Pengembangan Media Audio visual Berbasis Aplikasi Canva Materi Sistem Respirasi

Fitri Agustina Lubis, Iskandar Safri, Aslamiyah Rambe, Muhammad Adrian

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan apakah materi audio visual untuk konten sistem respirasi dapat diproduksi menggunakan aplikasi Canva. Model pengembangan Research and Development (R&D) digunakan dalam metodologi penelitian. Peneliti menggunakan validasi guru, validasi ahli, validasi ahli materi, uji coba penggunaan siswa, dan validasi ahli media untuk melakukan penelitian dan merancang materi audio visual pendidikan respirasi. Sepuluh langkah diuraikan dalam Prosedur Pengembangan Borg & Gall untuk menerapkan inisiatif penelitian dan pengembangan (Hamzah, 2019). Materi audio visual biologi yang mencakup sistem pernapasan, serta modul digital yang dibuat menggunakan aplikasi Canva untuk pembelajaran. Siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Padangsidimpuan menjadi sasaran sasaran sumber pendidikan ini. Kuesioner mengenai kelayakan media merupakan alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif dengan satu variabel yaitu kualitas media audio visual biologi materi sistem respirasi. Hasil penelitian menunjukkan skor validasi ahli materi sebesar 96,25% dengan kriteria “sangat valid”, skor validasi ahli media sebesar 91,25% dengan kriteria “sangat valid”, dan skor respon siswa sebesar 97,4. % dengan kriteria “sangat baik”. Hal ini menunjukkan keefektifan peneliti dalam menciptakan materi edukasi audio visual tentang sistem respirasi berbasis aplikasi Canva. Kelayakan penggunaan sumber audio visual berbasis Canva untuk biologi kelas VII dan 11 di SMP Negeri 11 untuk mengajarkan materi sistem respirasi di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP).


Keywords


Pengembangan, Media, Berbasis, Aplikasi, Canva

Full Text:

PDF

References


Fitri Agustina. 2019. Pengembangan Modul Berorientasi Predict, Observe, Explain (Poe) Pada Materi Virus Terhadap Kognitif Siswa (2019) Jurnal Biolokus P-ISSN: 2621-3702 Vol: 2 No.2 Juli.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung. Alfabeta

Andi Prastowo. 2011 Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif . Diva Press hlm.327. Yoyakarta

Azhar Arsyad. 2009. Media Pembelajaran. Raja grafindo Perkasa hlm 32. Jakarta

Daryanto. 2013. Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. : Gava Media hlm 52. Yogyakarta.

Rusman, D. K., & Cepi, R. 2015. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Mengembangkan Profesionalitas Guru. Rajawali Pers.

Hamzah, A. 2019. Metode Penelitian & Pengembangan-Research & Development Uji Produk Kuantitatif dan Kualitatif Proses dan Hasil. CV. Literasi Nusantara Abadi

Sudaryono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Edisi Pertama. Kencana.Pribadi, B. A. Media dan teknologi dalam pembelajaran. Kencana. Jakarta.

Hernadito Medika Putra1, Sebastianus Widanarto Prijowuntato. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Pada Kompetensi Dasar Jurnal Penyesuaian Di Smk Negeri 1 Godean Kelas X 2. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Akuntansi, Vol. 15, No.1.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v7i1.8702

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License