Penggunaan Bahan Alam Kunyit Dan Arang Melalui Kegiatan Mewarnai Untuk Meningkatkan Motorik Halus Anak RA Bustanul Ulum

Kholivatus Zahro, Terza Travelancya D.P, Ivonne Hafidlatil Kiromi

Abstract


Penelitian ini tujuannya untuk meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak usia dini melalui kegiatan mewarnai menggunakan bahan alam kunyit dan arang di RA Bustanul Ulum Kecamatan Banyuanyar. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang tujuannya adalah sebagai informasi yang menggambarkan secara mendalam, bukan informasi sebagai angka. Ini karena metodologi subjektif sebagai sistem pemeriksaan yang menghasilkan informasi  berbeda sebagai kata-kata yang disusun atau diungkapkan secara verbal dari individu dan perilaku yang diperhatikan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan ( Field research ) bersifat deskriptif. Peneliti akan terjun langsung ke lokasi untuk memberi gambaran dan informasi berkaitan tentang apa yang terjadi dilapangan. Strategi pengumpulan informasi yang digunakan adalah melalui observasi, dokumentasi dan refleksi, sedangkan alat/instrumen pemeriksaan penelitian yakni peneliti itu sendiri. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kegiatan mewarnai menggunakan bahan alam kunyit dan arang  di RA Bustanul Ulum dapat meningkatkan kemampuan motoric halus pada anak. Dengan menggunakan media yang bervariatif dapat meningkatkan inisiatif pada anak dalam meningkatkan semangat belajar pada anak usia dini

Keywords


Bahan Alam, Kunyit, Arang, Motorik Halus, Meningkatkan

Full Text:

PDF

References


Abd. Aziz, Muhammad Hifdil Islam. 2021. Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Kraksaan. Probolinggo : Q - Media.

Alam untuk Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 729. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.667.

Dp, T. T., EFA Ningsih, ET Wisudaningsih. (2022). Pemanfaatan Bahan Alam Dalam Kegiatan Menganyam Untuk Mengembangkan Motorik halus Anak usia Dini Di Raudhatul Athfal Hidayatul Islam Krucil., 977-986.

Hardani. (2021). Metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. CV Pustaka Ilmu.

Meriyati, M., Kuswanto, C. W., Pratiwi, D. D., & Apriyanti, E. (2020). Kegiatan Menganyam dengan Bahan

Munazirah, Nabila., (2022). Penerapan Bahan Alam Tumbuhan Pada Kegiatan Mewarnai Untuk Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia Dini4-5 Tahun Di Ra Teunom Aceh Jaya., 125.

Wardani. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Tanggerang Selatan : Universitas Terbuka.

Wati., Seni., (2019). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Mewarnai Gambar Pada Kelompok B Tk Pgri 02 Padamara., 12




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v7i1.9058

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License