Pengaruh Media Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar (Kajian Literatur)

Yetty Rosmawati Pangaribuan, Winny Sunfriska Limbong, Asa'aro Laia, Anggraini Wulandari

Abstract


Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar terhadap kemampuan membaca siswa Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah kajian literature (Library Research). Sumber data pada penelitian ini adalah 9 penelitian terdahulu berupa jurnal yaitu terdiri dari 7 jurnal dengan jenis penelitian eksperimen dan 2 jenis penelitian tindakan kelas. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis oleh Miles dan Huberman dengan tiga tahapan yaitu Pengumpulan Data (Data Collection), Reduksi Data (Data Reduction), dan Penarikan Kesimpulan (Drawing Conclution).  Berdasarkan analisis data pada 8 jurnal eksperimen ditemukan bahwa Terdapat pengaruh yang positif penggunaan media pembelajaran Buku Cerita Bergambar terhadap kemampuan membaca siswa Sekolah Dasar. Pada 2 jurnal penelitian tindakan kelas ditemukan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada kemampuan membaca siswa setelah menggunakan media pembelajaran Buku Cerita Bergambar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif penggunaan media pembelajaran Buku Cerita Bergambar terhadap kemampuan membaca siswa Sekolah Dasar. Pengaruh positif tersebut tidak hanya terjadi pada kemampuan membaca siswa namun juga pada motivasi belajar siswa

Keywords


Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar; Kemampuan Membaca

Full Text:

PDF

References


Anwar, Chairul. 2017. Teori-Teori Pendidikan, Yogyakarta: IRCiSoD,

Apriatin, F. Ermiana, I., & Setiawan, H. (2021). PENGARUH BUKU CERITA BERGAMBAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III SDN GUGUS 04 KECAMATAN PUJUT.

Arikunto. Suharsimi, 2016. Manajemen Penelitian, Jakarta: PT. Rineka Cipta,

Arsyad. Azhar, 2017. Media Pembelajaran, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada,

Astuti, Yanuarita Widi Dan Ali Mustadi. 2014. “Pengaruh Pnggunaan Penggunaan Media Film Animasi Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siwsa Kelas V SD” Jurnal Prima Edukasi Vol. 2 No. 2.

Azhar, M. (2016). ELEMEN YANG PERLU DIPERHATIKAN GURU PADA SAAT MEMILIH MEDIA BERBASIS CETAKAN ATAU MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR UNTUK BAHAN MEDIA BELAJAR MENGAJAR . 85.

Burhan, J. (2008). KEMAMPUAN MEMBACA MERUPAKAN PERBUATAN YANG DILAKUKAN BERDASARKAN KERJASAMA BEBERAPA KETERAMPILAN, YAKNI MENGAMATI, MEMAHAMI DAN MEMIKIRKAN. DISAMPING ITU, MEMBACA ADALAH LAKU PENGURAIAN TULISAN, SUATU ANALISI BACAAN. 67.

Burns. (1996). MEMBACA SEBAGAI SUATU PROSES MERUPAKAN SEMUA KEGIATAN DAN TEKNIK YANG DITEMPUH OLEH PEMBACA YANG MENGARAH PADA TUJUAN MELALUI TAHAP-TAHAP TERTENTU. 6.

Dalman, 2017. Keterampilan Membaca , Jakarta: Rajawali Pers.

Ely, G. (2017). MEDIA MERUPAKAN MANUSIA, MATERI ATAU BEBERAPA KEJADIAN YANG MEMBANGUN KONDISI UNTUK DAPAT MEMBUAT SISWA MAMPU MEMPEROLEH PENGETAHUAN, KETERAMPILAN ATAU SIKAP.

Herawati. Siti, 2016. “Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Nyaring Dengan Pengunaan Media Gambar Pada Siswa Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Assa’adiyah Attahiriyah VII Tahun Ajaran 2015/2016” (Skripsi Fakultas Imu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Hidayah, Nurul. 2019. “Pendidikan Nilai-Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Disekolah Dasar” Jurnal Terampil Vol. 2 No. 2 Desember 2015 p- ISSN 2355-1925 Hidayah, Nurul Dan Diah Rizki Nur Kholifah, Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Di Sekolah Dasar (Yogyakarta: Pustaka Pranala.

Hidayah. Nurul,2016. Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi, Yogyakarta: Penerbit Garudhawaca.

Hidayah. Nurul. 2016., “Peningkatan Kemampuan Membaca Dengan Menggunakan Metode Struktur Analitik (SAS) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Peserta Didik Kelas II C Semester II Di MIN 6 Bandar Lampung. Jurnal Terampil Vol. 3 No. 1 (Juni 2016) P-ISSN 2355-1925

Ismawati, Esti dan Faraz Umaya, 2017. Belajar Bahasa Di Kelas Awal, Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Istova, Mika dan Tatat Hartati. 2016.“Pengaruh Media Film Animasi Fiksi Islami Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Dan Berbicara Siswa Sekolah Dasar” JPSD Vol. 2 No. 1, (Maret 2016) ISSN 2301-671X

Mardiyah. 2017. “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Pengembangan Materi Ajar Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, Vol. 4 No. (2 Oktober 2017) ISSN: 2580-8915

Nafi’ah. Siti Anisatun, 2018. Model-Model Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI, Yogyakarta: AR-Ruzz Media.

Ningsi. Suwarti, 2015. “Peningkatan Keterampilan Berbicara Melali Metode Bercerita Siswa Kelas III SD Negeri 1 Beringin Jaya Kecamatan Bumi Raya Kabupaten Morowali” Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 2 No. 4 ISSN 2354-614.

Nurgiyantoro. Burhan, 2016. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi, Yogyakarta: BPFE




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v6i2.8482

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License