Efektivitas Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Media Poster Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Biologi Di SMP Negeri 2 Waingapu

Ramana Limanto, Vidriana Oktoviana Bano, Riwa Rambu Hada Enda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA serta memanfaatkan model pembelajaran Group Investigation dan media poster. Pelatihan prasiklus, siklus I, dan siklus II untuk tes Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini diikuti oleh 32 peserta didik. Pada tahap prasiklus terdapat 16% peserta didik lebih yang merasa telah selesai belajar, normalnya pada siklus I sebanyak 59,06 peserta didik dan ada pula peserta didik yang sudah habis namun belum selesai, dan pada siklus II normalnya sebanyak 83,75 peserta didik. Orang yang tinggi mencapai 87%, sedangkan orang pendek mencapai 13%. Dalam rentang waktu yang sangat lama pada siklus I terdapat 8 orang yang mencapai nilai tinggi, 18 orang mencapai nilai sedang, dan 6 orang mencapai nilai rendah. Siklus II berlangsung dengan 29 orang mencapai nilai tinggi dan 3 orang mencapai nilai sedang. Model Group Investigation yang didukung media poster diduga dapat memberikan manfaat bagi siswa kelas VIII E IPA pada program pengembangan manusia di SMP Negeri 2 Waingapu.

Keywords


Model pembelajaran; kooperatif; Group Investigation; Hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Amah, L. A., Bano, V. O., & Ndjoeroemana, Y. 2023. “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI SATAP PULUPANJANG.” Jurnal Inovasi Penelitian 4(2): 167–77.

Ayu Desy N. Endah Lulup T P. & Suharsono Naswan. 2014. “Pengaruh Motivasi Belajar Dan Aktivitas Belajar Spiritual Hasil Belajar Akuntansi.” Jurnal Ekonomi 4(1): 4.

Ayuwanti, I. 2016. “MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE.” Jurnal SAP Vol . 1 No . 2 Desember 2016 ISSN : 2527-967X 1(2): 105–14.

Dimyati, Fitria Aris. 2022. “Penerapan Pembelajaran Inkuiri Dengan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Kemampuan Afektif Dan Kognitif Siswa Sekolah Dasar Pada Muatan IPA.” Jurnal PELITA 2(1): 7–15.

Eli, T. E., & Bano, V. O. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament ( TGT ) Berbantuan Media Poster Terhadap Hasil Belajar Siswa.” Journal (Biology Education, Sains and Technology) 6(2): 36–42.

Hapnita, Widia, Rijal Abdullah, Yualitas Gusmareta, & Fhmi Rizal. 2017. “Faktor Internal Dan Eksternal Yang Dominan Siswa Kelas Xi Teknik Gambar Bangunan Smk N 1 Padang Tahun 2016 / 2017.” Journal of Civil Engineering and Vocational Education 5(1): 1–8.

Hartoto, Tri. 2016. “Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (Gi) Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Sejarah.” Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah 4(2): 131.

Hazmiwati. 2018. “Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar IPA Siswa Kelas II Sekolah Dasar.” Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau 7(1): 178–84.

Jongu, Agustinus, & Vidriana Oktoviana Bano. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Poster Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Katolik Anda Luri Waingapu.” Jurnal Biologi dan Pembelajarannya (JB&P) 10(1): 25–36.

Lestari, Indah. 2015. “Pengaruh Waktu Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika.” Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 3(2): 115–25.

Mandasari, Gusti Tidar Jayanti. 2016. “Penggunaan Media Poster Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Kelas IV SD Inpres Bilonga Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa.” : 1–60. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/id/eprint/8012.

Moreno, L. 2018. “Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Pokok Bahasan Transformasi Geometris Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XII IPA-2 SMA Negeri 1 Kampar Timur Tahun Ajaran 2017/2018.” Jurnal Pendidikan Tambusai 2(3).

Nadiya, Nadiya, Haris Rosdianto, & Eka Murdani. 2016. “Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (Gi) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Gerak Lurus Kelas X.” JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika) 1(2): 49.

Nurkholis. 2013. “PENDIDIKAN DALAM UPAYA MEMAJUKAN TEKNOLOGI.” Jurnal kependidikan 1(1): 24–44.

Rahmadani, Wahida, Fauziyah Harahap, & Tumiur et al Gultom. 2017. “Analisis Faktor Kesulitan Belajar Biologi Siswa Materi Bioteknologi Di SMA Negeri Se-Kota Medan.” Jurnal Pendidikan Biologi 6(2): 279–85.

Seknun, M Faqih. 2013. “Strategi Pembelajaran.” Biosel: Biology Science and Education 2(2): 120.

Solekha, Fatma Niati; Noer, Sri Hastuti, Gunowibowo, Pentatito. 2020. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa.” Jurnal Pendidikan Matematika Unila 8: 274–82.

