Potensi Budidaya Bawang Merah Organik Dan Produksi Benih Di Kabupaten Tapanuli Selatan

Rasmita Adelina, Sriwinaty Harahap, Zakia Nasution, Erwin Syah Lubis, Asrul Sipahutar

Abstract


Bimbingan Teknis Tematik Food state Pertanian terpadu adalah kegiatan kolaborasi yang senantiasa berlanjut dan berkesinambungan antara tim pengabdian masyarakat Universitas Graha Nusantara Prodi Magister Agroteknologi dan Fakultas Pertanian dengan Dinas Pertanian Kab.Tapanuli Selatan. Saat ini topik bimbingan teknis yang dicanangkan  adalah Potensi  Budidaya Bawang Merah Organik dan  Produksi Benih di Kabupaten Tapanuli Selatan.   Peserta bimtek adalah para penyuluh pertanian lapangan (PPL)  dan kelompok – kelomok  tani yang telah terbentuk pada masing-masing kecamatan.    Kegiatan bimtek ini, bersifat edukasi dengan tujuan untuk membekali  para tenaga PPL dan petani yang tergabung dalam kelompok -kelompok tani tentang perlunya pengembangan potensi budidaya tanaman bawang merah secara organik dan bertujuan untuk produksi benih. Dikarenakan selama ini, budidaya bawang merah yang telah dilakukan bertujuan untuk konsumsi dan produksi benih berupa umbi bawang merah.  Topik ini tentunya sejalan dengan pentingnya solusi bagi petani dalam menghadapi  kelangkaan dan mahalnya pupuk anorganik sampai saat ini.  Selain itu dalam rangka pencapaian pertanian yang berkelanjutan salah satunya adalah dengan menggalakkan pertanian organik.  Budidaya bawang merah yang bertujuan untuk produksi benih, juga menjadi salah satu alternatif bagi petani unutk mendapatkan keuntungan yang lebih besar, sehingga akan bisa meningkatkan taraf hidup para petani bawang merah di Kabupaten Tapanuli Selatan. Teknik pelaksanaan bimtek ini, dilakukan secara langsung oleh Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Graha Nusantara sebagai narasumber dan didampingi oleh tim dari Dinas Pertanian Kabupaten Tapanuli Selatan. Lokasi pelaksanaan bimtek di kecamatan tang berada di bawah naungan Kabupaten Tapanuli Selatan seperti Kec. Angkola Timur, Sipirok, Arse dan lainnya

Keywords


Bimbingan Teknis, Food state, Benih, Bawang Merah, Pertanian Organik

Full Text:

PDF

References


Adelina, R., Suliansyah, I., Syarif, A., Warnita. 2021. Sulfate Ammonium Fertilizer On The Off-Season Production Of Snake Fruit (Salacca sumatrana Becc.). Biotropia- The Southeast Asian Journal of Tropical Biology, 28(2).

Adelina, R. Suliansyah, I. Syarif, A., Warnita. 2020. Macronutrient Content of Leaves at Snake fruit : Effect of Ammonium Sulphate Fertilization. International Journal of Scientific & Technology Research Vol9, Issue 03, March.

Adelina, R., Harahap, S., Amnah, R. and Nasution, Y., 2023. Bimbingan Teknis Kelompok Tani Pembuatan Mikroorganisme Lokal (MOL) Dan Pupuk Organik Cair (POC) Di Kota Padangsidimpuan. BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology), 6(2), pp.373-379.

Atman. 2021. Teknologi Budidaya Bawang Merah Asal Biji (Shallot Cultivation Technology from True Shallot Seed). Jurnsal Sains Agro Vol. 6 No1. 2021. Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Muara Bungo

Pebriasis,Y.,D., Widyastuti, D.R.A., Kushendarto dan Yelli, F. 2023. Pengaruh Jenis Bahan Organik Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Dua Varietas Bawang Merah. Jurnal balitbangda.lampungprov.go.id./P-ISSN 2354-7504 E-ISSN 2622-190XAgustus 2023.

Pujiati, Primiani N, Marhenny L. 2017. Budidaya Bawang Merah Pada Lahan Sempit. Prodi Pend Biologi, FKIP, UNIPMA. Madiun

Setiawan,F.2021.Apa itu Food Estate. https://dppp.bangkaselatankab.go.id/post/detail/110- apa-itu-food-estate. Diakses 03/12/2023.

Syarief, A., 2023. Budidaya Bawang Merah : Kombinasi Kimia dan Organik Membuahkan Hasil Baik. Mitra Bertani. https://mitrabertani.com/artikel/detail/.

Syarif, A., 2021. Sulfate Ammonium Fertilizer On The Off-Season Production Of Snake Fruit (Salacca sumatrana Becc.). Biotropia-The Southeast Asian Journal of Tropical Biology, 28(2).




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v7i1.8889

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License