Pengaruh Suhu Air Terhadap Perubahan Tingkah Laku Dan Metabolisme Pada Ikan Mas (Cyprinus carpio)

Resti Ikrana, Mira Wahyuni, Yassir Ni'ma Rangga Wiryawan, Helpi Tiana

Abstract


Pengaruh suhu yang berbeda dapat mempengaruhi proses metabolime dalam tubuh ikan mas. Parameter suhu yang digunakan yaitu suhu dingin, suhu ruang, dan suhu panas yang bertujuan untuk mengetahui pertahanan metabolisme ikan dan jumlah pembukaan operculum ikan mas (Cyprinus carpio). Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimental. Sampel ikan yang berjumlah 3 ekor ikan. Parameter yang diamati pertahanan metabolisme dan jumlah pergerakan pembukaan operculum ikan mas.  Hasil pada penelitian yang didapat yaitu pada suhu dingin 17-7ºC dengan jumlah 300 pergerakan operculum dengan perlakuan setiap 5 menit dalam 3 kali pengamatan. Lalu suhu ruang 26-27ºC dengan jumlah 1.205 pergerakan operculum dengan perlakuan setiap 5 menit dalam 3 kali pengamatan. Serta pada suhu panas 35-48 ºC  dengan jumlah 1.332 pergerakan operculum dengan perlakuan setiap 5 menit dalam 3 kali pengamatan. Kesimpulan penelitian ini yaitu  perlakuan suhu yang berbeda dengan suhu dingin, suhu ruang, dan suhu panas dengan parameter pembukaan operculum ikan mas. Pada suhu dingin 17-14 ºC pembukaan operculum pada ikan mas melambat karena proses biokimia dan aktivitas fisik ikan cenderung melambat, respons terhapat lingkungan yang dingin seperti penurunan tingkat metabolisme. Untuk suhu ruang 26-27 ºC pembukaan operkulum stabil karena suhu dalam kisaran normal serta kondisi lingkungan yang sesuai untuk pertumbuhan, dan proses metabolime dalam tubuh ikan mas yang normal.dan juga pada suhu panas kisaran 35-48ºC pembukaan operculum menjadi lebih cepat karena tingkat metabolisme nya meningkat secara signifikan, percepatan denyut jantung dan gerakan operculum untuk meningkatkan pertukaran oksigen yang diperlukan pada suhu tinggi, kemungkinan regulasi suhu tubuh ikan mas merespons terhadap suhu yang tinggi.

Keywords


Ikan Mas, Metabolisme, Operculum, Suhu

Full Text:

PDF

References


A’tourrohman, M. 2019. Termoregulasi, Respirasi Dan Osmoregulasi Pada Ikan Mas (Cyprinus carpio). Jurnal Praktikum Fisiologi Hewan

Azwar, M., Emiyarti., dan Yusnaini. 2016.Critical Thermal dari Ikan Zebrasoma scopas yang Berasal dari Perairan Pulau Hoga Kabupaten Wakatobi. Jurnal Sapa Laut 1 (2): 60-66.

Dewi, N.L.G.P, Yuni, L.P.E.K., & Suaskara, I.B.M. 2020. Aktivitas harian kadal Eutropis multifasciata pada Habitat Kebun di Daratan Rendah di Desa Pegguyangan, Denpasar-Bali. Jurnal Biologi Udayana 24(2): 107-114.

Fajar, M. T. I. (2021). Pengaruh perubahan suhu terhadap tingkah laku ikan mas (Cyprinus carpio). Jurnal Penelitian, 5(1).

Nasution, D. Y., Hasibuan, N. W., Nasution, R. M., & Ramadhani, F. 2023. Pengaruh Perubahan Suhu Panas Media Air Terhadap Membuka Dan Menutup Operkulum Pada Ikan Mas. Journal Scientific Of Mandalika (JSM), 4(2): 141-145.

Putri J, D.S., Abulias, M.N., dan Bhagawati, D. 2014. Studi Kekerabatan Ikan Familia Cyprinidae yang Tertangkap di Sungai Serayu Kabupaten Banyumas. Scripta Biologica 1 (2): 129-135.

Ridwantara, D., Buwono, I.D., dan Handaka S, A.A. 2019.Uji Kelangsungan Hidup dan Pertumbuhan Benih Ikan Mas Mantap (Cyprinus carpio) pada Rentang Suhu yang Berbeda. Jurnal Perikanan dan Kelautan 10 (1): 46-54.

Rousdy, D.W. & Linda, R. 2018. Hematologi Perbandingan Hewan Vertebrata: Lele (Clarias batracus), Katak (Rana sp.), Kadal (Eutropis multifasciata), Merpati (Columba livia) dan Mencit (Mus musculus). Bioma 7 (1): 1-13.

Syafar, L.A., Mahasri, G. dan Rantam, F.A. 2017. Blood Description, Parasite Infestation and Survival Rate of Carp (Cyprinus carpio) Which is Exposed by Spore Protein Myxobolus koi on Rearing Pond as Immunostimulan Material. Jurnal Biosains Pascasarjana 19 (2017): 158-179.

Zainuri, M. (2019). Rekayasa dan Tingkah Laku Ikan. ke-1. Madura (ID): UTMPress.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v7i1.8577

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License