Pengaruh Media Powerpoint Berbasis Model Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Materi Virus Kelas X SMA Nurul Iman Tanjung Morawa

Nurhasnah Manurung, Dwi Menda Salsalina Sembiring

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan Model Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Materi Virus Kelas X SMA Nurul Iman Tanjung Morawa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Nurul Iman Tanjung Morawa pada bulan Agustus s/d Oktober 2017. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (Quasi experiment) dengan populasi penelitian adalah seluruh siswa di kelas X SMA Nurul Iman Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2017/2018 yang berjumlah 146 orang yang sebanyak 4 kelas, kemudian seluruh populasi dijadikan sampel keseluruhan (total sampling). Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar berupa pre- test dan post- test. Hasil belajar siswa yang menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition diperoleh nilai siswa yang tuntas sesuai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 70 adalah sebanyak 32 orang (80%) dan yang tidak tuntas sebanyak 8 orang (20%) dengan nilai rata- rata 77,95 dan standart deviasi 9,55. Hasil uji normalitas diperoleh Lo < Ltabel yaitu 0,1131 < 0,1401 dinyatakan bahwa data berdistribusi normal sedangkan hasil uji homogenitas diperoleh Fhitung < Ftabel = 1,1 < 1,71 dinyatakan data mempunyai varians yang sama atau homogen. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t diketahui rata- rata dari perbedaan pre test dengan post test adalah sebesar 15,45 dan jumlah kuadrat deviasi sebesar 2127,9 dengan nilai ini maka diperoleh thitung > ttabel atau 13,21 > 1,68 maka Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dinyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2016). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Daryanto. (2010). Belajar dan Mengajar. Bandung: YramaWidya.

Dimyanti dan Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah dan Zain. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Handayani,Husna F.(2013). Pembelajaran Berbasis Virtual Meningkatkan Berfikir Kritis dan Sikap Siswa kelas X Pada Materi Invertebrata Bandung:.Bandung: UPI Press.

Irnaningtyas. (2013). Biologi untuk SMA/MA :Jakarta : Erlangga

Purwanto.( 2009). EvaluasiHasilBelajar.Yogyakarta.PustakaPelajar.

Ngalimun.(2015). Staretegidan Model Pembelajaran.Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Nurhayati, Nunung (2012).Biologi Bilingual untuk SMA/MA Kelas X Jakarta.

Slameto.( 2013).BelajardanFaktor-Faktor yang Mempengaruhi.Jakart: Rineka Cipta.

Sudjana. (2009).Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Suprijono, Agus.(2012).Cooperative Learning.Yogyakarta :Pustaka Pelajar.

Surya, Mohamad. (2015). Strategi Kognitif dalam Proses Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Susilana dan Riyana. (2009). Media Pembelajaran. Bandung: Cv.Wacana prima.

Syah, Muhibbin. (2010). Pisikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Putra Grafika




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v1i2.856

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License