AnalisisPemikiran Fazlur Rahman TerhadapPendidikkanAgama Islam Di Era Postmodern

Asfiyatul Maqfiroh, Abu Yazid Adnan Quthny, Imam Muttaqin

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pendapat Fazlur Rohman mengenai pengajaran agama Islam pada masa postmodern. untuk melestarikan prinsip-prinsip dan nilai-nilai Islam sekaligus meningkatkan pengetahuan iman dalam konteks periode postmodern. Pandangan Fazlur Rahman tentang pendidikan agama Islam pada masa postmodern dikaji dengan menggunakan metodologi penelitian kualitatif dengan teknik analisis isi, dalam bentuk kata-kata dan Bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah. Sumber data primer penelitian ini adalah literatur yang sebagian besar berupa esai dan publikasi karya Fazlur Rahman yang relevan dengan pokok bahasan. Teks-teks karya Fazlur Rahman yang memuat pendapat dan konsep tentang pendidikan agama Islam di era postmodern merupakan salah satu materi yang dikumpulkan. Temuan penelitian ini memberikan pencerahan yang signifikan tentang bagaimana agama Islam di era postmodern, Fazlur Rahman melihat bahwa pendidikan islam masih menghadapi beberapa masalah, ia menekankan pentingnya pembaharuan pendidikan agama islam dengan memeperlihatkan kebutuhan zaman dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.


Keywords


Fazlur rahman; Pendidikan agama islam; Postmodern.

Full Text:

PDF

References


Brown, A. (2015). Fazlur Rohman’s Contribution to Islamic Education in the Postmodern Era. Journal of Islamic Education, 20(2), 123–142.

Fathonah, P. (2018). Pemikiran Pendidikan Fazlur Rahman Dan Kontribusinya Terhadap Pengembangan Teori Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 15(1), 70–87.

Fazlur Rahman, Islam and modernity : Transformation of an Intelektual Tradition, Chicago : Chicago University Press, 1982

Fazlur Rahman, Metode dan Alternatif Neomodernisme Islam, cet. I, Taufik Adnan Amal (peny), Mizan: Bandung, 1987.

Fazlur Rahman, “Islamic Modernism: Its Scope and Alternatives”, dalam International Journal of Middle East Studies, vol. v, no. 4, 1970.

Fazlur Rahman, Etika Pengobatan Islam: Penjelajahan seorang NeoModernisme, terj. Jaziar Radianti. Bandung: Mizan, 1999

Fazlur Rahman, Islam and Modernity: Transformation of an Intellectual Tradition. Chicago: The University of Chicago Press, 1985.

Harianto,GP. (2001). Postmodernisme dan Konsep Kekristenan. Jurnal Pelita Zaman, 1(15).

Ikhtiono, G. (2014). Konsep Pendidikan Nondikotomik Dalam Perspektif Fazlur Rahman. Kaukaba Dipantara.

Maksum. (n.d.). Pengantar Filsafat : Dari Masa Klasik hingga Posmodernisme,. , Ar-Ruzz Media.

Rahman, F. (2015). “Pendidikan di Era Postmodern. Jurnal Filsafat Pendidikan, 25(2), 123-145.

Ramdan, T. (2013). Menjadi Modern bersama Islam : Islam, Barat, dan tantangan modernitas. TERAJU.

Rofiah, K. (2010). Nilai-Nilai Universal Al Quran (Studi Atas Pemikiran Fazlur Rahman). Dialogia: Islamic Studies and Social Journal, 8(1), 15–29.

Rosenau, P. (1992). Post-Modernism and the Social Sciences. Princeton University Press.

Rusydi, I. (2012). Paradigma Pendidikan Agama Integratif-Ytansfprmatif. Jurnal Pendidikan Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 1(1).

Smith, J. (2010). Relevance of Fazlur Rohman’s Thought in the Context of Postmodernism. Islamic Studies Review, 15(3), 289–308.

Syamsul Kurniawan dan Erwin Makhrus. (2013). Jejak Pemikiran Tokoh Pendidikan Islam. AR-RUZ MEDIA.

Weruin, U. U. (2015). Visi baru tentang Kebudayaan: Kritik Terhadap Kebudayaan Modern dari Perspektif Postmodernisme. Pustaka Mandiri.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v7i1.8950

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License