Implementasi PKM Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa SMAS Melati Hamparan Perak Melalui Penerapan Model Pembelajaran PBL Generasi Z

Nudia Yultisa, Conny Conny, Ummi Umara, Eka Rahmadanta Sitepu, Maulidya Rahmah, Rahmad Setia Budi

Abstract


Generasi Z memiliki sifat dan karakteristik yang sangat berbeda dengan generasi sebelumnya. Generasi ini dilabeli sebagai generasi yang minim batasan (boundary-less generation). Ryan Jenkins (2017) dalam artikelnya berjudul “Four Reasons Generation Z will be the Most Different Generation” misalnya menyatakan bahwa Generasi Z memiliki harapan, preferensi, dan perspektif kerja yang berbeda serta dinilai menantang bagi organisasi. Tujuan dari penelitian ini untuk mendapatkan hasil kegiatan PKM Dosen dalam Implementasi PKM Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa SMAS Melati Hamparan Perak Melalui Penerapan Model Pembelajaran PBL Generasi Z.. Nilai rerata prestasi belajar siswa mencapai 69,35 masih berada di bawah nilai KKM=70. Demikian pula ketuntasan secara klasikal baru mencapai 80,94% masih berada di bawah target 85%. Oleh karena itu, penelitian ini dilanjutkan pada siklus II. Setelah diimplementasikan model PBL yang telah disempurnakan sesuai dengan hasil refleksi siklus I, hasil yang dicapai pada siklus II meningkat dibandingkan dengan siklus I. nilai rerata prestasi belajar bahasa Inggris siswa mencapai 72,85 dan ketuntasan secara klasikal juga meningkat mencapai 89,57%. Bila dibandingkan dengan kriteria keberhasilan penelitian, maka hasil yang dicapai dalam siklus II sudah melampaui target, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL berhasil meningkatkan prestasi belajar bahasa Inggris siswa XII IPS-2 SMAS Melati Hamparan Perak semester 1 tahun pelajaran 2023/2024

Keywords


Hasil Belajar, Bahasa Inggris, Model PBL, Generasi Z

Full Text:

PDF

References


Dianti Purwaningsih, N. M., & Widana, I. W. (2017). Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar matematika dengan mengontrol bakat numerik siswa. Emasains, 6(2). pp. 153-159. ISSN 2302-2124.

Dwi, I. M., H. Arif, dan K. Sento. (2013). Pengaruh strategi problem based learning berbasis ICT terhadap permahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 9(8), hal. 8-17.

Ertmer, Pegg, A. (2014). The Grand Challenge: Helping Teachers Learn/ Teach Cutting-Edge Science via a PBL Approach Interdisciplinary. Journal of Problem-Based Learning, 8(1), hal. 8-20.

Juliana, D. G., Widana, I. W., & Sumandya, I. W. (2017). Hubungan motivasi berprestasi, kebiasaan belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Emasains, 6(1). pp. 40-60. ISSN 2302-2124.

Martimis, Yamin. (2012). Desain baru pembelajaran kontruktivistik. Jakarta: Ciputat Mega Mall.

Newman, Mark J. (2005). Problem based learning: an introduction and over- view of the key features of the approach. Journal of Veterinary, 3(1), pp. 12-20.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 ten- tang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Ramli. (2011). Hasil belajar bahasa inggris dan keterampilan guru dalam mengajar. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA 12(1), hh. 68-85.

Rusman. (2016). Model Pembelajaran menggembangkan profesional guru.

Depok: PT. Raya Gratindo Persada.

Suprihatiningrum, Jamil. (2013). Strategi pembelajaran: Teori & aplikasi.

Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v7i1.8927

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License