Komunikasi Pembangunan Dalam Pendidikan Ditinjau Dari Perspektif Islam

Irma Yusriani Simamora, Latifah Wulandari, Manita Rahma Hasibuan, Try Akmal Hidayat, Fauzi Sirait, Aldi Ramadani Gulo

Abstract


Persoalan perbaikan komunikasi harus terus dipusatkan, karena perjalanan kehidupan terus berjalan, dan setiap orang harus benar-benar sejahtera, serta menemukan keharmonisan dunia lain, agar kehidupan di dunia nyaman, dan terlaksananya da’ yang mendalam. wah latihannya lebih ideal. Setiap bangsa, baik negara maju, negara berkembang, maupun negara terbelakang, tetap menjadikan program pembangunan sebagai agenda utama. Dengan membangun validitas maka kehidupan dapat ditingkatkan, baik dari segi material maupun non material. Dari sinilah konsep-konsep pembangunan selalu dikomunikasikan sehingga menghasilkan apa yang disebut dengan komunikasi pembangunan. Saat ini ia banyak memanfaatkan komunikasi luas, karena media ini dianggap layak. Sederhananya, komunikasi yang efektif terjadi apabila pesan yang ingin disampaikan oleh komunikator atau pengkhotbah dan pesan yang ditangkap dan diterima oleh komunikan atau mad’u mempunyai keterkaitan yang erat. Kelangsungan korespondensi terkait erat dengan tujuan korespondensi, biasanya kita mengantisipasi setidaknya satu hasil sebagai tujuan korespondensi. Korespondensi juga digunakan dalam bidang pendidikan dan memegang peranan penting dalam pendidikan, termasuk kemampuan administratif, kemampuan ini pertama-tama melalui pemberitahuan dan pengendalian terlebih dahulu serta latihan persuasif. Pengawasan dan pengendalian ini dapat dilakukan untuk kegiatan preventif terhadap hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya pemberian risiko pengobatan yang disampaikan melalui komunikasi yang luas dan ditujukan kepada pelajar dan lebih luas lagi di tingkat daerah. Selain itu, ada 6 bagian yang harus dimanfaatkan dalam persekolahan yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain, yaitu: sumber, komunikator (encoder), pesan (knead), komunikan (decoder), media (channel), dampak. (hasil)

Keywords


Komunikasi Pembangunan, Pendidikan, Perspektif Islam

Full Text:

PDF

References


Astuti. (2020). Jurnal Pendidikan Tambusai Jurnal Pendidikan Tambusai. 4, 105–114.

Dhona, H. R., Rianto, P., Hermawan, A., Afifi, S., Prastya, R. N. M., DKN, I. N., Hariyanti, P., Setiadi, A. A. F., & Tanjung, S. (2022). Islam dalam Studi Komunikasi. https://communication.uii.ac.id/wp-content/uploads/2022/07/Islam-dalam-Studi-Komunikasi-ISBN.pdf

Ginda Harahap. (2018). Konsep Komunikasi Pendidikan Dalam Perspektif Al-Qur’an. Jurnal Dakwah Risalah, 29, 143–160.

Hafizen. (2022). Strategi Komunikasi Pembangunan dan Pemberdayaan Komunitas Penghayat Kepercayaan di Kabupaten Kulonprogo. MAUIZOH: Jurnal Ilmu Dakwah Dan Komunikasi, 7(2), 145–162.

Hendra, T., & Siti Saputri. (2020). Korelasi Antara Komunikasi dan Pendidikan. Ishlah: Jurnal Ilmu Ushuluddin, Adab Dan Dakwah, 2(1), 51–63.

Iman Sulaiman, A. (2018). KOMUNIKASI PEMBANGUNAN MELALUI PROGRAM PEMBERDAYAAN SEBAGAI MATERI PEMBELAJARAN DI PESANTREN Development Communication Program through Empowerment as a Learning Material in the Participants. 16(2), 286–296.

Koswara, I. (2018). Revitalisasi Pembangunan Pendidikan Melalui Pendekatan Komunikasi Pendidikan. Jurnal Agregasi : Aksi Reformasi Government Dalam Demokrasi, 6(1).

Miftakhuddin. (2019). Realitas Komunikasi Pembangunan Dalam Aktivitasdakwah. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2, 1–15.

Miftakhuddin. (2022). Dakwah dalam Perspektif Komunikasi Pembangunan Miftakhuddin STAI Luqman al Hakim Surabaya. An-Nida’: Jurnal Prodi Komunikasi Penyiaran Islam, 10(1), 119–138.

Rusli. (2022). Perkembangan Komunikasi Pembangunan Islam. Jurnal Al-Fikrah, 9(1), 1–14.

Samsudin, M. (2019). Pendidik Dalam Perspektif Islam. Alashriyyah, 5(2), 22.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v7i1.8883

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License