Hubungan Pemanfaatan Media Pembelajaran Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas Tinggi SD Negeri 056585 Biak Tampe

Robinson Hutagaol, Taruli Marito Silalahi, Jheni Yusuf Saragih, Eva Irawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemanfaatan media pembelajaran dengan motivasi belajar Siswa SD Negeri 056585 Biak Mampe. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas, IV, V dan VI SD Negeri 056585 Biak Mampe   dengan total 28 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 28 orang dengan menggunakan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisis data dilakukan dengan uji prasyarat yakni menggunakan nilai normalitas dan homogenitas serta analisis statistik dengan menggunakan uji hipotesis.Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diketahui bahwa terdapat hubungan pemanfaatan media pembelajaran dengan motivasi belajar siswa SD Negeri 056585 Biak Mampe Kecamatan BahorokKabupaten Langkat. Dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan positif pemanfaatan media pembelajaran terhadap motivasi belajar, dengan nilai t dan Sig. Hasil uji hipotesis mengacu pada nilai thitung yaitu nilai sig 0,002 lebih kecil dari ttabel 1,701 atau p lebih kecil 0,05 maka dapat disimpulkan terdapat hubungan antara pemanfaatan media pembelajaran terhadap motivasi belajar.

Keywords


Media Pembelajaran, Motivasi Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


Affrida. 2017. Makna pencapaian prestasi belajar pada mahasiswa program pascasarjana dengan peran ganda. Jurnal Psikologi dan Kesehatan Mental.Surabaya: Fakultas Psikologi, Universitas Airlangga. Agung, Wibowo, Thomas. Pendayagunaan Media

Amna. 2017. Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Penabur, No.4/ThIV/Juli 2005 Pembelajaran. Lantanida Journal, Vol. 5 No.2 .

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Candra Rahmawati. 2019. Hubungan Fungsi Media Pembelajaran dan Motivasi Belaja Dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN Gugus Jendral Sudirman Kabupaten Demak. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Djamarah, dan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Encyclopedia of education. 2019.New York: Macmillan.

Hamzah. 2011. Teknologi Komunikasi & Informasi Pembelajaran.Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Jasmiati. 2018. Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Murid Kelas IV SD Inpres Mallengkeri 1 Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar.

Kompri. 2015. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Miles, B. Mathew dan Michael Huberman. 2014. Analisis Data Kualitatifm (Buku Sumber tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP

Moleong, Lexy J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya

Munadi. 2012. Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru.Jakarta : Referensi

Mustiadi. 2014. Pengaruh Penggunaan Media Visual terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di MIN Mayoa Desa Pandajaya Kecamatan Pamona Selatan Kabupaten Poso.Skripsi. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palopo .

Naeklan Simbolon. 2014. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Word Square Kelas IV SD Negeri 101868 Desa Sena Batang Kuis. Jurnal PGSD. Medan : Universitas Negeri Medan.

Widiyanti, N dan Yoyo Zakaria Ansori. Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Di SDN Ciparay I Tahun Ajaran 2020/2021. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2020.

Rimbarizki, R. Penerapan Pembelajaran Daring Kombinasi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Paket C Vokasi Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (Pkbm) Pioneer Karanganyar. Unesa, 6(2), 2017, 1– 12.

Rusman, Deni Kurniawan dan Cepi Riyana.2013.Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Sanaky. 2015. Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif.Yogyakarta : Kaukaban. Dipantara.

Sanaky, AH. 2013. Media Pembelajaran Interaktif Inovatif. Jogjakarta: Dipantara

Sardiman. 2011. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta.: Rajawali Press.

Sardiman. 2017. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Depok: PT. Rajagrafindo Persada




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v6i1.8225

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License