Syarvitra, Rina. 2022. “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION ( GI ) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS V SDN 018 HARAPAN TANI.” Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) 6: 969–75.

Tafonao, Talizaro. 2018. “Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa.” Jurnal Komunikasi Pendidikan 2(2): 103.

Tampubolon, S, M. 2014. “Penelitian Tindakan Kelas.” In Erlangga, , 103.

Telaumbanua, Aprianus, Oskah Dakhi, and Maria Magdalena Zagoto. 2021. “Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Modul Pada Mata Kuliah Praktek Kayu.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 5(2): 839–47.

Amah, L. A., Bano, V. O., & Ndjoeroemana, Y. 2023. “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI SATAP PULUPANJANG.” Jurnal Inovasi Penelitian 4(2): 167–77.

Ayu Desy N. Endah Lulup T P. & Suharsono Naswan. 2014. “Pengaruh Motivasi Belajar Dan Aktivitas Belajar Spiritual Hasil Belajar Akuntansi.” Jurnal Ekonomi 4(1): 4.

Ayuwanti, I. 2016. “MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE.” Jurnal SAP Vol . 1 No . 2 Desember 2016 ISSN : 2527-967X 1(2): 105–14.

Dimyati, Fitria Aris. 2022. “Penerapan Pembelajaran Inkuiri Dengan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Kemampuan Afektif Dan Kognitif Siswa Sekolah Dasar Pada Muatan IPA.” Jurnal PELITA 2(1): 7–15.

Eli, T. E., & Bano, V. O. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament ( TGT ) Berbantuan Media Poster Terhadap Hasil Belajar Siswa.” Journal (Biology Education, Sains and Technology) 6(2): 36–42.

Hapnita, Widia, Rijal Abdullah, Yualitas Gusmareta, & Fhmi Rizal. 2017. “Faktor Internal Dan Eksternal Yang Dominan Siswa Kelas Xi Teknik Gambar Bangunan Smk N 1 Padang Tahun 2016 / 2017.” Journal of Civil Engineering and Vocational Education 5(1): 1–8.

Hartoto, Tri. 2016. “Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (Gi) Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Sejarah.” Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah 4(2): 131.

Hazmiwati. 2018. “Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar IPA Siswa Kelas II Sekolah Dasar.” Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau 7(1): 178–84.

Jongu, Agustinus, & Vidriana Oktoviana Bano. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Poster Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Katolik Anda Luri Waingapu.” Jurnal Biologi dan Pembelajarannya (JB&P) 10(1): 25–36.

Lestari, Indah. 2015. “Pengaruh Waktu Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika.” Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 3(2): 115–25.

Mandasari, Gusti Tidar Jayanti. 2016. “Penggunaan Media Poster Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Kelas IV SD Inpres Bilonga Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa.” : 1–60. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/id/eprint/8012.

Moreno, L. 2018. “Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Pokok Bahasan Transformasi Geometris Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XII IPA-2 SMA Negeri 1 Kampar Timur Tahun Ajaran 2017/2018.” Jurnal Pendidikan Tambusai 2(3).

Nadiya, Nadiya, Haris Rosdianto, and Eka Murdani. 2016. “Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (Gi) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Gerak Lurus Kelas X.” JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika) 1(2): 49.

Nurkholis. 2013. “PENDIDIKAN DALAM UPAYA MEMAJUKAN TEKNOLOGI.” Jurnal kependidikan 1(1): 24–44.

Rahmadani, Wahida, Fauziyah Harahap, and Tumiur et al Gultom. 2017. “Analisis Faktor Kesulitan Belajar Biologi Siswa Materi Bioteknologi Di SMA Negeri Se-Kota Medan.” Jurnal Pendidikan Biologi 6(2): 279–85.

Seknun, M Faqih. 2013. “Strategi Pembelajaran.” Biosel: Biology Science and Education 2(2): 120.

Solekha, Fatma Niati; Noer, Sri Hastuti, Gunowibowo, Pentatito. 2020. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa.” Jurnal Pendidikan Matematika Unila 8: 274–82.

Syarvitra, Rina. 2022. “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION ( GI ) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS V SDN 018 HARAPAN TANI.” Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) 6: 969–75.

Tafonao, Talizaro. 2018. “Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa.” Jurnal Komunikasi Pendidikan 2(2): 103.

Tampubolon, S, M. 2014. “Penelitian Tindakan Kelas.” In Erlangga, , 103.

Telaumbanua, Aprianus, Oskah Dakhi, and Maria Magdalena Zagoto. 2021. “Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Modul Pada Mata Kuliah Praktek Kayu.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 5(2): 839–47.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v7i1.8463

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License