Keanekaragaman dan Kelimpahan Jenis Tumbuhan Liana di Hutan Desa Bukum Kecamatan Sibolangit Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara

Mutiara Novianti, Melfa Aisyah Hutasuhut, Zahratul Idami

Abstract


Liana merupakan tumbuhan merambat, memanjat, dan melilit atau tidak dapat tumbuh tegak mendukung tajuknya. Kelompok tumbuhan ini umumnya memanfaatkan berbagai jenis pohon untuk merambat serta tumbuhan liana banyak ditemukan di hutan hujan tropis salah satunya di Hutan Desa Bukum Kecamatan Sibolangit Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara karena merupakan hutan hujan tropis yang memiliki keanekaragaman tumbuhan dan hewan cukup tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis tumbuhan liana, jenis-jenis inang yang dijadikan penopang tumbuhan liana, indeks keanekaragaman dan indeks kelimpahan tumbuhan liana di Hutan Desa Bukum Kecamatan Sibolangit Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara. Metode yang digunakan yaitu survei eksploratif dan teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling sebanyak 3 transek dengan 15 plot pengamatan yang berukuran 20 m x 20 m. Hasil penelitian yang ditemukan sebanyak 34 jenis tumbuhan liana dengan jumlah 540 individu yang termasuk ke dalam 22 famili. Jenis tumbuhan yang paling banyak ditemukan yaitu famili Vitaceae dan famili Piperaceae. Jenis-jenis inang yang dijadikan penopang tumbuhan liana terdapat 3 jenis yaitu Ardisia sp., Eurya acuminata., dan Macaranga hypoleuka . Indeks keanekaragaman tumbuhan liana tergolong tinggi dengan H’ 3,08 termasuk kedalam suatu kawasan semakin stabil dan memiliki tingkat kompleksitas yang tinggi. Indeks kelimpahan jenis tumbuhan liana memiliki nilai sebesar 0,91 menujukkan bahwa keberadaan jenis tumbuhan liana memiliki pertumbuhan yang merata, karena adanya interaksi dengan kawasan lingkungan hutan yang luas terhadap banyaknya jumlah individu tumbuhan liana maka dapat ditemukan dengan tumbuh secara merata.

Keywords


Tumbuhan liana, Jenis inang, Keanekaragaman, Kelimpahan

Full Text:

PDF

References


Aisyah, M.H., 2020. Inventarisasi Araceae Di Hutan Sibayak I Kecamatan Sibolangit Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara. Jurnal Biolokus. 3(1): 288-292.

Apriani, E., Santoso, dan Endang, S. 2019. Liana Plant Diversity in Bukit Hitam Forest Pendopo District Empat Lawang Regency South Sumatera. Journal Biology Education.

Badan Pusat Statistik. 2018. Kabupaten Deli Serdang dalam angka 2018.

Hartanti, R,E,D,P., Sulmin, G. dan Siti, N. 2020. Keanekaragaman dan Karakteristik Habitat Tumbuhan Famili Araceae Di Wilayah Kecamatan Jekan Raya Kota Palangka Raya. Journal of Environment and Management. 1(3): 221-231.

Hasan, R., Yuniarti, A., dan Kasmiruddin. 2018. Keanekaragaman Liana di Hutan Pendidikan Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Kabupaten Bengkulu Tengah. Jurnal Sains Teknologi dan Lingkungan. 4(1): 1-11.

Kew Science, 2021. Plants of The World Online. Royal Botanic Gardens, Kew, UK.

Maisyaroh, W. 2010. Struktur Komunitas Tumbuha Penutup Tanah Di Taman Hutan Raya R. Soerjo Cangar, Malang. Jurnal Pembangunan dan Alam Lestari. 1(1):1-8.

Normasiwi, S. 2016. Keragaman dan Potensi Ardisia Koleksi Kebun Raya Cibodas. Prosiding Symbion (Symposium on Biology Education). Universitas Ahmad Dahlan. 11-19.

Nuraina, I., Fahrizal., dan Hari, P. 2018. Analisa Komposisi Dan Keanekaragaman Jenis Tegakan Penyusun Hutan Tembawang Jelomuk Di Desa Meta Bersatu Kecamatan Sayan Kabupaten Melawi. Jurnal Hutan Lestari. 6(1): 137-146.

Nurhidayah, Diana, R., dan Hastaniah. 2017. Keanekaragaman Jenis Liana Pada Paparan Cahaya Berbeda Di Hutan Pendidikan Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman. Jurnal Hutan Tropis. 1(2): 145-153.

Parmadi, E.H., Irma, D., dan Sofyatuddin, K. 2016. Indeks Nilai Penting Vegetasi Mangrove Di Kawasan Kuala IDI, Kabupaten Aceh Timur. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kelautan dan Perikanan Unsyiah. 1(1):82-95.

Puspita, Y.D., Pujiastuti., dan Mudakir, I. 2016. Kekayaan Jenis Tumbuhan Liana Di Kawasan Taman Hutan Raya Radien Soerjo Sub Wilayah Mojokerto. Jurnal Saintifika. 18(2): 8-19.

Sailana, G.E., Fadillah, H.U., dan Ahmad, Y., 2014. Sifat Fisik dan Mekanik Kayu Mahang (Macaranga hypoleuca (Reichb.F.ET Zool) M.A) yang Dipadatkan Berdasarkan Lama Pengukusan dan Besarnya Suhu Kempa. Jurnal Hutan Lestari. 2(2):317-326.

Schnitzer, S.A., and Bongers, F. 2015. The Ecology of Lianas and Their Role in Forests. University of Minnesota, Wageningen The Netherlands.

Simamora, T.T., Indriyanto., dan Bintoro, A. 2015. Identifikasi Jenis Liana dan Tumbuhan Penopangnya Di Blok Perlindungan Taman Hutan Raya Wan Abdul Rachman. Jurnal Sylva Lestari. 3(2): 31-42.

Siregar, A.M., Husnarika, F., dan Melfa, A.H. 2021. Analisi Biodiversitas JenisJenis Tumbuhan Liana Di Taman Nasional Batang Gadis Resort 7 Sopotinjak Kabupaten Mandailing Natal Sumatera Utara. Jurnal Klorofil. 5(2): 83-92.

Steenis, C.G.G.J. 2013. Flora. PT. Pradya Paramita, Jakarta.

Surya, D.C., Wilson, N., dan Ardinis, A., 2013. Jenis-jenis Burung yang Memanfaatkan Eurya acuminata DC Di Kampus Universitas Andalas Limau Manis Padang. Jurnal Biologi Universitas Andalas. 2(2):90-95.

Urtifiza, S., Salmiati., dan Hafidz, M. 2018. Analisis Vegetasi Tumbuhan Dengan Metode Kuadrat Pada Habitus Herba Di Kawasan Pegunungan Deudap Pulo Nasi Aceh Besar. Prosiding Seminar Nasional. 209:215.

Welda, N., Destien, A.A., dan Mareta, W. 2017. Inventarisasi Tumbuhan Liana Yang Terdapat Di Bukit Sulap Kota Lubuklingga. 1-12.

Wen, J., et al., 2018. A New Phylogenetic Tribal Classification Of The Grape Family (Vitaceae): Tribal Classification Of Vitaceae. Journal Of Systematics and Evolution. 56(4):262-272.

Zulkarnain, La, O. A., dan Abdur, R. 2015. Analisis Vegetasi dan Visualisasi Profil Vegetasi Hutan Di Ekosistem Hutan Tahura Nira-Nira Di Kelurahan Mangga Dua Kota Kediri. Ecorgen. 1(1): 43-54




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v7i1.8322

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License