Hubungan Gaya Belajar Dengan Tingkat Prestasi Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara Angkatan Tahun 2013

Siska Anggreni Lubis, Mega Dwi Pertiwi, Saiful Saiful Batubara

Abstract


Strategi belajar yang menarik minat mahasiswa secara tidak langsung akan berpengaruh pada proses belajar . Selama mahasiswa mempunyai inisiatif sendiri dalam belajar, maka ia akan menunjukkan minat yang tinggi untuk belajar sehingga akan menghasilkan ketekunan dan ketertarikan dalam belajar. Hal tersebut juga akan mengarahkan mahasiswa untuk menentukan sendiri tipe belajar yang disukainya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan gaya belajar mahasiswa dengan tingat prestasi belajar dan pengaruh gaya belajar terhadap tingkat prestasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian analitik dengan metode cross sectional . Sampel pada penelitian ini berjumlah 87 responden yang diambil dengan metode simpel random sampling. Alat ukur yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan kuesioner . data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan sistem komputerisasi dan ditampilkan dalam bentuk presentasi. Hasil penelitian yang dilakukan dapat diperoleh bahwa mahasiswa menggunakan gaya belajar visual 21 responden (50,0%) mendapatkan IP sangat memuaskan dibandingkan mahasiswa yang menggunakan gaya belajar auditori  17 responden (70,8%) mendapatkan IP sangat memuaskan, dan kinestetik 12 responden (80,0%) mendapatkan IP sangat memuaskan.hasil uji chi-square yang dilakukan pada penelitianini didapatkan bahwa p=value 0,0000<dari pada p =0,05

Full Text:

PDF

References


Porter, B, D,. Hernacki, M,. 2013. Quantum Learning. Bandung: Kaifa Learning. Hal 109-122.

Lisiswanti, R,. 2014. The Relation Ship Learning Style and Student’s Achievement Of Lampung University Faculty Of Medicine. JUKE Unila. Vol (4): 6-11

Slameto,. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta. Hal 2-7, 54-63.

Basri, H,. 2015. Paradigma Baru Sistem Pembelajaran. Bandung. Pustaka Setia. Hal 51-60, 71-74.

Ghufron, N,. Risnawita, R,. 2012. Gaya Belajar Kajian Teoretik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Hal 4-13, 40-49.

Huda, M,. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Hal 287-288.

Sudjana, N,. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya. Hal 22-34.

Ahmadi, A,. Supriyono, W,. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. Hal 138-147.

Susila,. S. 2015. Metodologi Penelitian Cross Sectional. Klaten : BOSSSCRIPT.

Sundari,. 2009. Hubungan Tipe Belajar Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Program Ekstensi Fakultas Keperawatan Universitas Sumatera Utara. Skripsi. Medan : Fakultas Keperawatan Universitas Sumatera Utara.

Septiana, A,. 2012. Gambaran Gaya Belajar Dan Indeks Prestasi Mahasiswa Akademi Keperawatan sri Bunga Tanjung Dumai. Skripsi. Medan : Fakultas Keperawatan Universitas Sumatera Utara

Nurhidayah, R, E,. 2009. Learning Style Characteristic and Learning Outcomes Of Nursing Faculty Students Of University Of Sumatera Utara. Skripsi. Medan : Universitas Sumatera Utara.

Hardiansyah,. 2014. Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Kedokteran. Skripsi. Semarang : Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v1i2.853

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License