Pengaruh Konsumsi Telur Terhadap Anemia Pada Mahasiswa Asrama D3 Kebidanan Universitas Audi Indonesia Tahun 2021

Adriana Bangun

Abstract


Asupan makanan yang cukup baik mampu meningkatkan Kesehatan seseorang. Anemia bisa terjadi karena kurangnya asupan gizi yang baik pada seseorang. Para anak muda saat ini banyak sekali yang tidak memperhatikan kecukupan gizi yang baik untuk makanan yang dia konsusmsi. Asrama D3 Kebidanan minimal 2 kali dalam seminggu memberikan telur sebagai sumber protein bagi anak anak D3 Kebidanan yang tinggal diasrama. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat apakah ada pengaruh mengkonsumsi telur terhadap kejadian anemia pada anak D3 Kebidanan yang tinggal di asrama di Universitas Audi Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode quasy eksperimen dengan rancangan one grup pretest posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa D3 Kebidanan yang tinggal di asrama. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Teknik total sampling sebanyak 25 mahasiswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji T independent. Hasil penelitian didapat nilai p value 0,002, sehingga p value lebih kecil dari 0,005. Artinya ada pengaruh kejadian anemia sebelum dan sesudah mengkonsumsi telur pada mahasiwa D3 Kebidanan yang tinggal di asrama di Universitas Audi Indonesia

Keywords


Konsumsi Telur, Anemia, Mahasiswa Kebidanan

Full Text:

PDF

References


Al Rahmad, A. H. (2017). Pengaruh asupan protein dan zat besi (Fe) terhadap kadar hemoglobin pada wanita bekerja. Jurnal Kesehatan, 8(3), 321–325.

Auwaluwiyanti, R. (2018). KARAKTERISTIK DAN KADAR HEMOGLOBIN (Hb) IBU HAMIL PADA KEJADIAN KETUBAN PECAH DINI DI RSUD KABUPATEN PEKALONGAN. Universitas Muhammadiyah Semarang.

Chibriyah, R. (2017). Hubungan Pola Makan dan Aktivitas Fisik Terhadap KadarHemoglobin Santriwati Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak Bantul.

Karyati, S. (2016). Kejadian Anemia Pada Remaja Putri Kelas VII SMP N 6 Kediri. Vol. 3(2302-1433),

Prijatmi I, Rahayu S. (2016). Modul Bahan Ajar Cetak Kebidanan Kesehatan Reproduksi dan Keluarga Berencana. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Riskesdas (2018). Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Kementrian Kesehatan RI. Depkes RI.

Sari R, Handayani Y, Saputri N, Ardina R, Nurul Atika H. (2020). The Effect Of Compress Therapy With Yellow Ginger Ginger (Zingiber Officinale) On The Reduction Of Pain Intensity In Elderly Suffering With Gout Athritis. Systematic Reviews in Pharmacy (Sys Rev Pharm.) SRP. 2020;11(11):269-272. doi: 10.31838/srp.2020.11.39

WHO (2013). Angka Kejadia Anemia. World Health Organization.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v4i2.8390

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License