Analisis Resiko Kesehatan Lingkungan Dampak Jangka Panjang Paparan Arsen, Timbal dan Mangan Di Daerah Zona Merah Gunung Sinabung Yang Sudah Di Tempati Kembali

Sri Wahyuni, Martalena Br S Kembaren

Abstract


Belum pernah dilakukan pengukuran ARKL dari logam berat lain selain Pb dari sayuran dan air yang di konsumsi di masyarakat sekitar zona merah gunung sinabung maka perlu untuk dilakukan penelitian lebih lanjut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan disain penelitian cross sectional. Penelitian ini dilakukan di 2 desa yang bedasa di zona merah di sekitar gunung sinabung yang telah di tempati kembali pasca erupsi Desa Simacem dan Desa Bekerah, Kec. Naman Teran. Dalam penelitian ini terdapat 2 jenis sampel yaitu sampel subjek dan sampel objek, sampel subjek penelitian adalah 60 masyarakat sampel objek penelitian adalah 4 titik sumber air besih dan 4 titik sumber sayuran metode analisis menggunakan spektophotometer.hasil penelitian ini adalah Konsentrasi logam As, Pb dan Mn pada sayuran dan minuman tidak ada yang melebihi nilai ambang batas dan masih terkategori aman. Terdapat risiko kesehatan karsinogen akibat pajanan As pada air yaitu sebanyak 39 (65%) responden dari 60 responden. Tidak terdapat risiko karsinogen akibat pajanan As, Pb dan Mn sayuran dan Pb dan Mn air. Rendahnya kadar logam As, Pb dan Mn pada sayuran dan air di Desa Simacem dan Desa Bekerah Kec. Naman Teran dikarenakan desa tersebut berlawan arah dari arah erupsi gunung sinabung yaitu ke arah timur. Logam As, Pb dan Mn yang ada di Desa tersebut diprediksi sebagaian besar berasal dari aktifitas pertanian dan sebagian kecil dari alami dari alam sendiri


Keywords


Rebusan Buah Pepaya, Meningkatkan Produksi ASI, Ibu Menyusui

Full Text:

PDF

References


ATSDR, U. (2007). Toxicological Profile. US Department of Health and Human Service.

Cahyady, Boby., Taufik, Muhammad & Suharman. (2021) Analisis Kadar Arsen (As) pada Sayur Kubis Hijau (Brassica oleracea L.) Pasca Erupsi Gunung Sinabung. Alchemy: Journal Of Chemistry, 9 : 1 (2021) 32-36.

Indirawati, Malem, Sri., Sembiring, Heasti. (2020). Jarak Sumber Air Baku Air Minum dari Pusat Erupsi dan Risiko Kesehatan Masyarakat di Wilayah Pasca Erupsi Sinabung. JKLI. Jurnal Kesehatan Lingkungan Indonesia. 19 (2), 2020, 103 – 110.

Islamiati Dian (2019) Analisis Risiko Kesehatan Lingkungan Kandungan Arsen Pada Beras Di Desa Batu Ampar Kecamatan Sirah Pulau Padang Universitas Sriwijaya.

Liono, Velia,Viona., Joseph, B.S.Woodford., Maddusa, Seprianto, Sri., (2022) Analisis Risiko Kesehatan Lingkungan Paparan Logam Berat Arsen (As) pada Masyarakat Sekitar Sungai yang Mengonsumsi Ikan Nilem (Ostoechillus Vittatus) dari Sungai Desa Bakan Kecamatan Lolayan Kabupaten Bolaang Mongondow. Jurnal KESMAS, Vol. 11, No. 2. Februari 2022.

Muzani, Setiawan, Cahyadi & Warnadi. (2020). Gunung Api Sinabung. Metaphor. Jakarta.

Nisaa Fatihatun Nur (2023) Hubungan Antara Kadar Kontaminan Arsen Pada Air Minum Bersumber Dari Air Sumur Dengan Kejadian Gagal Ginjal Kronis: Literature Review Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta.

Nursafitri, Fira., (2021) Analisis Risiko Kesehatan Lingkungan Paparan Arsen Pada Masyarakat Melalui Konsumsi Cabai Di Desa Tanjung Pering, Ogan Ilir, Universitas Sriwijaya.

Panjaitan, Rezeki, Sri, Bintang. (2019). Analisis kandungan timbal (Pb) pada sayuran yang terpapar abu vulkanik gunung Sinabung. Jurnal Berita Kedokteran Masyarakat. Vol 35, No 4 (2019.

Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 32 Tahun 2017 Tentang Standar Baku Mutu Kesehatan Lingkungan dan Persyaratan Kesehatan Air untuk Keperluan Higiene Sanitasi, Kolam Renang, Solus Per Aqua, dan Pemandian Umum.

Rahman, Abdur., (2005). Analisis Risiko Kesehatan Lingkungan. Universitas Indonesia. Jakarta.

Standar Nasional Indonesia (SNI) No. 7383:2009 tentang Batas Maksimum Cemaran Logam Berat dalam Pangan.

Sudaryo, Sutjipto. (2009). “Identifikasi dan penentuan logam pada tanah vulkanik didaerah Cangkringan Kabupaten Sleman dengan metode analisis aktivasi neutron cepat,” Seminar nasional V SDM teknologi nuklir. Yogyakarta.

Sutawijaya, Adrian & Zulfahmi, Zulfahmi. (2013). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Investasi Swasta di Indonesia. TRIKONOMIKA. 12. 32. 10.23969/trikonomika.v12i1.455.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v6i2.8754

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License