Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (STAD) Dengan Bantuan LKPD Kuis Berbasis Games Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMA Negeri 2 Waingapu

Isda Bana Atasiwu, Yohana Makaborang, Riwa Rambu Hada Enda

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe (STAD) dengan bantuan LKPD kuis berbasis games terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 2 Waingapu. Jenis penlitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas XII MIPA2 (kelas kontrol) dan kelas XII MIPA3 (kelas eksperimen). Tahapan dalam penelitian ini terdiri dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Teknik dan instrumen pengambilan data dalam penelitian ini adalah wawancara, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah uji validitas dan reliabilitas, analisis deskriptif, uji nomalitas dan homogenitas, dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas kontrol 71,19 (pre-test) dan 79,36 (pos-test). Sedangkan pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata sebesar 76,52 (pre-test) dan 85.44 (pos-test). Hasil uji hipotesis paired sample t test dapat diperoleh nilai sig (2-tailed) yaitu 0,000 dengan tingkat signifikansi 0,05 sehingga nilai sig (2-tailed) < 0,05, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan bantuan LKPD kuis berbasis games berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi pembelahan sel kelas XII MIPA3 di SMA Negeri 2 Waingapu.


Keywords


Model Pembelajaran, STAD, LKPD Kuis, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Kristi, Lela Widya, Ashadi, & Nanik Dwi Nurhayati. (2013). Studi Komparasi Metode STAD Dan TGT Ditinjau Dari Memori Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Sub Pokok Bahasan Minyak Bumi Pada Siswa Kelas X SMA N 1 Teras Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia. 2(3)

Lubis, A. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dengan Metode Eksperimen Terhadap Keterampilan Proses Sain Dan Hasil Belajar Fisika Pada Siswa SMA Negeri 1 Labuapi Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(2). Mataram, Indonesia. Fkip Universitas Mataram.

Makaborang, Y. (2019). Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Biologi di SMA Negeri. Jurnal Manajemen Pendidikan. 6(2):130-145

Saadah, F., Y. & Susanti, Y., L. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII Mtsn 1 Jember. Indonesian Journal Of Mathematics And Natural Sciences Education. 2(1), 80-90.

Saputra, D., & Rafiqin, A. (2017:72). Pembuatan Aplikasi Game Kuis “Pontianak Punye” Berbasis Android. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 5(2), 71–84.

Sunhaji. (2014). Konsep Manajemen Kelas Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Kependidikan. 2(2): 30 – 46.

Suprijono, A. (2016). Cooperative Leaning Teori Dan Aplikasi Pembelajaran Aktif, Inofatif, Kreatif, Efektif, Dan Menyenangkan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Pasal 1 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Pasal 3 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v7i1.8554

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License