konseling gizi pada ibu hamil untuk perubahan perilaku makan dan status gizi selama kehamilan di RSB Pertiwi Makassar. Tesis yang tidak diterbitkan. Makassar: Program Pascasarjana UNHAS.

Hariweni, T. 2013. Pengetahuan, sikap dan perilaku ibu bekerja dan tidak bekerja tentang stimulasi pada pengasuhan anak balita.

Kuperus, N.W., Baerts, W., Smrkovsky, M., Sauer, P.J. 2013. Effects of biological and social factors on the cognitive development of very low birth weight children. The American Academy of Pediatrics Journal, 92: 658-659. Kushto-Reese, K., Maguire, M.C., Silbert-Flagg, J., Immelt, S., & Shaefer, S.J.M. 2007. Developing community partnership in nursing education for children’s health. Nursing Outlook, 55(2): 85.

Maryunani. 2013. Pengaruh Pendidikan Gizi Ibu Balita Terhadap Pemberian Sirup Besi dan Kadar Hb Balita di Kecamatan Tallo Kota Makassar. Tesis tidak diterbitkan. Makassar: Program Pascasarjana UNHAS




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v3i2.8207

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License