Pengaruh Empowerment Remaja Terhadap Peningkatan Pengetahuan, Sikap Dan Perilaku Dalam Pencegahan Penyakit Hipertensi Di SMP YP-IPPI Cakung Jakarta Timur

Rosidawati Rosidawati, Safrudin Safrudin, Karningsih Karningsih, Rahmat Sudiyat

Abstract


Tujuan: penelitian untuk mengetahui bagaimana pengaruh multimedia video dan buku saku terhadap peningkatan pengetahuan, sikap dan perilaku dalam pencegahan penyakit hipertensi pada remaja. Metode; Penelitian  menggunakan quasi-experimental design dengan pendekatan rancangan pre test-post test control group design. Responden penelitian sebanyak 62 orang  dibagi menjadi dua yaitu kelompok  ekperimen berjumlah 31 orang dan kelompok kontrol berjumlah 31 orang.Pengambilan sampel dengan tehnik purposive sampling pada bulan Juni-Agustus 2023 di Kelurahan Pulo Gebang Kecamatan Cakung Jakarta Timur. Empowerment dilaksankan dengan Intervensi diberikan pada kelompok eksperimen yaitu edukasi menggunakan  multimedia (Video dan buku saku),Sedangkan pada pada kelompok kontrol diberikan intervensi setelah dilakukan Post-test. Instrumen   yang   digunakan   adalah   kuesioner yang terdiri dari; pengetahuan 15 soal, sikap  10 soal dan perilaku 10 soal. Hasil penelitian dilakukan Analisis;Univariat. Analisis Bivariat, (pairet samples  t test  dan indevenden sample t test). Hasil penelitian:  di peroleh bahwa ada perbedaan pengetahuan  antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan berupa edukasi multimedia video dan buku saku pada kelompok Intervensi yaitu selisih rerata 3.39 dengan p value 0.001< 0.05). Sedangkan Sikap responden terdapat selisih 8.35 dengan v plaue 0.001demikian juga perilaku responden terdapat selisih nilai sebelum dan sesudah diberikan intervensi 1.26 dengan v palue 0.001 < 0.05) hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat  pengaruh Edukasi multimedia (video dan buku saku ) terhadap peningkatan perilaku  remaja dalam pencegahan penyakit hipertensi. Kesimpulan Penelitian menemukan ada pengaruh edukasi melalui multimedeo ( video dan buku saku) terhadap peningkatan pengetahuan,Sikap dan perilaku remaja  dalam  pencegahan Penyakit hipertensi

Keywords


Pengetahuan; sikap; perilaku; hipertensi; remaja

Full Text:

PDF

References


Abdullah, A., Firmansyah, A., Rohman, A. A., & Etc. (2020). Health Education; The Comparison Between With Leaflet and Video Using Local Language In Improving Teenager’s Knowledge of Adverse Health Effect of Smoking. Falatehah Health Journal, 7(1).

Abdullah, Z. et al. (2020) ‘Dalam Upaya Pencegahan Dan Penanganan Covid-19’, Jurnal Pengabdian Masyarakat, pp11–29.

Abrori dan M. Qurbaniah. 2017. Buku Ajar Infeksi Menular Seksual. UM Pontianak Pers. Pontianak

Adha, A. Y., Wulandari, D. R., & Himawan, A. B. (2016). Perbedaan Efektivitas Pemberian Penyuluhan Dengan Video Dan Simulasi Terhadap Tingkat Pengetahuan Pencegahan Tb Paru (Studi Kasus Di SMA Husnul Khatimah Kelurahan Rowosari Kecamatan Tembalang Kota Semarang). Jurnal Kedokteran Diponegoro, 5(4).

Agustiani, S. 2018. „Gambaran Pelaksanaan Diet Hipertensi pada Pasien Hipertensi di Puskesmas Bantul 1 Yogyakarta‟, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Anggraini, A. A., Putri, V. S., & Nuranti, Z. (2020). Pengaruh Pendidikan Kesehatan dan Pemberian Daun Seledri pada Pasien dengan Hipertensi di Wilayah RT 10 Kelurahan Murni. Jurnal Abdimas Kesehatan (JAK), 2(1), 30-38.

Ariani, N., & Ayuchecaria, N. (2019). "Evaluasi Tingkat Kepatuhan Minum Obat Hipertensi Pada Pasien Program Rujuk Balik Di Apotek Mitra Banjarmasin". Jurnal Ilmiah Ibnu Sina, 4(2), 452–459.

Aspiani, R. Y. (2014). Buku Ajar Asuhan Keperawatan Klien Gangguan Kardiovaskuler Aplikasi NIC & NOC. Jakarta: EGC

Jayanti, I. G. A. N., Wiradnyani, N. K., & Ariyasa, I. G. (2017). Hubungan pola konsumsi minuman beralkohol terhadap kejadian hipertensi pada tenaga kerja pariwisata di Kelurahan Legian. Jurnal Gizi Indonesia (The Indonesian Journal of Nutrition), 6(1), 65–70.

Kemenkes RI. 2017. Data dan Informasi Kesehatan Profil Kesehatan Indonesia 2016

Mubarak, W. 2011. Promosi Kesehatan Masyarakat untuk Kebidanan. Jakarta. Salemba Medika.

Notoatmodjo, S. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta

Notoatmodjo, Soekidjo. 2012. Pendidikan dan perilaku kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Nuraini B. Risk Factors of Hypertension. J Majority. Februari 2015;4(5): 10- 18.

Nurmala,I.Muthmainnah, Rachmayanti, R. D., Siswantara, P., Salim, L. A., Devi, Y. P., .Pratiwi, A. N. (2020). Mewujudkan Remaja Sehat Fisik, Mental dan Sosial. Jawa Timur: Airlangga University Press.

Potter & Perry. (2009). Fundamental Keperawatan, Edisi 7 Buku 1. Jakarta : Salemba Medika.

Sangamesh, V.S. 2016. Prevalence of Hypertension in Urban School Going Adolescents of Bangalore, India. International Journal of Contemporary Pediatrics, 3(2): 416–423

Sumayku IM, Pandelaki K, Wongkar MCP. Hubungan Indeks Massa Tubuh dan Lingkar Pinggang dengan Tekanan Darah pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v7i1.9022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License