Analisis Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Sekolah Dasar Di SDN 101732 Kampung Lalang

Asa'aro Laia, Jheni Yusuf Saragih, Maria Friska Nainggolan, Tika Eunika Sitepu

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) terhadap minat baca siswa di SDN 101732 Kampung Lalang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SDN 101732 Kampung Lalang yang berjumlah 148 siswa, 6 orang guru dan 1 orang kepala sekolah. Berdasarkan hasil wawancara dengan kepala sekolah diketahui bahwa penerapan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) telah dilaksanakan sejak tahun 2017 namun tidak berjalan efektif dan tidak dilaksanakan sejak pandemi karena keterbatasan waktu pembelajaran dan guru tidak dapat memantau pembelajaran secara langsung. kegiatan yang dilakukan oleh siswa.. Melalui penyebaran lembar angket GLS kepada 148 siswa diketahui bahwa 36% subjek menjawab YA dan 64% menjawab TIDAK. Penyebaran angket minat baca menunjukkan 33% subjek menjawab YA dan 67% menjawab TIDAK. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa Gerakan Literasi Sekolah (GLS) belum berjalan efektif hal ini dibuktikan dengan rendahnya minat membaca siswa di SDN 101732 Kampung Lalang dan perlu adanya perhatian yang serius antara pihak sekolah, pemerintah dan orang tua. agar Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dapat berjalan Efektif

Keywords


Gerakan Literasi Sekolah (GLS); Minat membaca siswa

Full Text:

PDF

References


Abidin, dkk. 2017. Pembelajaran Literasi Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.

Apriani, P. (2021). Analisis Gerakan Literasi Sekolah Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).

Berliana, D., Ferdiansyah, M., & Syaflin, S. L. (2022). Analisis Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Kelas II di SD Negeri 185 Palembang. Indonesian Research Journal on Education, 2(1), 115-121.

Dalman. (2017). Keterampilan membaca. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Dalyono, M. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta

Depdiknas.2004. Kurikulum Taman kanak-kanak (TK) dan Raudhatul Athfal (RA. Jakarta: Direktorat Jenderal Jendidikan Dasar dan Menengah.

Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah.(2016). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Ditjen Dikdasmen.

Djaali. (2006). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Elizabeth B. Hurlock. 1978. Perkembangan Anak: Jakarta: Penerbit Erlangga

Farida, Rahim. 2007. Pembelajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta : Bumi Aksara

Kurniawan, Aris. (2015). 13 Pengertian Analisis Menurut Para Ahli di Dunia.

Muhibbin Syah. 2010. Psikologi Pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Naibaho, K. (2007). Menciptakan generasi literate melalui perpustakaan. Visi Pustaka, 9(3).

Nurhadi. (2010). Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca. Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Rahim Farida. 2011. Pengajaran membaca di sekolah Dasar.Jakarta: Bumi aksara.

Sabila, r. A. (2022). Analisis Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Peserta Didik Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).

Salma Aini. 2019. Jurnal, Analisis Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Siswa SekolahDasar. Januari 2020.

Sari, R., Lestari, S., & Budiarti, M. (2020). Analisis program gerakan literasi sekolah dalam menumbuhkan minat baca. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2, 345-350.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdikarya.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta. Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : ALFABETA.

Tarigan, H. G. (2015). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Teguh Mulyo. 2017. Jurnal, Aktualisasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar melalui Gerakan Literasi Sekolah Untuk Menyiapkan Generasi Unggul dan Berbudi Pekerti




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v6i1.8224

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License