Hubungan Perilaku Masyarakat Tentang Kebersihan Lingkungan Dengan Tingkat Kejadian DBD Di Desa Baku Kecamatan Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang Tahun 2023

Hengki Frengki Manullang, Adi Arianto, Antonij Edimarta Sitanggang

Abstract


Penyakit demam berdarah dengue (DBD) ditemukan hampir seluruh belahan dunia terutama di negara-negara tropic dan subtropic. Kejadian demam berdarah telah meningkat secara dramatis diseluruh dunia dalam beberapa dekade terakhir. Sebagian besar kasus tidak menunjukkan gejala dan karenanya jumlah aktual kasusdengue tidak dilaporkan dan banyak kasus salah diklasifikasikan satu perkiraan menunjukkan 390 juta infeksi dengue per tahun (interval kredibel 284-528), dimana 96 juta  (67-136 juta) bermanifestasi secara klinis. Penelitian ini bertujuan Untuk mengidentifikasi “Hubungan Perilaku Masyarakat Tentang Kebersihan Lingkungan Dengan Tingkat Kejadian DBD di Desa Baru Kec.Pancur Batu Kab. Delitua tahun 2023”. penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan kuantitatif, yaitu identik dengan data numerik yang bersifat objektif. Penelitian Kuantitatif merupakan jenis penelitian yang menemukan data penemuan dengan prosedur statistik secara terukur. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Baru Kecamatan Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang”. Hasil uji statistic chi square yang di lalukan diperoleh angka signifikan atau nilai p (value=0,002) jauh lebih rendah dari standart signifikan dari 0,05 atau menunjukkan bahwa ada hubungan antara sikap masyarakat dengan kejadian DBD bermakna (p < a). maka dari hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa adanya hubungan antara sikap masyarakat dengan DBD di Desa Baru Kec.Pancur Batu, Kab. Deli Serdang Tahun 2023

Keywords


perilaku masyarakat, kebersihan lingkungan, DBD

Full Text:

PDF

References


Airmadidi,dinas kesehatan provinsi sulawesi utara 2019. data kasus demam berdarah manado kanjohe, J, R, Kaunang, P., & scekon, S. A.(2017).Hubungan pengetahuan an sikap dengan tindakan masyarakat dalam pemberantasan sarang nyamuk (PSN). Aeedes Aegypti di kelurahan girian permai kota bitung.KESMAS, 6(4).

Kemeskes , 2019.demam berdarah dengue (DBD) diakses (online) dari http//www.depkes.go.id/development/site/depkes/index.php?cid=demam-berdarah-dengue-dbd-html.

Munawir, (2018).pengaruh lingkungan fisik dan perilaku masyarakat terhadap kejadian demam berdarah dengue di wilayah kerja puskesmas kota juang kabupaten bireun aceh tahun 2017.

Misdiarly. 2019.Demam berdarah dengue(DBD) (2end).jakarta:pustaka obor populer

Notoatmodjo,s.(2018).Promosi kesehatan dan perilaku kesehatan .jakarta: rineka cipta.Novrita,B.,Mutahar ,R.,,& purnamasari , I(2017). Analis faktor resiko kejadian demam berdarah dengue di wilayah kerja puskesmas celikah kabupaten organ kamering Ilir . jurnal ilmu kesehatan masyarakat ,8,19-27. Profil kesehatan serdang bedagai tahun 2017.

Puskesmas p.p.(2018).data sekunder puskesmas plus perbaungan.

Rahmawati,p.&muljohardjono,H.(2016) mening of liliness dalam perspektif komunikasi kesehatan dan islam jurnal komunikasi islam,06.

Sari,D.M..sarumpaet S.M&H isnawati.(2018).determinan kejadian demam berdarah dengue(DBD)di kecamatan Medan tembung jurnal kesehatan pena medika,8(1),9-25.

Sari,U.W.P(2018).hubungan faktor lingkungan dan perilaku dengan kejadian demam berdarah dengue di wilayah kerja puskesmas klagenserut.stikes bakti husada mulia madiun.

WHO(2017). Dengue and sevee dengue. tersedia pada :

Antonius,W.K.2005. Kebijakan Pemberantasan Wabah Penyakit Menular.Kasus Kejadian Luar Biasa Demam Berdarah Dengue(KLB DBD).Available from : http:/www.theindonesianistitute.com

Arman,E.P.2005. Faktor Lingkungan dn Perilaku Kesehatan yang Berhubungan dengan Endemisitas Demam Berdarah Dengue.Surabaya.

Mochammadi,N.,Rosmanida,dan Yotopranoto,S.2002.Analisis Densitas Aedes aegypti pada Daerah EndemisDemam Berdarah di Kecamatan Sawahan Kotamadya Surabay. Jurnal Penelitian Medika Eksakta 3(3) :242-252.

Nuidja,N..Sudarmanto,G.dan Hadi,C,M.1997. Pengaruh Jenis Tempat Penyimpanan air untuk Tieta Terhadap Kepadatan Larva Aedes aegypti. Dep.Kes.Pendidikan Ahli Madya Sanitasi dan Kesehatan Lingkungan Denpasar.

Ririh,Y.,dan Anny,V.2005.Hubungan Kondisi Lingkungan , Kontainer, dan Perilaku Masyarakat dengan Keberadaan Jentik Nyamuk Aedes aegypti di Daerah Endemis Demam Berdarah Dengue Surabaya, Jurnal Kesehatan Llingkungan 1(2);170-182.

Saniambara,N.,Effendi,A.,dan Ndoen,E.2003.Penyakit yang Ditularkan oleh Nyamuk di NTT.

Soegijanto,S.2004.Demam Berdarah Dengue.Surabaya : Airlangga University Press




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v6i2.8623

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License