PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI MAN 2 PAJARAKAN PROBOLINGGO

Nurul Harifah, Ahmad Khumaidi, Nur Fatimah

Abstract


Pendidikan hanyalah salah satu bidang yang dipengaruhi oleh meluasnya modernitas. Saat ini, tingkat pengetahuan dan kecerdasan seseorang tidak ada hubungannya dengan nilai pendidikannya. Karakter seseorang hanya dapat diubah melalui pendidikan, oleh karena itu pendidikan patut mendapat perhatian penuh. Menerapkan dan menanamkannya sejak usia muda sangatlah penting. Kehadiran kegiatan keagamaan di sekolah berpotensi mempengaruhi kepribadian siswa, namun dalam kadar yang berbeda-beda. Sekolah ini mempunyai visi dan misi mengenai pengembangan kecerdasan beragama melalui partisipasi dalam acara keagamaan. Tujuan dari penelitian ini antara lain :1) Untuk mendeskripsikan proses pembentukan karakter religius siswa melalui kegiatan keagamaan di MA Negeri 2 Probolinggo, 2) Untuk mengetahui hasil dari pembentukan karakter religius siswa melalui kegiatan keagamaan di MA Negeri 2 Probolinggo. Penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif-kualitatif berdasarkan desain penelitian lapangan, dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan pencatatan, untuk mengkaji bagaimana aktivitas keagamaan siswa membentuk karakter religiusnya. Siswa kelas X, kelas XI, dan kelas XII, serta kepala MA Negri 2 Probolinggo, guru pendidikan agama Islam, dan guru mata pelajaran umum semuanya menjadi peserta penelitian ini. Beberapa metode yang digunakan dalam analisis data antara lain reduksi data, penyajian/penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah, 1) proses pembentukan kecerdasan religius siswa melalui kegiatan keagamaan di MA Negri 2 Probolinggo dilakukan dengan beberapa tahapan. 2) hasil pembentukan kecerdasan religius siswa melalui kegiatan keagamaan di MA Negri 2 Probolinggo .


Keywords


pembentukan kecerdasan,kegiatan keagamaan

Full Text:

PDF

References


Abdul dan Diana Andayani Majid, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi Konsep Dan Implementasi Kurikulum 2004 (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2004) Hal. 112 - 113.

Choridatul Faza Arifa, "Strategi Pembentukan Karakter Religius Di SD Negeri Wonokerto Malang", Skripsi, (UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 2017), Hal 16

Fatmah Nirra, Pembentukan Karakter Dalam Pendidikan, Vol. 29, 2018, Hal. 374 - 376.

Hasib Nur Muhammad, Pembentukan Karakter Religius Melalui Kegiatan Keagamaan Di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Batu, 2020, Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Kementrian Agama Republik Indonesia, Al - Qur’an Al - Karim Dan Terjemahannya (Surabaya: Halim publishing dan distributing) Hal 173.

Moeloeng Lexy J., Metode Penelitian Kualitatif (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2000), Hal 4.

Muchlason Achmad, "Pola Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran IPS Di SMAN Grati Pasuruan" Skripsi (UIN Malik Maulana Ibrahim Malang, 2019), Hal. 20.

Muhammad Alim, Pendidikan Agama Islam : Upaya Pembentukan Dan Kepribadian Muslim (Bandung: Rosda Karya, 2006), Hal 138

Sahlan H. Asmaun, Problematika & Solusi Pendidikan Agama Islam Di Sekolah, (Malang : UIN Maliki Press, 2013), Hal 67 - 68.

Tsani Ali Farkhan, ‘Nabi Diutus Untuk Memperbaiki Akhlak Manusia’ https://minanews.net/nabi-diutus-untuk-memperbaiki-akhlak-manusia/ Diakses Pada 10/12/23 Pukul 7:25.

‘Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional’.

Zulkarnain, Transformasi Nilai - Nilai Pendidikan Islam (Bengkulu: Pustaka Belajar, 2018), Hal. 28




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v7i1.8922

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License