Pengaruh Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Subtema Ciri-ciri Makhluk Hidup Di Kelas III SD Swasta Yayasan Bakti Luhur

Winny Sunfriska Limbong, Nanda Ayu Setiawati, Barita Esman Dabukke, Helda Oktavia Sijabat

Abstract


Pemberian ASI pada ibu nifas seringkali mengalami kendala akibat terlambatnya keluarnya ASI atau produksi ASI yang tidak mencukupi. Upaya meningkatkan gizi ibu menyusui dengan memberikan makanan kaya gizi yang dapat merangsang produksi ASI yaitu rebusan buah pepaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rebusan buah pepaya terhadap peningkatan produksi ASI. Penelitian ini dilakukan di BPM Winda STR.Keb Kecamatan Selesai pada 27 orang ibu menyusui. Analisis data yang digunakan adalah uji Wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukkan p-value = 0,001, (p<0,05). Kesimpulannya adalah terdapat pengaruh pemberian semur buah pepaya terhadap peningkatan produksi ASI pada ibu menyusui di BPM Winda STR.Keb Kecamatan Selesai Kabupaten Langkat Tahun 2023. Saran diharapkan bagi ibu menyusui untuk meningkatkan pemahamannya tentang cara merawat anaknya. payudara dan manfaat mengkonsumsi rebusan pepaya secara rutin agar produksi ASI tetap meningkat sehingga ibu dapat memberikan ASI eksklusif

Keywords


Rebusan Buah Pepaya, Meningkatkan Produksi ASI, Ibu Menyusui

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. (2003).Pendidikan Bagi Anak Berkesu litan Belajar.Jakarta : PT Rineka Cipta.

Ahmadi, A. (1994). Strategi Belajar Mengajar.Bandung: Pustaka Setia.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2002). Media Pembelajaran.Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Asnawir & Usman, B.(2002).Media Pembelajaran.Jakarta : Ciputat Pers.

B. Djamarah, S. (2002). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru.Surabaya: Usaha Nasional.

Basuki & Farida. (2001). Kelebihan dan Kekurangan Media Gambar. Online.

Dimyanti & Mudjiono, (2013).Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Gagne, R, M, dkk. (2005).Principles of Instructional Design.New York : Wadsworth.

Hamalik, O.(2016). Proses Belajar Mengajar .Jakarta: Bumi Aksara.

Hanifah, I. (2018).Pedoman Penulisan Skripsi. Medan: Pustaka Prima.

Indra, J. (2019).Penerapan Statistik Untuk Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Karwati, E & Juni Priansa, D. (2015).Managemen Kelas. Guru Profesional yang Inspiratif, Kreatif, Menyenangkan dan Berprestasi. Bandung: Alfabeta.

Poerwadarminta, W.J S. (1983).Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Rahardi, A. (2003).Media Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Rusman. (2015).Belajar & Pembelajaran :Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana.

S Sadiman, A. (1996). Media Pendidikan : Pengeertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

S. Sadiman, A. (2003). Media Pendidikan.Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Sardiman. (2003). Interaksi Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo.

Sudjana, N &Rivai, A. (2010).Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono.(2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukamadinata, Nana S. (2004). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Supratiknya, A. (2012). Penilaian Hasil Belajar Teknik Nontes. Yogyakarta : Universitas Sanata Dharma.

Suprijono, A.(2012). Metode dan Model model Mengajar.Bandung : Alfabeta.

Suryosubroto, B. (2009). Proser Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Susanto, A. (2016).Teori Belajardan Pembelajaran di Sekolah Dasar.Jakarta: Fajar Interpratama Mandiri.

Syafaruddin, Asrul & Mesiono. (2016) Inovasi Pendidikan Suatu Analisis Terhadap Kebijakan Baru Pendidikan. Medan: Perdana Publising.

Syah, M. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Trianto.(2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progesif. Edisi Ke-4.Jakarta: Kencana.

Triwiyanto, T. (2014).Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Utami, S. (2018). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III Sekolah Dasar.Jurnal Pedagogik, ISSN : 2303- 1514 vol 7 No 1.

Yustina.(2011). Kelebihan dan Kekurangan Media Gambar. Jejak Pendidikan Grafindo.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v6i2.8410

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License