STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUHAFAZDOH SANTRI DIMADRASAH DINIAH MU’ALLIMIN ZAINUL HASANAIN GENGGONG PROBOLINGGO

Mu'tasim Billah, Abdul Hamid, Gufron Gufron

Abstract


Muhafazdoh atau menghafal membutuhkan strategi untuk ketercapian target hafalan santri, tujuan dari penelitian ini untuk mendapatkan peningkatan hafalan santri melalui strategi yang telah diberikan oleh kiai atau para ustazd. Penelitian ini bertempat di Madrasah Diniah Muallimin Zainul Hasanain genggong pajarakan probolinggo dengan menggunakan metode penelitian kualitatif lapangan non statistik. Adapun hasil penelitian adalah 1. starategi yang dilakukan oleh kiai yaitu, tahsin, program setoran kepada kiai, tasmi’, program setiap satu minggu satu kali, siswa mengahafal setiap hari dengan keinginan mereka masing masing. 2. faktor pendukung; rajin membaca Baith baith nazdom, ketekunan, taat dan khidmat kepada kiai, kedisiplinan dan menentukan target hafalan. 3. faktor penghambat; belum lancar membaca Nazdom, banyak bermain handphone, lemahnya konsentrasi, dan banyak bermaksiat. 4. Solusinya: terus dibimbing, reward, funishment, memberikan motivasi, dan instropeksi diri secara rutin.


Keywords


Strategi, Muhafazdoh, Santri

Full Text:

PDF

References


Abu Ahmadi dan Joko Tri Prasetya. (1997). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia. hlm. 11.

Ardianta, S. (2022). Strategies for Utilizing Fiction Literature as an Antidote to Radical IslamicUnderstanding among Students of UIN KHAS Jember. AMORTI: Jurnal Studi Islam Interdisipliner, 1(2), 122–130. Didaktika Jurnal Kependidikan, Fakultas Tarbiyah IAIN Bone, Vol. 14, No. 1, Juni 2020.

Az-Zawawi, Yahya Abdul Fattah. (2015). Revolusi Menghafal AlQur’an.

Eko Putro Widoyoko. (2017). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172–182. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838.

Faqihuddin, A. (2015). Faktor-Faktor Ketertarikan Menghafal Al Qur’an Pada Mahasiswauniversitas Muhammadiyah Surakarta. S1 Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, 3(1).

Moh Nazir, Metode Penelitian (bogor: ghalia indonesia, 2011), 54.

Mutohar, A., Hasyim Hafidz, & Anam Nurul. (2013). Manifesto moderesasi pendidikan islam dan pesantren. Pustaka Pelajar.

Priatmoko, S. (2018). Memperkuat Eksistensi Pendidikan Islam Di Era 4.0. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(2), 221–39. https://doi.org/10.29062/ta'lim.v1i2.948.

Rohani, S. (2017). Upaya Guru dalam Meningkatkan Civic Knowledge Siswa melalui Model Pembelajaran Controversial Issues pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Mujahidin Pontianak. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 49–59.

Sakban, S. A., Maya, R., & Priyatna M. (2019). Peran Mudarris Tahfizh Alquran dalam Meningkatkan Motivasi Santri Menghafal Alquran Di Pesantren Tahfizh Husnul Khotimah Cipanas Tahun 2019. Prosa PAI : Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 2(1), 100–113.

Saptadi, M. (2012) Romdhoni, A. (2015). Tradisi Hafalan Qur‟an Di Masyarakat Muslim Indonesia. Journal of Qur’an And Hadith Studies, 4(1), 1–18.

Sirojuddin, A.S. (2005)..Strategi Peningkatan Minat Menghafal Santri di Pondok Pesantren Ar-Rahmah Curup (Meirani Agustina, Ngadri Yusro & Syaiful Bahri), h. 1-17 Didaktika Jurnal Kependidikan, Fakultas Tarbiyah IAIN Bone, Vol. 14, No. 1, Juni 2020.

Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” PROMOSI:

Ulfah, S. (2018).Strategi Peningkatan Minat Menghafal Santri di Pondok Pesantren Ar-Rahmah Curup (Meirani Agustina, Ngadri Yusro & Syaiful Bahri), h. 1-17.

Ulfah, S., & Lisnawati, S. (2018). Evaluasi Program Tahfidz Al-Quran di SMP ITA ElMa‟mur Bogor. Annual Conference on Madrasah Studies, 1(1), 68–78




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v7i1.8953

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License