Pengaruh Usia Dan Pengalaman Kerja Terhadap Prestasi Kerja Panen Kelapa Sawit (Elaeis guineensis Jacq.) Di Afdeling III Dan IV Kebun Adolina PT Perkebunan Nusantara IV

Hamzah Manurung, Safri Safri, Saroha Manurung

Abstract


Pengukuran prestasi kerja panen kelapa sawit di lapangan perlu dilakukan untuk mengetahui tolak ukur prestasi kerja yang telah dicapai. Faktor penentu prestasi kerja perlu diketahui sebab menentukan bentuk kebijakan yang dapat dilakukan perusahaan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh Usia dan Pengalaman Kerja terhadap Prestasi Kerja Panen Kelapa Sawit. Penelitian ini dilaksanakan di Kebun Adolina PT Perkebunan Nusantara IV pada Afdeling III dan IV. Waktu penelitian dilakukan pada bulan Maret 2023. Penelitian ini menggunakan Metode Deskriptif Kuantitatif yaitu data-data yang terkumpul dalam penelitian ini di uji dengan menggunakan analisis statistik. Penelitian ini terdiri dari sampel karyawan yang berjumlah 30 karyawan panen. Sampel yang diambil dengan menggunakan Teknik quota purposive sampling yaitu peneliti menggunakan pertimbangan sendiri secara sengaja dalam memilih anggota populasi. Penelitian menunjukkan bahwa pengaruh usia dan pengalaman kerja terhadap prestasi kerja panen kelapa sawit (Elaeis guineensis Jacq.) di Afdeling III dan IV Kebun Adolina PT Perkebunan Nusantara IV berpengaruh signifikan pada tahun 2021 dengan nilai Sig 0,019 dan 0,024 pada tahun 2022 dengan nilai Sig 0,023 dan 0,036 dengan korelasi sedang dan korelasi rendah terhadap prestasi kerja panen kelapa sawit

Keywords


Usia, Pengalaman Kerja, Prestasi Kerja

Full Text:

PDF

References


Gardner, F. P., R.B. Pearce, dan R.L. Mitchell. 1991. Fisiologi tanaman budidaya. Universitas Indonesia Press.

Hariandi, D., Ekawati, F., Suliansyah, I. 2023. Pengaruh Frekuensi Penyiangan Gulma dan Panjang Tunggul Terhadap Pertumbuhan Tanaman Padi Salibu. J. Pertanian Agros. Vol.25(4):3865-2870.

Hariandi, D., Setiawan, R.B., Rizki, K. 2023. Efikasi Herbisida Isopropil Amina Glifosat 165 SL Terhadap Pengendalian Gulma Pada Budi Daya Kelapa. J. Riset Perkebunan. Vol.4(2):95-104.

Murdianingtyas, P.H., Indradewa, D., Gunadi, N. 2012. Pengaruh Pengurangan Daun Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Dua Varietas Paprika (Capsicum annum var. Grossum) Hidroponik. J. Vegetalika. Vol.1(3).

Naingolan, D., dan Sebayang, H.T. 2023. Pengaruh Pengendalian Gulma terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Kacang Tanah (Arachis hypogaea L.) Varietas Takar 2. J. Produksi Tanaman. Vol.11(5):341-348.

Purwanto, R. 2013. Bahan Ajar Budidaya Buah-Buahan. Progam Studi Hortikultura, Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor.

Sastroutomo, S.S. 1990. Ekologi Gulma. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Sufyati, Y., Imran, S.A.K., Fikrinda. 2006. Pengaruh Ukuran Fisik dan Jumlah Umbi Per Lubang Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Bawang Merah (Allium ascalonicum L.). J. Floratek. Vol.2(1):43-54.

Wulandari, R., Syaifudin, E.A., Akhsan, N. 2021. Pengaruh Frekuensi Pengendalian Gulma Terhadap Populasi Gulma Pada Tanaman Bawang Merah (Bima Brebes). Magrobis Journal. Vol.21(2):331-337.

Zimdahl R.L. 2007. Fundamentals of weed science. Academic Press Elsevier, London




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v7i1.8939

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License