Konsep Adzan Pada Telinga Bayi Yang Baru Lahir Dalam Kitab Riyadus Shalihin

Ambar Nourotil Jannah, Abu Yazid Adnan Quthny, Imam Muttaqin

Abstract


Tujuan dari riset ini menjelaskan nilai-nilai terkait dengan mengumandangkan adzan pada telinga bayi yang baru lahir serta memahami dampaknya terhadap pembentukan kesadaran agama dan ikatan emosional dengan nilai-nilai agama. Metode yang dilakukan ialah studi literatur yang melibatkan tinjauan pada literatur, artikel, dan sumber-sumber terkait yang membahas praktik adzan ditelinga bayi yang baru lahir. Analisis kualitatif dilakukan untuk mengidentifikasi dan memahami nilai-nilai yang terkait dengan praktik ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adzan ditelinga bayi yang baru lahir dapat membantu memperkenalkan bayi kepada suara adzan, yang dapat membentuk kesadaran agama sejak dini. Praktik ini juga dapat menciptakan ikatan emosional antara bayi dan nilai-nilai agama, karena bayi akan terbiasa dengan suara adzan yang sering didengar. Namun, penting untuk diingat bahwa implementasi praktik ini sangat tergantung pada budaya dan tradisi setempat, dan keputusan untuk melaksanakannya harus didasarkan pada keputusan pribadi dan kepercayaan keluarga yang sesuai dengan konteks budaya dan nilai-nilai agama yang di anut

Keywords


Adzan dalam Islam, Bayi baru Lahir, Riyadus Shalihin

Full Text:

PDF

References


Aba firdaus. (1999). melahirkan anak shalih. mitra pustaka.

Abdul Aziz Muhammad azzam. (2010). fikih ibadah. In Amzah.

abdurrahman mas’ud. (2000). Azan Di Telinga Anak, dalam Nurcholish Madjid, dkk., Puasa Titian Menuju Rayyan. pustaka pelajar.

Adelita, D., Purnamasari, F., Pd, M., & Wisudaningsih, E. T. (2020). Peran Lingkungan Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Di Desa Semampir, Kraksaan, Probolinggo. Al-Fikru : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 1(2), 277–288.

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Ahmad Khumaidi. (2020). Pendidikan Keluarga Berbasis Gender dalam Perspektif Masyarakat Desa Ranuwurung Kecamatan Gading Kabupaten Probolinggo. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 143–166.

Al-Bukhari, M. I. I. (2018). shahih al-bukhari. Beirut Dar Ihya Al Turath Al Arabi.

al allamah sayyid abdur rahman bin muhammad bin husain bin umar al-masyhur. (n.d.). bughyatul mustarsyidin. DKI (darul kutub ilmiyah).

Arisanti, K., & Lahut, M. B. (2019). Pendidikan Karakter Perspektif KH. Hasyim Asy’ari; Refleksi Kitab Adāb al-‘Ālim wa al-Muta’allim. MOZAIC Islam Nusantara, 7(1), 19–46. http://journal.unusia.ac.id/index.php/mozaic/

Bayi, D. T., & Nasrullah, H. Y. M. (1907). Nilai-Nilai Pedagogis Dalam Hadits Nabi Tentang Adzan. 185–194.

Dja’far, A. B., Fatimah, F., & Hidayat, A. (2021). Pendidikan Islam pada Masa Bayi (Telaah Hadis tentang Azan bagi Bayi yang Baru Lahir). Islamic Review: Jurnal Riset Dan Kajian Keislaman, 10(2), 121–136. https://doi.org/10.35878/islamicreview.v10i2.309

Eni. (1967). Landasan Teori Tinjauan Tentang Adzan Dan Iqomah. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., Mi, 5–24.

Kaelan. (2005). metode penelitian kualitatif Bidang Filsafat. Paradigma.

Moh. Nazir. (2013). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia.

Munji, M. N., & Mukhlasin, A. (2023). NILAI-NILAI PENDIDIKAN (Studi Hadits Nomor 5107 Tentang Adzan Di Telinga Bayi Yang Baru Lahir Dalam Kitab Sunan Abu Dawud). Al-Munqidz: Jurnal Kajian KeIslaman, 11(2).

Rachman, L. (2017). Peran Orang Tua Terhadap Anak Perspektif Pendidikan Islam (Telaah Masa Perkembangan Anak, Dasar Ideal dan Penanggung Jawab). JPI: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 1–12.

Ulwah, A. N. (1999). Pendidikan Anak dalam Islam. pustaka amani.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v7i1.8976

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License