MANAJEMEN KETATAUSAHAAN DALAM MENINGKATKAN KETERTIBAN ADMINISTRASI PENDIDIKAN DI MTs LUBBUL LABIB

Inayah Nur Malika, Abdul Hamid, Nur Hayati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan manajemen tatausaha pada MTs Lubul Labib. Studi ini dilaksanakan memanfaatkan pendekatan deskriptif kualitatif. Informasi yang didapatkan melalui metode observasi, percakapan dengan pihak lembaga, dan beberapa artikel yang sama terkait pembahasan. Data yang dianalisis dalam penelitian yakni manajemen ketatausahaan dalam meningkatkan ketertiban administrasi pendidikan. Proses pelaksanaan ketatausahaan dimulai dengan perencanaan, pelaksanaan, pengelolaan, dan pengawasan. Kegiatan tatausaha ini meliputi administrasi kepegawaian atau sering disebut dengan tenaga kependidikan. Penelitian ini dilatar belakangi kendala dalam meningkatkan mutu pelayanan di MTs Lubul Labib. Problem ini terjadi karna kurangnya sumber daya manusia di bagian tenaga kependidikan. Penelitian ini mengaplikasikan fungsi sistem manajemen ketatausahaan dan peningkatan mutu pelayanan administrasi lembaga. Pentingnya ketatausahaan karena mempermudah subsistem yang ada, seperti bagian admisitrasi personel, kesiswaan, sarana prasarana, dan lainnya. Ketatausahaan yang teratur dan tertib merupakan referensi dasar yang sitematik, dan mempelancar kegiatan proses belajar mengajar di lembaga

Keywords


Manajemen,Ketatausahaan

Full Text:

PDF

References


Amirudin, “Kinerja Pegawai Tata Usahadengan Mutu Pelayanan Administrasi Di Madrasa,” Kependidikan Islam 7 (2017).

Eva Zulaikah, “Manajemen Ketatausahaan Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Administrasi Pendidikan Di MAN 3 Madiun,” 2023,.Zulaikah.

Miza Nina Adlini et al., “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka,” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6, no. 1 (2022): 974–80, https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394.

Muslih Fathurrahman, “Pentingnya Arsip Sebagai Sumber Informasi,” Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi 3, no. 2 (2018): 215–25.

Nanang Qosim, “Aplikatif Manajemen Pendidikan,” 2020, 81.

Neti Karnati, Manajemen Perkantoran Analisis Teori Dan Aplikasi Dalam Organisasi Pendidikan (yogyakarta: Graha Ilmu, 2002).

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, (bandung: Alfabeta, 2012).

Suhadi Winoto, Dasar-Dasar Manajemen Pendidikan (yogyakarta: CV Bildung Nusanta, 2020).

Syaiful Sagala, “Administrasi Pendidikan Kontemporer,” Administrasi Pendidikan, 2005.

Syamsuddin, “Pentingnya Membangun Kepercayaan (Trust) Dalam Meningkatkan Kinerja (Job Performance) Pegawai Tata Usaha Sekolah,” Jurnal Al-Ta’dib 8, no. 2 (2015).

Syamsuddin.

Tri Pusat Abd Rahman, “Pendidikan Perspektif Tasawuf,” Pendidikan Tasawuf, 2022.

Umar Sidiq dan Moh. Miftachul Choiri, Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan (ponorogo: Nata Karya, 2019).

Wawancara eksklusif pada staf TU, Pondok pesantren Lubbul-Labib Kedungsari-Maron Probolinggo




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v7i1.9005

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License