Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Perubahan Wujud Benda Di Kelas V SD Swasta Bakti Luhur Medan

Robinson Hutagaol, Winny Sunfriska Limbong, Taruli Marito Silalahi, Septi Solianti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Metode Demonstrasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi perubahan wujud benda di kelas V SD Swasta Bakti Luhur Medan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Waktu penelitian dilakukan pada bulan oktober 2022. Populasi penelitian ialah seluruh siswa kelas V sebanyak 40 orang yang terdiri dari kelas A dan kelas B. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu test, documentasi dan observasi.  Analisis data dapat dibuktikan dari hasil analisis yang diperoleh dari Hasil Uji T untuk melihat pengaruh. Berdasarkan tabel Uji T nilai sig. (2-tailed) atau p – value = 0,001 < 0,005 atau H0 ditolak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran demonstrasi berpengaruh terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SD Swasta Bakti Luhur Medan

Keywords


Metode Demonstrasi; Hasil Belajar IPA

Full Text:

PDF

References


Amelia, L. & Munadi, T. N. (2014). “Penerapan Metode Demontrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Ulee Gle Pada Pelajaran Sains Materi Perubahan Wujud Benda”. Jurnal Tunas Bangsa, 1(1), 55-82.

Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ishak, M. I. B. Layn, R. A., Ahsan, M., & Dewi, S. S. (2019). “Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Konsep Perubahan Wujud Benda Melalui Metode Eksperimen pada Peserta Didik di Kelas V SDN No. 30 Inp”. Kaida Kecamatan Pamboang Kabupaten Majene. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(1), 13-22.

Khasanah, N. D, Effendy, U, & Laihat, l. 2018.”Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas III Pada Tema 3 Sub-tema 1 Perubahan Wujud Benda Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi di SD Negeri 16 Asam Kumbang Banyuasin”. (doctoral dissertation, sriwijaya university).

Nurhayati, N. 2018. “Penggunaan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Prestasi Memahami Perubahan Wujud Benda”. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 4(2), 1-6.

Pane, A. & Dasopang, M. D. (2017). “Belajar dan pembelajaran”. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333-352.

Pitaloka, D. 2019. “Peningkatan Hasil Belajar Ipa Materi Perubahan Wujud Benda Melalui Strategi Active Knowledge Sharing Dengan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas V Mi Ma'arif Dukuh Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. (Doctoral dissertation, Iain Salatiga). Siswa Kelas III SD Muhammadiyah 9

Putri, S. A. R. (2022). Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran Menyumblin

Malang. Ibtidaiyyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah, 1(1), 29-47

Rohmah, A. N. (2017). “Belajar dan Pembelajaran”. (Pendidikan Dasar). CENDEKIA, 9(02), 193-210.

Siswandri, S. 2018. “Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Tentang Perubahan Wujud Benda Bagi Siswa Kelas IV di SD Inpres 54 Makbusun Kabupaten Sorong”. Biolearning Journal, 5(2), 41-46.

Sugiyono, (2012), Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Penerbit Alfabeta, Bandung

Surbakti, R. G. S. B. (2021). “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Ipa di Kelas IV SD Negeri 040483 Payung Tahun Pelajaran 2020/2021” (Doctoral Dissertation, Universitas Quality Berastagi).




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v6i2.8489

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License