Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru RA Melalui Kegiatan Workshop

Siti Rohmah, Irma Yuliantina

Abstract


Penelitian ini termasuk pada jenis penelitian pre eksperimental design. Dimana penelitian dilakukan pada sekelompok guru yang mendapat perlakukan berupa kegiatan workshop. Adapun bentuk desain yang di gunakan dalam penelitian ini adalah One Group Pretest Posttest Design, dimana sebelum dilakukan kegiatan perlakuan peserta lebih dahulu diberi tes awal (pretest) dan setelah mengikuti perlakuan akan dites kembali dengan soal tes yang sama sebagai tes akhir ( posttest). Penelitian di lakukan pada guru-guru anggota PD IGRA Kabupaten Rokan Hulu yang mengikuti kegiatan workshop sebanyak 89 orang guru. Dari Hasil analisis data pretests dan posttest maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan workshop dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru RA. Berikut rincian hasil pretest 41,6 % pada level faham, 39% pada level dasar dan 19,4% pada level menengah, mumpuni dan ahli, menjadi 30% pada level  faham, 37,5% pada level dasar dan 32.% pada level menengah, mumpuni dan ahli. Berkurangnya kompetensi pedagogik guru RA dari 41,6% pada level dasar menjadi 30% pada level dasar, dan naiknya kompetensi pedagogik guru RA dari 19.4% pada level menengah, mumpuni dan ahli menjadi 32% menunjukkan peningkatan kompetensi pedagogik guru RA.


Keywords


Kompetensi; Pedagogik; Guru RA; Workshop

Full Text:

PDF

References


Akbar, A. (2021). Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 23.

Ananda, R. (2019). PROFESI KEGURUAN Perspektif Sains dan Islam (A. Avia (ed.); Desember 2). PT RajaGrafindo Persada, Depok.

Ciptaningtyas;et al. (2020). Metode Pelatihan dan Persistensi Berpengaruh terhadap Kompetensi Pedagogik Guru PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 686.

Dirjend GTK. (2023). Peraturan Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 2626 Tahun 2023. Model Kompetensi Guru.

Hartanti, A. S., & Yuniarsih, T. (2018). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(1), 167.

Illahi, N. (2020). Peranan Guru Profesional Dalam Peningkatan Prestasi Siswa Dan Mutu Pendidikan Di Era Milenial. Jurnal Asy-Syukriyyah, 21(1), 1–20.

Indrawan, I. ; et al. (2020). Profesionalisme Guru dan Tenaga Kependidikan PAUD dan PNF (Pertama :2). CV. Pena Persada. penerbit.penapersada@gmail.com

Khairani;, Anggraini, D., Rahmanita, U., Jumanti, O., Wijati, M., & Lestari, V. L. (2020). Problematika Kompetensi Di Kalangan Guru Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD ) di Indonesia. 87–63.

Khairani. (2020). Workshop Peningkatan Kemampuan Guru dalam Penyusunan RPP Khairani*. 2(3), 403–415.

Lestari, V. E. (2023). PENINGKATAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG DENGAN MEDIA VIRTUAL AUGMENTED REALITY ( AR ) PADA SISWA KELAS V SD KARTIKA NASIONAL PLUS SURABAYA. 3(3), 506–511.

Martias, L. D. (2021). STATISTIKA DESKRIPTIF SEBAGAI KUMPULAN INFORMASI. 16(1), 40–59.

Prayitno, R. (2019). PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENGALAMAN MENGAJAR TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PADA MATA PELAJARAN IPS DI SD SEKECAMATAN BUNTU BATU KABUPATEN ENREKANG. UPT PERPUSTAKAAN UNM, 2.

Rahmawati, H. (2022). Peran Kompetensi Pedagogik Guru Fiqih Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus di Kelas VIII MTs Sabilul Muttaqin Margoagung Sumberrejo Bojonegoro). 2(1), 9–40.

Saputra, H. D., Purwanto, W., Setiawan, D., Fernandez, D., & Putra, R. (2022). HASIL BELAJAR MAHASISWA : ANALISIS BUTIR SOAL TES pembelajaran sebagai upaya meningkatkan hasil belajar mahasiswa . Efektivitas. 20, 15–27.

Sari, N. I., Jakarta, U. N., Wajdi, F., Jakarta, U. N., Narulita, S., & Jakarta, U. N. (2018). Peningkatan Spiritualitas melalui Wisata Religi di Makam Keramat Kwitang Jakarta. 14(1), 44–58.

Sulila, H., Badu, S. Q., Djafri, N., & Lamatenggo, N. (2023). Pendidikan dan pelatihan kompetensi manajerial guru (N. Nopu (ed.)). PENERBIT TANAH AIR BETA.

Utiarahman, T. B. (2019). MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MELALUI PELATIHAN BERJENJANG. 215–222.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v7i1.8907

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License