Aplikasi Probiotik Ikan yang Berbeda pada Kegiatan Budidaya Ikan Lele (Clarias gariepinus) di Desa Banyuajuh, Kamal, Bangkalan

Ridha Olnis Syawallita, Erika Noviyana Efendy, Muhammad Zainuri, Abdus Salam Junaedi

Abstract


Permasalahan efisiensi pakan di dunia perikanan adalah harga bahan dasar pakan yang semakin tinggi dan sukar diperoleh. Pemanfaatan probiotik komersil ini masih belum dapat meningkatkan nilai produktivitas dan angka produksi dari hasil kegiatan budidaya ikan yang diharapakan, salah satunya pada komoditas ikan lele (Clarias gariepinus). Oleh karena itu, inovasi baru sangat diperlukan untuk mengatasi masalah tersebut dengan mengedepankan prinsip ramah lingkungan yang dapat diterapkan kepada masyarakat. Perlunya penelitian terkait aplikasi formulasi probiotik ikan menjadi hal yang menarik untuk dikaji. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pembuatan probiotik ikan, parameter kualitas air, dan pertumbuhan (panjang dan bobot) mutlak ikan lele


 


Keywords


Bakteri, Ikan Lele, Probiotik

Full Text:

PDF

References


Anis, M.Y., dan Hariani, D. 2019. Pemberian Pakan Komersial dengan Penambahan EM4 (Effective Microorganisme 4) untuk Meningkatkan Laju Pertumbuhan Lele (Clarias gariepinus). Jurnal Riset Biologi dan Aplikasinya. 1(1): 1-8.

Ariwinata, W.R.R., Indah, W.A., dan Abdus, S.J. 2021. Kajian Kualitas Air dan Kualitas Daging Ikan Nila (Oreochromis niloticus) pada Perlakuan yang Berbeda dengan dan Tanpa Pemberian Probiotik. Juvenil. 2(3): 212-219

Atho’illah, M., Mara, D.F., Abdus, S.J. 2021. Uji Baku Mutu Probiotik Ikan Berbahan Dasar Air Limbah Cucian Garam, Kulit Bawang Putih (Allium sativum), dan Fermentasi Ekstrak Daun Kelor (Moringa oleifera). Indonesia Journal of Fisheries Science and Technology. 17(4): 240-246

Fatmariza, M., Inayati, N., dan Rohmi. (2017). Tingkat Kepadatan Media Nutrient Agar Terhadap Pertumbuhan Bakteri Staphylococcus Aureus. Jurnal Analis Medika Bio Sains, 4(2): 69-73.

Hapsari, N. 2008. Pengambilan Mineral Elektrolit dari Limbah Garam (bittern) untuk Suplemen Mineral Inonic pada Air Minum. Jurnal Teknik Kimia. 2(2): 141-146.

Indrawati, I., dan Fakhrudin, D.S. (2016). Isolasi dan Identifikasi Jamur Patogen pada Air Sumur dan Air Sungai di Pemukiman Warga Desa Karawangi, Cianjur, Jawa Barat. Jurnal Biodjati, 1(1): 27-38.

Iswanti, D. Nurhidayat, N. Trivadila. Nurjayati, A. 2011. Penentuan kinetika urikase dari sel Bacillus subtilis, Bacillus megaterium, dan B. cereus, Jurnal Ilmu Petanian Indonesia. 19 (2): 112-118.

Junaedi, A.S. 2017. Isolasi dan identifikasi bakteri endofit diazotrof pelarut fosfat penghasil hormon pertumbuhan indole acetic acid (IAA) dari akar tanaman tomat (Lycopersicon esculentum Miller var. tymoti). Tesis. Universitas Airlangga, Surabaya.

Junaedi, A.S., Fortunata, R., Harfaita, C.P.S., Witria, Muhammad, Z. 2020. Kualitas Daging Ikan Kurisi (Numipterus japonicus) Hasil Tangkapan Nelayan di pelabuhan Perikanan Branta, Pamekasan. Jurnal Perikanan Hasil Perikanan Indonesia. 23(2): 303-

Kailaku, S., Hidayat., dan Setiabudy, D.A. (2012). Pengaruh Kondisi Homogenisasi terhadap Karakteristik Fisik dan Mutu Santan Selama Penyimpanan. Jurnal Litri, 18(1): 31-39.

Laili, N.H., Indah, W.A., Abdus, S.J. 2022. Nilai Total Plate Count (TPC) DAN Jumlah Jenis Bakteri Air Limbah Cucian Garam (Bittern) dari Tambak Garam Desa Banyuajuh Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan. Juvenil. 3(1): 26-31.

Rosidah, U. (2016). Tepung Ampas Tahu sebagai Media Pertumbuhan Bakteri Serratia marcescens. (Skripsi) Semarang (ID): Universitas Muhammadiyah Semarang.

Tarigan, N., Firat, M., Gian, K.E., Desy, A.S., Denisius, U.P. 2019. Aplikasi probiotik untuk pertumbuhan ikan lele (Clarias batrachus) di Kelurahan Malimbi, Sumba Timur. Jurnal Mitra. 3(1): 50-5.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v7i1.8576

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License