Pengembangan LKPD Sistem Pencernaan Terintegrasi Nilai Keislaman untuk Siswa Kelas VIII MTS N2 Lampung Timur

Dwi Ayu Rahmawati, Nasrul Hakim

Abstract


Bahan ajar hendaknya memudahkan pemahaman siswa terhadap bahan pelajaran. Permasalahan  yang dialami siswa di sekolah adalah bahan pelajaran yang ada hanya berupa LKS. Penelitian semacam ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima langkah atau tahapan: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Ini adalah bagian dari penelitian metode R&D (pengembangan). Partisipan dalam penelitian ini adalah para pengajar dan siswa IPA di VIII MTS N 2 Lampung Timur. pembuatan LKS terintegrasi untuk siswa kelas VIII MTS N 2 Lampung Timur yang memasukkan prinsip-prinsip Islam ke dalam pembelajaran sistem pencernaan manusia dapat disimpulkan bahwa dari hasil validasi ahli materi sebesar 89% dengan kategori sangat layak dan hasil akhir ahli media 87% berada pada kategori layak, dan kemudian layak untuk pengujian dan akuisisi. Hasil respon guru dan siswa sebesar 90,60% dan 92,20%, hasil sangat baik dan layak digunakan sebagai sumber materi pendidikan misalnya. siswa semester ganjil kelas VIII MTS/SMP  pada kurikulum merdeka.


Keywords


Lembar Kerja; Keislaman; Sistem Pencernaan

Full Text:

PDF

References


Achmad, G. H., Ratnasari, D., Amin, A., Yuliani, E., & Liandara, N. (2022). Penilaian Autentik pada Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5685–5699.

Ariani, D., & Meutiawati, I. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Discovery Learning Pada Materi Kalor Di Smp. Jurnal Phi; Jurnal Pendidikan Fisika Dan Fisika Terapan, 1(1)(13). https://doi.org/10. 22373/p-jpft.v1i1.6477

Arsanti. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius bagi Mahasiswa Prodi PBSI, FKIP, UNNISULA,”. 79.

Astuti Astuti. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Kelas VII SMP/MTs Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(No. 2).

Ataji, H. M. K., Sujarwanta, A., & Muhfahroyin, M. (2022). “Pengembangan Modul Materi Virus Terintegrasi Nilai-nilai Keislaman Berbasis E-Learning dan QR Code". Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 6 (2).

Bidayah, I. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa Melalui Pendekatan Keterampilan Proses. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(2), 107–114. https://doi.org/10.31949/educatio.v5i2.21

Dzulfiqar, A. F. (2018). Pengembangan bahan ajar dan media pembelajaran menggunakan aplikasi android dalam meningkatkan efektifitas belajar pendidikan agama islam kelas x sekolah menengah atas negeri 3 kota mojokerto.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. doi.org/10.31219/osf.io/ujmte

Khikmiyah, F. (2021). Implementasi Web Live Worksheet Berbasis Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1–12. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v6i1.1193

Khuzairi, A. M. F., dkk. (2022). E-Modul Biologi Terintegrasi Keilmuan Islam Berbasis Android. Al-Ahya. Jurnal Pendidikan Biologi, 4(No. 2).

Mukti, Fitri, Connie Connie, dan R. M. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA Sint Carolus Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 1(03), 57–63. https://doi.org/10.33369/jkf.1.3.57-63

Nata, I. K. W., & Putra, D. K. N. S. (2021). Media Pembelajaran Multimedia Interaktif pada Muatan IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 227. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.32726

Neneng Khoirunnisa Dan Aris Singgih Budiarso. (2021). Pengaruh Lkpd Berbasis Gambar Proses Terhadap Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Krtis Siswa Kelas Viii Pada Materi Cahaya. Jurnal Pendidikan MIPA Dan MIPA, 23(02), 42.

Nuryani, Pupun, Yunus Abidin, and Y. T. H. (2019). “Model Pedagogik Multiliterasi Dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Abad Ke-21.” EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 11(2), 117–26. doi: 10.17509/eh.v11i2.18821.

Pangestu, D.A., & Rochmat, S. (2021). Filosofi merdeka belajar berdasarkan perspektif pendiri bangsa. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 78–92. doi.org/10.24832/jpnk.v6i1.1823

Putri, J. A., Winarni, E. W., Yani, A. P., Karyadi, B., & Setiawan, I. (2022). Pengembagan Lkpd Berbasis Literasi Sains Pada Materi Nutrisi Kelas Viii. Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains, 3(1), 49–56.

Rahmawati, L. H., & Wulandari, S. S. (2020). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Scientific Approach Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Semester Genap Kelas X OTKP di SMK Negeri 1 Jombang. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 504–515. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n3.p504-515

Rhesa Meisya Ariana Dkk. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis PROJECT BASED LEARNING Pada Materi Pencemaran Air Di SMP Pontianak. Jurnal Education And Development, 10(No. 2).

Rini, T. A., & Solehah, F. P. (2023). Development of E-Module for Online Training Minimum Competency Assessment for Elementary School Teacher. Proceedings of the International Conference on Information Technology and Education (ICITE 2021), 609(Icite), 214–219. https://doi.org/10.2991/assehr.k.211210.037

Siregar, Nazliah, Hasibuan, Julyanti, & M, S. (2021). Manajemen Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Pada SMA Labuhan Batu. Jurnal Educational and Development, 9 (2), 285–290.

Widiyanti, A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar E-LKPD Menggunakan Live Worksheet Pada Materi Bangun Datar Kelas IV Sekolah Dasar. Eprints UMM, 20.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v7i1.8614

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License