Pengembangan LKPD Digital Pada Materi Sistem Gerak Pada Manusia Kelas XI di SMA Negeri 1 Batanghari

Rama Fahrudin, Tika Mayang Sari

Abstract


Pemanfaatan LKPD digital di kelas dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyempurnakan proses berpikirnya. Buku cetak masih digunakan sebagai media pembelajaran, dan dicatat bacaan atau ringkasan isinya. Penelitian dilakukan di Lampung Timur di SMA Negeri 1 Batanghari. Tanggal pelaksanaan penelitian ini adalah 18 September 2023. Model penelitian Pengembangan ADDIE (Analisis, Desain, Development, Implementasi, dan Evaluasi) digunakan bersama dengan jenis Penelitian dan Pengembangan oleh penulis sebagai metode penelitian ini. Setelah pengembangan produk, evaluasi akhir diberikan oleh ahli validator. Ahli Materi memberikan penilaian 84% dengan kategori Sangat Baik, Ahli Media memberikan penilaian 85% dengan kategori Sangat Baik, Guru Biologi dan kelompok kecil siswa yang berjumlah 20 anak memberi skor pada produk sebesar 93% dengan kategori Sangat Baik.


Keywords


LKPD; Digital; Sistem Gerak

Full Text:

PDF

References


Adawiyah, R., Amin, S. M., Ibrahim, M., & Hartatik, S. (2021). Improving Completeness of Elementary School Students’ Learning Outcomes in Thematic Learning Through E-LKPD with the Help of the Google Meet Application. (In Indonesian). Jurnal Basicedu, 5(5), 3393–3398.

Alsyabri, A. W. (2021). Wira, Alsyabri Validitas dan Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Android Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar. Journal of Education Informatic Technology and Science, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.37859/jeits.v3i1.2602

Alwi, M., Suastra, W., & Ariana, I. B. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPA Berbasis Nilai Karakter. Kappa Journal, 7(2), 201–205.

Anggara, O., Anggriani, I., & Rahman, A. (2023). Pengaruh Inovasi Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Historia Cafe Dan Royal Kitchen Manna Bengkulu Selatan. Jurnal Multi Disiplin Dehasen, 1(1), 129–140.

Arianty, R., Restian, A., & Mukhlishina, I. (2021). Pengembangan Lkpd Berbasis Kearifan Lokal Kecamatan Lawang-Malang Pada Siswa Kelas 5 Sd. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 7(1), 1–12. https://doi.org/10.31932/jpdp.v7i1.1053

Budiono, L. A., & Masing, M. (2022). Emosi Dalam Perspektif Lintas Budaya. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(1), 579–584.

Fuadi, H., Melita, A. S., Siswadi, S., Jamaluddin, J., & Syukur, A. (2021). Inovasi LKPD dengan Desains Digital Sebagai Media Pembelajaran IPA di SMPN 7 Mataram pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(2),

Hayong, M. S. W., & Putra, S. H. J. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI SMA. Spizaetus: Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 1(3), 38.

Indriani, S., Nurlina, N., & Basri, M. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Digital untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 363–375.

Krismawati, A., Maula, L. H., & Prayogo, M. S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Papan Pintar pada Materi Peran Fungi dalam Kehidupan Sehari-Hari di Kelas IV SD. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 3(2), 219–227.

Nurmasari, Besse Tenriawaru, A., & Syamswisna. (2021). Kelayakan Ensiklopedia Pada Submateri Pemanfaatan Keanekaragaman Hayati Dari Hasil Etnobotani Tumbuhan Obat Feasibility of Encyclopedia on Use of Biodiversity Sub-Matter From the Ethnobotany of Medicinal Plants. Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 5(2), 85–92. http://jurnal.um-palembang.ac.id/index.php/dikbio

Purnama, A., & Suparman, S. (2020). Studi Pendahuluan: E-LKPD Berbasis PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 131.

Puspitasari, W. D., & Febrinita, F. (2021). Pengujian Validasi Isi (Content Validity) Angket Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring Matakuliah Matematika Komputasi. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 4(1), 77–90.

Sarip, M., Amintarti, S., & Utami, N. H. (2022). Validitas dan Keterbacaan Media Ajar E-Booklet untuk Siswa SMA / MA Materi Keanekaragaman Hayati. JUPEIS: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(1), 43–59.

Sobri, M., Fauzi, A., Rahmatih, A. N., Indraswati, D., & Amrullah, L. W. Z. (2023). Pemanfaatan Website Wizer Me untuk Mengembangkan E-LKPD Interaktif Bagi Guru Sekolah Dasar. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 22–29.

Stunting, P., & Kampung, D. I. (2022). Universitas islam negeri kiai haji achmad siddiq jember fakultas dakwah. 1, 2022.

Syafitri, R. A., & Tressyalina. (2020). The Importance of the Student Worksheets of Electronic (E-LKPD) Contextual Teaching and Learning (CTL) in Learning to Write Description Text during Pandemic COVID-19. 485(Iclle), 284–287.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v7i1.9019

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License