Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Dalam Kitab Taisirul Kholaq Pada Santri Ma’had Darul Karomah Karanggeger Pajarakan Probolinggo

M Ahsan Al Ahdafilla, Kustiana Arisanti, Ibnul Arobi

Abstract


Internalisasi nilai-nilai karakter yaitu proses penanaman dan pengembangan nilai-nilai karakter ke pada diri seseorang sehingga menjadi bagian dari pikiran, sikap, dan tingkah laku, dan membangun kesadaran diri untuk menerapkan nilai-nilai tersebut. Di era zaman sekarang menunutut ilmu agama di sekolah kurang cukup untuk menjadi pondasi akhlak yang baik dan salah satu cara berakhlak yang baik yaitu menunutut ilmu di dalam pondok atau asrama sebagai tambahan ilmu agama untuk menjadi pribadi berakhlak yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan nilai-nilai karakter yang terdapat dalam kitab Taysirul Kholaq dan  meng implementasikan nilai nilai yang terdapat  dalam kitab taysirul kholaq pada santri ma'had darul karomah. Jenis penelitian ini yaitu memakai penelitian kualitatif, Peneliti memakai salah satu tradisi penelitian yaitu dengan menggunakan studi kasus untuk mengumpulkan data di sertai wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian  ini menunjukan nilai-nilai karakter yang terkandung di dalam Kitab Taysirul Kholaq sangat mempengaruhi perubahan diri menjadi akhlak yang baik. Strategi internalisasi nilai-nilai karakter yang dipelajari dari kitab tersebut di implementasiakan secara keseluruhan dalam proses pembelajaran yang menggunakan strategi pendekatan deduktif

Keywords


Internalisasi, Taisirul Kholaq

Full Text:

PDF

References


Abdullah munir (2010). Pendidikan Karakter Membangun Karakter Anak Sejak Dari Rumah,(Yogyakarta: Pustaka Insan Madani)

Abu Ali Akhmad Al-Miskawaih (1994) Tahdhib Al-Akhlak, diterjemahkan oleh Helmi Hidayat dengan judul, Menuju Kesempurnaan Akhlak, (Bandung: Mizan)

Akhmad asyari (2022). Pembinaan akhlak mahumudah di sekolah dasar : metode, kendala dan solusi. El midad Journal PGMI. Vol 14 No 1

Al-Baihaqi, Ahmad bin al-Husain bin Ali bin Musa Abu bakar. 1994 M/ 1414 H. Sunan al- Baihaqi al-Kubrā, Juz 10. Mekkah al-Mukarramah: Maktabah Där al-Baz.

Amin, A. (1993). Etika: Ilmu Akhlak. Jakarta: Bulan Bintang

Aulia rahmat (2021) Internalisasi nilai nilai akhlak melalui pentas drama di MIS Al istiqomah aceh besar. Journal of primarry education : Vol.2.No.2 (2021)

Cholies, F. R. N. (2021). Analisis Framing pesan akhlak mazmumah dalam Film Parasite. (Undergraduate Thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya. Digital Library UIN Sunan Ampel.

Fitri fatimatuzahroh (2019). Upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaranakidah akhlak melalui metode lectures vary. Jurnal penelitian pendidikan islam. Vol.7 No.1. 2019

Helmy juliansyah (2022) Hubungan antara akhlak dangan soft skill siswa di SMA Negeri 1 Kota Bogor. Vol. 4 No 2 2022

Husna Nashihin. (2017). Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Pesantren, Semarang: Formaci. Cet. Ke-1.

Imam mashuri (2021). Internalisasi nilai nilai akhlak islam dalam membentuk karakter siswa SMA Al Kautsar sumbersari srono Banyuwangi. Ar risalah : Media keislaman, Pendidikan dan hukum islam. Vol. XIX. No 1 2021

Netty Hartati (2004), Islam dan Psikologi, (Jakarta: Raja Grafindo Persada)

Nuril Ahsin (2022). Penerapaan Kitab Taysirul Kholaq Dalam Membina Akhlak Siswa Di MTs Hidayatul Sholihin Kab. Kediri. At Ta’dib Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol. 3. No 1. 2022

Saifulhaq inaku (2020). Pendidikan karakter berbasis akhlaq. E junal irfani. Vol 16 No . 2020

Salamah Eka Susanti (2022). Pendidikan karakter dalam membangun kecerdasan moral bagi anak usia dini persepektif Thomas lickona. Trilogi: Jurnal ilmu teknologi, Kesehatan, dan humaniora, 3 (1) 2022

Shaik abdullah hassan mydin (2022). Peranan akhlak dalam kehidupan tinjauan wacana akhlak islam. Jurnal islam dan masyarakat kontemporari : 21(1):38-54)

Sri wahyuningsih (2013). Metode penelitian studi kasus, (Bangkalan : UTM Press)

Tengku sarina Aini (2021). Pedagogi berasasakan pendekatan induktif dan deduktif : praktis dalam pendidikan kewangan islam. Online jurnal of islamic management and finance. Vol 1. No 1. 2021




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v7i1.8880

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License