Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tindakan Masyarakat Dalam Membuang Sampah Di Taman Lapangan Merdeka Kota Pematang Siantar

Nur Masdalifah, Eka SR Sihombing, Riada M Pasaribu, Mahyudi Pratama Saragih

Abstract


Sampah adalah problematika yang sangat terbesar  yang harus di tangani karena sangat berdampak bagi kesehatan manusia, jumlah sampah yang di produksi semakin meningkat ini di karenakan penduduk yang semakin bertambah dan tidak sadar akan pentingnya menjaga kesehatan lingkungan, Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan tindakan masyarakat dalam membuang sampah di taman lapangan merdeka Kota Pematang Siantar. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif bersifat Survey analitik dengan Desain Cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini 112 dan sampel 52 responden, sampel ini diambil menggunakan teknik random sampling. Dianalisis menggunakan uji Chi-square. Hasil penelitian menunjukan bahwa  ada hubungan antara faktor pengetahuan dengan tindakan dalam membuang sampah sampah (0,007<0,05), ada hubungan antara tingkat pendidikan dengan tindakan dalam membuang sampah (0,004<0,05), ada hubungan antara faktor sikap dengan tindakan dalam membuang sampah sampah (0,024<0,05) dan hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan antara faktor ketersediaan sarana dengan tindakan dalam membuang sampah sampah (0,002<0,05), dengan hasil yang di dapatkan dari penelitian disarankan kepada pemerintah setempat untuk mensosialisasikan kepada masyarakat dan memotivasi untuk tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga lingkungan  setempat dikarenakan dengan lingkungan yang bersih maka akan bersih pula pemikiran dan kesehatan kita terjaga dari banyaknya dampak sampah yang sangat berbahaya. Untuk peneliti selanjutnya diharapakan  untuk melihat tentang cara penangulangan sampah dilingkungan  taman Kota Pematang Siantar sudah efektif atau belum.

Keywords


Tindakan, Pengetahuan, Tingkat Pendidikan, Sikap, Ketersediaan Sarana

Full Text:

PDF

References


Azwar, A. 2015. Pengantar Ilmu Lingkungan (Revisi). Jakarta : Mutiara Sumber Widya

Aminah, C.S., (2016). Evaluasi Pengelolaan Tempat Pembuangan Akhir (Studi Kasus TPA Ikhulung Kabupaten Aceh Barat Daya). Magister Ilmu Lingkungan Program Pascasarjana Universitas Diponegoro Semarang.

Astina, N., Fauzan, A., & Rahman, E. (2020). Faktor-faktor yang berhubungan dengan Perilaku Masyarakat dalam Membuang Sampah Rumah Tangga ke Sungai di Desa Pamarangan Kanan Kabupaten Tabalong Tahun 2019. Medical Technology and Public Health Journal, 4(2), 181–190.

Budioro, and Joko Wiyono. (2017). Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Perilaku Membuang Sampah Pada Siswa SMP Sriwedari Malang." Nursing News: Jurnal Ilmiah Keperawatan (2017).

Damayanti, A. (2017). Analisis Faktor Predisposisi Yang Berhubungan Dengan Perilaku Masyarakat Dalam Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) Di RW 004 Kelurahan Nambangan Kidul Kecamatan Manguharjo Kota Madiun Tahun 2017. Sekolah Tinggi Kesehatan Bhakti Husada Madiun.

Dan, S., Ibu, P., Sehat, J., Rw, D. I., Sukajaya, K., Jinan, R. R., & Dewi, W. (2021). Wilayah Kerja Puskesmas Pembangunan Tahun 2020.

Adventus,N (2020). Hubungan pengetahuan dan pendidikan terhadap perilaku ibu rumah tangga dalam mengelola sampah rumah tangga di dusun sigempol Desa Randusanga Kulon Kecamatan Brebes. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Intan, S. (2019). Hubungan Sikap dan pengetahuan masyarakat dengan Pengelolaan Sampah di Desa Sei Semayang Kecamatan Sunggal tahun 2019. FKM Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK). 2021. Jakarta: Pusat data dan Informasi KLHK RI.

Kesehatan, J., Vol, L., Market, A., Number, I., Market, S. V., Square, C., Pasar, F. P., Vektor, P., Badung, K., Desa, P., Sembung, A., Jurusan, M., Lingkungan, K., Denpasar, P., Jurusan, D., Lingkungan, K., & Denpasar, P. (2020). di Pasar Desa Adat Sembung Tahun 2020. 10(2), 108–115.

Luh, N., Padmita, P., & Marwati, N. M. (2019). Hubungan tingkat pengetahuan dan keberadaan tempat sampah dengan tindakan ibu rumah tangga dalam pemilahan sampah. Jurnal Kesehatan Lingkungan, 9(2), 161–170.

Mahdi. M.I. 2022. Mayoritas Sampah Indonesia Berasal dari Rumah Tangga. https://dataindonesia.id/ragam/detail/mayo ritas-sampah-indonesia-berasal-dari-ruma h-tangga. Diakses tanggal 5 April 2023.

Mahlil. (2021). Hubungan Sikap dan pengetahuan masyarakat dengan Pengelolaan Sampah di Desa Sei Semayang Kecamatan Sunggal tahun 2019. FKM Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Meutia, N. 2022. Evaluasi Terhadap Pengelolaan Sampah Dalam Meningkatkan Pelayanan Aset Di Kota Pematangsiantar. Jurnal Kesehatan. Volume 13, No. 3, Oktober 2015, 240-254.

Mukono. H. J. (2018). Analisis kesehatan lingkungan akibat pemanasan global dan perubahan iklim.Surabaya. Airlangga University Press




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v7i1.8847

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License