PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION DILENGKAPI LKPD TEKA-TEKI SILANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TABUNDUNG

Herlince Kula Andung

Abstract


Permasalahan yang ditemukan berdasarkan hasil wawancara dan observasi menunjukkan bahwa pada mata pelajaran IPA proses pembelajaran yang digunakan adalah Discovery Learning pada penerapan model ini proses pembelajaran kurang efektif karena kurangnya interaksi antara siswa dengan guru dan siswa dengan siswa. Selain itu juga siswa kurang terlibat dalam proses pembelajaran dan hanya menyimak apa yang dijelaskan oleh guru sehingga berpengaruh pada hasil belajar peserta didik. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Division dilengkapi LKPD teka-teki silang untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tabundung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas Sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan deskriptif Kuantitatif. Adapun tahapan dalam penelitian yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A sebnayak 20 orang siswa. Teknik dan instrument pengambilan data yang digunakan adalah tes, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian dapat dilihat dari nilai rata-rata prasiklus 47, 9%, siklus I 53, 4%, siklus II 79, 2%. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Student Team Achievement Division dilengkapi LKPD teka-teki silang berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tabundung.

 

Kata Kunci:  Model Pembelajaran: Student Team Achievement Divisio, LKPD Teka-Teki Silang, Pretest-Postest, Hasil Belajar

Keywords


Model STAD, LKPD,Teka-Teki Silang, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Artini, N. N. M. (2020:30). Pembelajaran Model STAD Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V SDN 39 Cakranegara. Jurnal Paedagogy, 3(1), 30-37.

Astuti, N. W. W. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Pada Siswa Kelas VIII SMP N 1 Sukawati. Social Studies, 5(1), 115- 121.

Badriyah, A. L. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Peserta Didik Kelas Iii Sdn 2 Sobontoro Boyolangu Tulungagung.

Dewiatmini, P. (2010:10). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika pada Pokok Bahasan Himpunan Siswa Kelas VII A SMP Negeri 14 Yogyakarta dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD). Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Dewi, S. K. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Berbantu Teka-teki Silang (tts) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Biologi Kelas Xi Di Sman 1 Singingi Tahun Ajaran 2018/2019.

Edriati, S., Handayani, S., & Sari, N. P. (2017). Penggunaan teka-teki silang sebagai sebagai strategi pengulangan dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa SMA kelas XI IPS. Jurnal Pelangi, 9(2).

Esminarto, E., Sukowati, S., Suryowati, N., & Anam, K. (2016). Implementasi model STAD dalam meningkatkan hasil belajar siwa. BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual, 1(1), 16-23.

Farida, F. (2015). Peningkatan Hasil Belajar IPA Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme di Kelas IV Sekolah Dasar. e- Journal Pembelajaran Inovasi, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1).

Habe, H., & Ahiruddin, A. (2017). Sistem Pendidikan Nasional. Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Bisnis, 2(1), 39-45.

Hali, F. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Division (Stad) Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Himpunan Siswa Kelas Vii 1 Smp Negeri 15 Kendari. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 6(2), 82-91.

Hazmiwati, H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 178-184.

Irianti, T. S. (2022:62). Upaya Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Ips Menggunakan Metode Teka-Teki Silang Pada Siswa Kelas Ix F Smp Negeri 1 Dayeuhluhur. Jurnal Insan Cendekia, 3(2), 60-71.

Kristyowati, R. (2018:283). Lembar Kerja peserta didik (LKPD) IPA sekolah dasar berorientasi lingkungan. In Prosiding Seminar dan Diskusi Pendidikan Dasar

Lestari & Yudhanegara (2018:45-46). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama

Magdalena, I., Annisa, M. N., Ragin, G., & Ishaq, A. R. (2021). Analisis penggunaan teknik pre-test dan post-test pada mata pelajaran matematika dalam keberhasilan evaluasi pembelajaran di sdn bojong 04. Nusantara, 3(2), 150-165.

Mahmudi et al., (2022). Taksonomi Hasil Belajar Menurut Benyamin S. Bloom. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(9), 3507-3514.

Makaborang, Y. (2019). Evaluasi implementasi kurikulum 2013 mata pelajaran biologi di SMA Negeri. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(2), 130-145.

Mansur, S. (2018:118). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Ekosistem di SMA Negeri 2 Maumere. Jurnal Al-Mutaaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 117-127.

Muis, D. U. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Stad (Student Teams Achievement Devision) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sma Muhammadiyah 1 Medan T.A 2016/2017. 1–14.

Nugroho, U., (2009). Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD berorientasi keterampilan proses. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 5(2).

Oktaviana, D., & Prihatin, I. (2018:82). Analisis hasil belajar siswa pada materi perbandingan berdasarkan ranah kognitif revisi taksonomi bloom. Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2), 81-88.

Pratiwi, V. L. P., Idrus, I., Yennita, Y., Irawati, S., Murniati, N., & Abas, A. (2021:245). Rancangan Perangkat Pembelajaran Dengan Media TTS Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Kelas VIII. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 241-249.

Risdiawati, Y. R. (2012). Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement divisions (STAD) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Imogiri tahun ajaran 2011/2012. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 1(2). Sari, A. R. (2023:26). Bab III Manfaat Pendidikan. Pengantar Pendidikan, 24.

Saftari, M., & Fajriah, N. (2019). Penilaian ranah afektif dalam bentuk penilaian skala sikap untuk menilai hasil belajar. Edutainment, 7(1), 71-81.

Suparmini, M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar. Journal of Education Action Research, 5(1), 67-73.

Syamsu, F. N., Rahmawati, I., & Suyitno, S. (2019:10). Keefektifan model pembelajaran stad terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang. International Journal of Elementary Education, 3(3), 344-350.

Sudana, & Wesnawa, (2017:3). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 1-8.

Simbolon, N. (2014:16). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar peserta didik. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 1(2).

Suardiana, I. M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Journal of Education Action Research, 5(3), 381-386.

Sudana, I. P. A., & Wesnawa, I. G. A. (2017). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 1-8.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v7i1.8564

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License