Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together Berbantuan Media Video Dilengkapi LKPD Crossword Puzzle Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VIII Di SMP Katolik Anda Luri

Getrudis Melansia Panda, Anita Tamu Ina, Audrey Louise Makatita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendekatan pembelajaran numbered head together (NHT) yang dikombinasikan dengan media video yang menampilkan teka-teki silang LKPD dapat mempengaruhi hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Katolik Anda Luri. Jenis penelitian merupakan penelitian eksperimen. Terdiri dari dua kelas: kelas eksperimen dan kelas kontrol. Tahapan penelitian: persiapan, pelaksanaan, dan penyelesaian. Sampel untuk penelitian ini terdiri dari 28 siswa kelas VIII A, yang merupakan kelas kontrol, dan 28 siswa kelas VIII E, yang merupakan kelas eksperimen. Teknik dan instrumen pengambilan data yang digunakan adalah tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas dan reliabilitas, analisis deskriptif, uji normalitas dan homogenitas, pengujian hipotesis yaitu uji parametrik (Uji-T sampel dependent) mengunakan SPSS. Hasil penelitian dapat dilihat dari perbandingan nilai rata-rata kelas kontrol 48,93 (pretest), 63,86 (posttest) dan kelas eksperimen nilai rata-rata yang peroleh 60,00 (pretest), 83,57 (posttest). Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji dependent sample t test yang memiliki nilai Asymp. Sig (2-tailed) 0,000 artinya nilai tersebut < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran numbered head together berbantuan media video dilengkapi LKPD crossword puzzle berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VIII E yang merupakan kelas eksperimen di SMP Katolik Anda Luri.


Keywords


Kata Kunci : Model Pembelajaran Numbered Head Together; Video, Crossword Puzzle, Hasil Belajar

References


Angraini, T. W. P., Rahmi, R., & Delyana, H. (2019:54). Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Disertai Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Teka-Teki Silang Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 5(1), 54.

Budiyono. (2017). Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan. Surakarta: UNS Press.

Hau, E. M., Vidriana, O. B., & Riwa, R. H. E. (2023:90). Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Umbu Ratu Nggay. Jurnal Inovasi Penelitian (JIP). 4(1), 89-98.

Imam, Hairul., Hikmawati., Kosim., & Muhammad Taufik. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Sanggar Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT). 8. 58-66.

Kistian, A. (2018:71). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Kelas IV SDN 4 Banda Aceh. Jurnal Genta Mulia. IX (2). 71-82.

Margono, S. (2010:106). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurhayani, E. 2015. Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1-10.

Rusman. (2012:220). Model-model Pembelajaran. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Slamet, R & Wahyuningsih, Sri. (2022:53). Validitas Dan Reliabilitas Terhadap Instrumen Kepuasan Kerja. Jurnal Manajemen & Bisnis Aliansi, 17 (2), 51-58.

Sudjana, N. (2006:22). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2015:114-208). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Susanto, H., Irmawati., Helmi, A., Ersis, W. A. (2021:68). Media Film Dokumenter dan Pengaruhnya Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 9(1), 65-78.

Widiastuti, E., & Sagoro, E. M. (2017:41). Pengembangan Crossword Puzzle Accounting (CPA) Berbasis Elektronik sebagai Media Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 15(1), 40-53.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v7i1.8737

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License