Pengaruh Model Cooperative Integrated Reading and Composition Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem di SMA Nurul Amaliyah Tanjung Morawa

Pandu Pandu Prabowo, Melissa Chaniago Chaniago

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan Model Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap hasil belajar siswa pada materi Ekosistem di SMA Nurul Amaliyah Tanjung Morawa. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 23 Maret sampai 21 Mei 2014. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (Quasi experiment) dengan populasi penelitian adalah seluruh siswa di kelas X SMA Swasta Nurul Amaliyah Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2013/2014 yang berjumlah 40 orang yang kemudian seluruh populasi dijadikan sampel keseluruhan (total sampling). Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar berupa pre- test dan post- test. Hasil belajar siswa yang menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition diperoleh nilai siswa yang tuntas sesuai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 70 adalah sebanyak 32 orang (80%) dan yang tidak tuntas sebanyak 8 orang (20%) dengan nilai rata- rata 77,95 dan standart deviasi 9,55. Hasil uji normalitas diperoleh Lo < Ltabel yaitu 0,1131 < 0,1401 dinyatakan bahwa data berdistribusi normal sedangkan hasil uji homogenitas diperoleh Fhitung < Ftabel = 1,1 < 1,71 dinyatakan data mempunyai varians yang sama atau homogen. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t diketahui rata- rata dari perbedaan pre test dengan post test adalah sebesar 15,45 dan jumlah kuadrat deviasi sebesar 2127,9 dengan nilai ini maka diperoleh thitung > ttabel atau 13,21 > 1,68 maka Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dinyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem

Full Text:

PDF

References


Al- Qur’an Al Karim Surah Al-Mujadilah 58 ayat 11

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

_______¬_. 2012. Dasar- dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi aksara.

Aryulina, Diah. 2007. Biologi 1 SMA dan MA untuk Kelas X. Jakarta: esis.

Awalani, Indikhiro. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Berbasis Komputer untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran TIK http://file.upi.edu/direktori/jurnal/pendidikan tik/ diakses pada tanggal 17 Maret 2014

Istarani. 2012. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Khairani, Makmun. 2013. Psikologi Belajar. Medan: Media Persada.

Muhammad, Rosyadi. 2010. Model Pembelajaran kooperatif Tipe CIRC http://matematikacerdas.wordpress.com/2010/01/28/modelpembelajaran kooperatif-tipe-circ/, diakses pada tanggal 13 Maret 2014

Munadi,Yudhi. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: GP Press Group.

Musfiqon. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Pratiwi, D, A.2007. Biologi untuk SMA Kelas X. Jakarta: Erlangga.

Sudjana. 2002. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Jakarta: Alfabeta.

Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran. Jogjakarta: Ar- Ruzz Media.

Suprijono, Agus. 2010. Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suyatno, Imam. 2009. Memahami Tindakan Pembelajaran. Bandung: PT. Retika Aditama.

Raharjo, Pranoto. 2012. Trik menulis Skripsi & Menghadapi Presentasi. Jogjakarta: Platinum.

Ruhimat, Toto. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali pers.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif- Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

http://www.artikellingkunganhidup.com/pengertian-polusi-dan-limbah.html




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v1i2.854

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License