Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Consumer Insight Terhadap Pelayanan Klinik Pratama Sehat Husada Marindah Sumatera Utara Tahun 2023

Syahlis Irwandi, Abdul Haris Pane

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi wawasan konsumen terhadap pelayanan Klinik Sehat Husada Pratama Marindal Sumatera Utara Tahun 2023 dengan jenis penulisan kuantitatif yang bersifat analitis. Populasi dalam penulisan ini adalah pasien rawat jalan yang berjumlah 187 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Accidental Sampling. Analisis data univariat terlihat sebagian besar variabel pengetahuan pasien berada pada kategori pengetahuan kurang baik sebanyak 94 orang atau 50,3%. Berdasarkan feedback pelanggan (kepuasan pasien) mayoritas berada pada kategori tidak puas sebanyak 95 orang atau 50,8%. Berdasarkan ketersediaan fasilitas sebagian besar berada pada kategori baik yaitu sebanyak 142 orang atau 75,9%. Berdasarkan komunikasi interpersonal mayoritas berada pada kategori kurang baik yaitu sebanyak 95 orang atau 50,8%. Berdasarkan wawasan konsumen pelayanan klinis sebagian besar berada pada kategori baik yaitu 99 orang atau 52,9%. Analisis data bivariat dengan uji Chi-Sqare pada tingkat kepercayaan 95%, α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh pengetahuan pasien terhadap wawasan konsumen dengan nilai p = 0,023. Terdapat pengaruh Customer Feedback (kepuasan pasien) terhadap wawasan konsumen dengan nilai p = 0,041. Terdapat pengaruh komunikasi interpersonal terhadap wawasan konsumen dengan p value = 0,002. Hasil analisis multivariat diperoleh variabel komunikasi interpersonal Exp (B) sebesar 4,695 atau 4,7 kali mempengaruhi wawasan konsumen. Disarankan kepada pihak manajemen pelayanan Klinik Pratama Sehat Husada Marindal Sumatera Utara agar melakukan strategi baru yaitu dengan membuat grup whatsaap atau memberikan nomor hp klinik agar pasien dapat menghubungi pihak klinik mengenai keluhan pasien sehingga dapat meningkatkan kualitas. pelayanan kesehatan dan melaksanakan pelatihan atau seminar kesehatan bagi perawat tentang komunikasi interpersonal sehingga dapat meningkatkan kepuasan pasien

Keywords


Pengetahuan, Umpan Balik, Fasilitas, Komunikasi, Wawasan

Full Text:

PDF

References


Allo, I.L., Darmawansyah & Hamzah, A., 2017. Studi Kualitas Peilayanan Keiseihatan Bagi Pasiein Rawat Inap Peiseirta Asuransi Keiseihatandi

Amalia Ei. Maulana. 2017. Consumeir Insight via Eithnography. h.25-26. Jakarta:Eirlangga.

Azwar, Azrul. 2017. Program Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Yayasan Peineirbitan Ikatan Dokteir Indoneisia.

Chuei, M. 2018. 4 Ways to Managei and Optimizei Your Customeir’s Journeiy with Social Meidia Inteilligeincei.

Effendy, Onong Uchjana. 2018. Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT. Reimaja Rosdakarya.

Hamilton, R. (2016). Consumer-based Strategy: Using Multiple Methods to Generate Consumen Insight that Inform StrategyJournal of the Academy Markeiting Science, 44, 281-285.

Koentjoro, T., 2016. Regulasi Kesehatan di Indoneisia. In Yogyakarta: Andi.

Kotleir, P., Keilleir, K.L. 2017. Markeiting Manageimeint (14th eid). Neiw Jeirseiy: Peiarson Eiducation, Inc.

Laughlin, P. (2016). Holistic customeir insight as an einginei of growth. Journal of Direict, Data and Digital Marketing Practice, 16(2), 75

Meirkouris a, eit. al. 2017. Patieny Satisfaction, a Keiy Conceipt for Evaluating ang Improving Nursing Practicei. Journal of Nursing Managemeint.

Moran, G., Muzeilleic, L., Johnson, D. (2019). Message conteint feiatureis and social Media Element: Eivideincei from thei Meidia, Journal of Product & Brand Management.

Mulyana, Deddy. 2017. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Reimaja Rosdakarya

Muninjaya, 2017. Manajeimein Mutu Peilayanan Keiseihatan, Jakarta: EiGC.

Neiha. (2018). Unlocking Consumeir Insights in A Disruptivei World. Meirliein Institutei.

Notoatmodjo, Soeikidjo. 2017. Meitodeilogi Peineilitian Keiseihatan. Jakarta: Rineika Cipta.

Nurul, A., Payangan, O. R., & Ismail, M. (2020). The Effeict of Service Quality and Price Strategy on Customer Satisfaction through Purchasing Decisions as an Intervening variable In 212 Mart Gowa, South Sulaweisi Province. Hasanuddin Journal of Busineiss Strateigy, 2(2), 11-22.

Pohan, I., 2017. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan Dasar-dasar Pengertian dan Penerapan, Jakarta: EiGC.

Rizal, Achmad. (2020). Manajemen Pemasaran di Era Masyarakat Industri 4.0. h.140. Yogyakarta: Grup Penerbitan CV. BUDI UTAMA.

Rules of best practice. Journal of Medical Marketing, 6(2), 135–139.

Rumah Sakit Eilim Ranteipao tahun 2017. Univeirsitas Hasanuddin Makasar.

Smith, B., Wilson, H. N., & Clark, M. (2016). Creiating and using customeir insight: 12Sabarguna, B.S. 2016. Quality Assurancei Peilayanan Rumah Sakit. Eidisi Keidua. Yogyakarta: Konsorsium Rumah Sakit Islam Jateing-DIY

Witriasih, 2018. Analisis Perbedaan Tingkat Kepuasan Pasien Peserta PT ASKES (Peirseiro) Cabang Denpasar pada Pelayanan Puskesmas dan Dokter Keluarga di Kota Denpasar. Universitas Udayana




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v7i1.9055

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License