Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar

Barita Esman Dabukke, Maria Friska Nainggolan, Nanda Ayu Setiawati, Saina Damema Sihotang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran think talk write terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah library research. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian menurut Miles dan Huberman adalah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis reduksi data dan penyajian data, maka terdapat pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa sekolah dasar. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut: (1) Guru membagikan LKS yang memuat soal yang harus dikerjakan oleh siswa serta pelaksanaanya. (2) Peserta didik membaca masalah yang ada dalam LKS dan membuat catatan kecil secara individu tentang apa yang ia ketahui dan tidak diketahui dalam masalah tersebut. (3 ) Guru membagi siswa dalam kelompok kecil (3-5 siswa perkelompok). (4) Siswa berinteraksi dan berkolaborasi dengan tema satu grup untuk membahas isi catatan dari hasil catatan (talk). (5) Dari hasil diskusi, peserta didik secara individu merumuskan pengetahuan berupa jawaban atau soal. (6) Perwakilan kelompok menyajikan hasil diskusi kelompok, sedangkan kelompok lain diminta memberikan tanggapan. (7) Kegiatan akhir pembelajaran adalah membuat refleksi dan kesimpulan atas materi yang telah dipelajari

Keywords


Model Pembelajaran Think Talk Write, Kemampuan Komunikasi Matematis

Full Text:

PDF

References


Anwar, Sembiring. 2018. Ensiklopedi Pendidikan. Badar Selamat Medan: Medan.

Arikunto, Suharsimi. 2017. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Desimyari, dkk. 2018. Pengaruh Model Think Talk Write BerbantuanMedia Audio Visual Terhadap Keterampilan Menulis Siswa. Jurnal of Elementary Education Vol 2 Tahun 2018. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha..

Hamzah, Ali. 2019. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta : PT Rajagrafindo persada.

Kristanti Dian. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI SD Negeri 1 Percontohan Meulaboh. Jurnal STKIP Bina Bangsa Meulaboh Vol 4 Tahun 2017.

Lexy J, Moleong. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rodakarya.

Miles, B. Mathew dan Michael Huberman.1992. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Jakarta : Universitas Indonesia

Maydasari. 2018. Pengaruh Strategi Think Talk Write Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV Sekolah Dasar. Pontianak : Universitas Tanjungpura Pontianak.

Mulyadi S.K dan Santi Ermawati. 2014. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Soal Cerita Melalaui Strategi Think Talk Write (TTW) Siswa Kelas V SD Negeri 02 Gemantara. Jurnal

Profesi Pendidikan Dasar Vol 2 Tahun 2014. Diakses pada tanggal 7 Juli 2020 Nazir, Moh. 2017. Metodologi Penelitian. Jakarta : Glalia Indonesia.

Ngalimun, dkk. 2017. Strategi Dan Model Pembelajaran. Yogyakarta:Aswaja Pressindo.

Noviarni, dkk. 2018. Model Think Talk Write Berbantuan Media Monomat Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika Vol 1 Tahun 2018. Gondangmanis : Universitas Muria Kudus.

Respati Rahajeng. 2016. Penerapan Strategi Think Talk Write Tehadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dasar FKIP Untan Pontianak Vol 2 Tahun 2017.

Putri Dini. 2017. Pengaruh Pembelajaran KooperatifThink Talk Write Terhadap Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan Islam Vol 2 Tahun 2017.

Purwanto. 2017. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Shoimin, Aris. 2018. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : ArRuzz Media.

Sudjana, Nana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Sugiantari Gusti, dkk. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Berbantuan Media Benda Konkret Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Vol 4 Tahun 2016.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Jakarta : Alfabeta.

Yadrika Gusri. 2019. Thnik Talk Write :Strategi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika Vol 3 Tahun 2019. Diakses pada tanggal 7 Juli 2020.

Zarkasyi, dkk. 2019. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : PT Refika Aditama




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v6i1.8241

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License